Tentang Desain Blog


Buat yang suka baca blog gue *ceile, sok beud*, mungkin ngeh beberapa bulan belakangan ini gue ganti-ganti desain. Kemarin-kemarin hasil gugling, pasang sendiri, dan tentunya gratisan :D
Penginnya sih punya blog dengan desain model kaya gini:








Cakep-cakep dan simpel, ya?
Terus tau-tau kemarin Feni @besinikel upload ke Instagram-nya, dengan caption baru ganti desain blog sendiri. IH CANGGIH BANGET YA?

Haha, gue emang anaknya sering kagum sama orang-orang yang punya kebisaan di hal yang gue ga bisa. Misalnya masak, jahit baju, sampe desain blog sendiri. Langsung lah nyamber “Mau dooong dibikinin”, ih gue celamitan ya? Hihi. Eh dibalas sama Feni, katanya nggak pernah bikinin orang lain. Dasar iseng, gue balas lagi, “Mau kok dijadiin percobaan”. Hoho, Feni langsung japri, Cuma nanya suka warna apa, ya udah pasti “Hitam” :D

Masalah desain blog, gue emang ga jago. Waktu Mommies Daily berubah lay out juga gue bilang sama Andre (tim IT kantor), maunya yang bikin orang betah dan banyak klik. Diterjemahin deh, sama Andre.

Kalau berdasarkan artikel-artikel yang gue baca, supaya blog lebih maksimal, ini yang perlu diperhatikan:
  • Nggak usah pasang musik di blog. Kalau dulu emang rasanya keren ya, sambil buka blog dengeri musik. Tapi ada hal-hal yang dilupain mengenai hal ini. Misalnya, nggak semua orang satu selera sama musik sama elo, atau blogwalking di kantor, jadi kalau pas masuk blog lo ada musiknya, yang ada malah ditutup itu blog.
  • Desain yang user friendly. Kalo gue emang lebih suka yang streaming, jadi kaya situs berita aja.
  • Foto-foto yang bagus.  Nah kalo ini, gue masih minus deh. Maklum suka kurang niat fotonya. Tapi setelah gue pikir-pikir sayang juga kalo blogpost fotonya jelek, ya?
  • Isi blogpost nggak usah terlalu panjang. Ini sehubungan dengan attention span orang untuk membaca yang semakin pendek. Coba lo baca detik.com deh, artikelnya super pendek. Satu kejadian bisa jadi lebih dari 10 berita. Kalaupun blogpost-nya panjang, yakinkan kalau yang baca bakal stay tune sampai akhir cerita.
  • Bikin snippet di homepage. Itu lho macam tanda  “read more” di sebuah blogpost.
  • Side bar sebaiknya ada di sebelah kanan. Berdasarkan penelitian, side bar di sebelah kiri menurunkan pageviews hingga 25%.
  • Font blogpost jangan kecil-kecil. Pusing bok!
  • Background warna terang, isi blog warna gelap.
Apalagi ya? Ah, macam blogger andal aja, kau, Lit! Eh tapi di atas itu berdasarkan hasil baca-baca lhooo... walaupun mungkin belum gue aplikasiin ke blog gue atau Mommies Daily semua ya. Karena balik lagi, semuanya karena konten yang menarik sih.

Balik lagi ke Feni. Nggak lama, Feni langsung kirim contoh pertama, ubah dikit-dikit, jadi deh yang sekarang ini!

I love it, simpelnya dapet, Rock n Roll-nya juga dapet *tsaaah*

Makasih banyak Feniiiii...
Feni pake notes pulak, kalo udah bosen boleh diganti katanya :D *tiati lho, nanti aku ajimumpung lho*

Eh, eh, gimana? Bagus kan yaaaa? :D

nenglita

Aquarian, Realistic Mom, Random, Quick Thinker, a Shoulder to Cry On, Independent, Certified Ojek Consumer, Forever Skincare Newbie.

22 comments:

  1. Kereeen, lebih minimalis, so monochrome, dan yang penting sarat content dan gampang dibaca tulisannya..

    ReplyDelete
  2. suka mbak liiit,,,,, kece fotonya pun ihiiy

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha, itu fotonya si Feni hasil googling masaaaa? Tau2 ditemplokin, katanya bisa diganti tapi aku nggak ngerti :)))))

      Delete
    2. Hahahaha, aku jadi ngga enak siiihhhh, mau dihilangin fotonya Mba Lita? :D

      Delete
    3. Jangan dong, ajarin aku ganti fotonya aja :))))

      Delete
  3. baguuuussss... i like it..
    simple tapi keren!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahaay,makasiiih :) eh, ini mah pujiannya buat Feni yak :))

      Delete
    2. Duh, ini jadi pengen terbang deeeeeh :)))

      Delete
    3. Jangan terbang, Fen, ntar aku kontak kamu gimanaaa :)))

      Delete
  4. Dooooooh, Mba Litaaaaaaaaa.. Ini kan berkat arahan dari dirimuuuuu..
    Kalo ngga diarahin aku juga ga bakal bisa :)))
    Mana pertama kalik kan, hihihi makasih juga loh, sekarang jadi pede buatin orang hihihihihi :*
    Pokoknya, aku padamuuuuuuu <3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, aku emang bisanya mengarahkan doang, kok, Fen. Sama kaya masak, bisannya mengarahkan doang, bikinnya mah kagak :)))

      Makasih banyaaaaak ya, nanti kalo bosen........ (isi sendiri titik-titiknya. LOL)

      Delete
    2. Pantesaaann, gue beberapa minggu ini mikir "ini Lita numben ganti tampilan blog, tapi kece, deh, apaa gue pindah ke blogspot, ya, biar dapet template kece begini?" hahahaha.. Eh nggak taunya buah karya Feni. Feenn, mau jugaaa *latah*

      Delete
    3. Eh jadi kemarin2 ga kece ya :|

      LOL!

      Delete
  5. makanya nih laptopku di mute volume soalnya suka ada suara musik dari blog pas bw

    ReplyDelete
  6. Gw juga kalau ngeblog pengennya desainnya udah sesuai hati, biar semangat posting ya Lit :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bangeeet... Macam buku diary aja Cha, kalo bukunya kita suka pasti semangat nulisnya :D

      Delete
  7. Sukaa mba lita sama desain blog barunya. :D
    Makasih juga ilmunya yaaa.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahay, makasiih.. iya, sama-sama, ini mah hasil baca-baca juga kok. Aku malah perlu belajar banyak juga dari kalian2 yang lebih nge-heits!

      Delete
  8. Nah berhubung ada bahas MD, sebagai pembaca setianya lebih suka tampilan yg lama mba, skrg agak malesin. Udah stop berkunjung dari 5bulan yang lalu.

    ReplyDelete