Karimunjawa with Kids day 2: Sampai TKP

Setelah terombang ambing selama 5 jam lebih, akhirnya kami sampai di pulau kecil bernama Karimunjawa. Cuaca masih juga buruk,bikin kita dagdigdug kalo nggak bisa ngapa-ngapain, gimana?

Anyway, perut lapar dan capek kami singgah dulu di salah satu homestay buat makan siang. Jadi rumah ini kaya ngumpulnya beberapa yang suka bantu backpacker untuk cari homestay, sewa kendaraan, tour pulau ke pulau, dkk. Lauknya sih hanya sayur dan ikan. Tapi sambalnya itu ya, HASTAGAH, enak buanget! Seriusan ini mah, recommended banget. Kebetulan selama di sana makan kami ditanggung sama rumah ini, ya seneng dong karena bisa request sambal legendarisnya. Rasanya pengin gue pesan banyak buat bawa pulang deh.

Setelah makan, kami ke homestay. Ingat, ini perjalanan backpackingan jadi kami nginep di rumah penduduk gitu. Rumahnya sederhana tapi yang paling penting bersih. Iyak gue ini bukan tipe yang harus nginep di tempat mewah atau wah, tapi yang penting itu bersih!

Mandi-mandi, selonjoran, merem-merem dikit, karena nggak mungkin tidur beneran secara ada bocah yang ngajak ngobrol terus :D

Jam 2-an siap-siap berangkat lagi. Mau ke mana kita?

Bukit LOVE

Ceile namanya love banget. Jadi ini adalah salah satu bukit tertinggi di pulau Karimun Jawa. Terus ada beberapa landmark yang kalo kita foto di sana menandakan bahwa kita udah menginjak Karimunjawa.

Di sini ada juga toko cindera mata kecil yang jual oleh-oleh macam baju, kaos, dkk bertuliskan Karimunjawa.

Udah gitu aja sih. Haha.

Tapi di 1 lokasi ini, banyak banget spot foto bagus yang instagrammable. Jadi kalo niat banget bisa deh bikin stok foto buat setahun di Instagram.

Pantai Ujung Gelam

Menjelang sunset, kami buru-buru ke lokasi berikutnya yaitu Pantai Ujung Gelam. Lokasinya nggak jauh dari Bukit Love tapi rutenya heboh. Bak jalan setapak buat mobil, berliku dan rasanya kalo setelah hujan licin amat.

Pantainya bersiiih, airnya luar biasa bening dan karena setelah hujan, cahaya matahari memantul dengan indahnya. Kece lah!

Setengah dari 11 yang ikut penyuka foto, maka kami langsung mencari spot foto sunset yang ciamik. Ada 1 spot kece berair bening namun berkarang cukup tajam, dari cuma duduk-duduk di pantainya sampai akhirnya berujung nyemplung juga. Haha.

Tapi sayangnya kami nggak dapat sunset sempurna karena mataharinya ketutup awan

Sebagai pelipur lara, kami mampir ke warung es kelapa muda di pinggir pantai. Harganya 15 ribu, kelapanya istimewah! Tapi yang juara adalah gorengannya. Walau cuma ada pisang dan tempe, tapi endes luar biasa!

Nggak sempat basuh-basuh, jadi nggak tau di sini ada tempat bilas apa nggak. Pantainya standar, jangan ngebayang kaya pantai di destinasi wisata populer yang banyak fasilitas, ya. Emang bener-bener buat enjoying sunset, beach dan es kelapa muda!

Setelah dua lokasi, kami balik ke homestay. Masih capek dan udah lapar lagi. Haha. Sampai homestay, makan, mandi, terus ngobrol-ngobrol aja. Nah di sini enaknya backpackingan ya, jadi kenal banyak orang baru tanpa prasangka. Di homestay yang minim fasilitas, TV aja nggak ada dan sinyal hp timbul tenggelam, kami jadi menghabiskan waktu buat ngobrol. Dasar manusia zaman sekarang, rasanya ngobrol udah lama banget macam begadang eh nggak taunya baru jam 9 malam. Akhirnya kami membubarkan diri dan balik ke kamar masing-masing.

Kiat di hari kedua:
- Karena wisata Karimun Jawa kebanyakan adalah pantai, jadi sebaiknya ke mana-mana bawa baju ganti atau baju yang memang siap buat mantai.
- Jangan lupa bawa tisu basah, tisu kering dan alat untuk membersihkan tubuh deh.
- Pake sendal jepit aja, sendal deh pokoknya. Lebih ringkas, simpel dan nggak repot.
- Kalau mau makan di luar, sebaiknya tanya dulu harga makanannya. Menghindari terjadinya ditembak harga makanan oleh pedagang.

Oiya, jadwal besok adalah snorkelling all day. Malam itu alhamdulillah cerah, tapi persis setelah adzan subuh berkumandang, hujan deras pun turun. Haduh, jadi snorkelling apa nggak ya? Nyambung di post berikutnya :)

Baca keberangkatan kami di post yang ini, ya.
Blogpost tentang Snorkelling sama anak ada di sini
Blogpost kepulangan dan biaya ke Karimunjawa ada di sini

nenglita

Aquarian, Realistic Mom, Random, Quick Thinker, a Shoulder to Cry On, Independent, Certified Ojek Consumer, Forever Skincare Newbie.

1. Cakep banget foto lautnya mbak.. :)

2. Berasa ikutan lagi pergi niy😉😉😉 thanks for sharing 😘😘😘

1. Makasih mbaaak, masih nyambung lho, jangan bosen ya bacanya 😊

3. Ga sabar nunggu crita yg pas snorkling.. hihihiii... ga nyesel k karjaw walaupun penuh perjuangan... bisa kenal, main, ngobrol dan ajak langit jln2 di alun2 ,, hahahah anakkk iniii superrr bgt... 😘😘😘

1. Snorkelling udah terbit! Haha.. Iya ih Vinie canggih perjuangannya angkat jempooool!! Makasih udh temenin langit selama di sana ya tante vinie :*