Monday, August 25, 2014

"Saya Orang Yang Modis!"


Sebelum gue dinyinyirin karena ngaku-ngaku modis, kita luruskan dulu ah. Modis di sini tentu bukan yang artinya keren atau kece ya, melainkan MOdal DISkon :D

Lagian kalo mau ngakuin penampilan sendiri, gue ga bakal pake kata modis sih, so last year gitu lho. Hahaha..

Masalah diskon, siapa juga yang nggak ngiler? Diskon, promo buy 1 get 1 alias BOGO, special price, buy 2 get 1, dan seterusnya ini emang kadang bikin lupa diri ya.

Gue pribadi ngaku ajalah, salah satu yang lebih suka beli apapun dalam kondisi diskon. Kecuali untuk barang yang memang harus dibeli, ya. Kaya beli beras  gitu, masa iya kudu nunggu diskon? Ntar gizinya didiskon juga lagi :p

Yang diskonan itu biasanya barang-barang tertier sih. Baju buat ganti-ganti, sepatu, tas, buku (kecuali buku yang emang udah ditunggu penerbitannya macam kaya Harry Potter dulu), dan seterusnya. Makanya gue sampe udah hapal di mana aja harus beli barang diskonan. Misalnya, di Gran Metropolitan itu ada Marks and Spencer Outlet. Lengkap banget barangnya, harganya? Mulai dari diskonan sampe special price. Lumayan banget lah. Atau outlet Charles and Keith, Pedro, Rococo, dkk di fX.

Ya emang sih, risikonya adalah barang-barang yang ada di sana bukan keluaran terbaru. Tapi alhamdulillah, gue bukan tipe  apa-yang-lagi-heits-gue-harus-punya. Jadi mau dari season kapan tau, kalo gue suka barangnya dan harganya cocok, kenapa nggak. Buat gue, yang emang dari sononya biasa aja, make barang lama (dan diskon! Haha) nggak nurunin harga diri. Jadi inget kata Bu Elly Risman, "Emang berkurang harga diri lo setengah ons kalo pake baju nggak matching?", hehe..

Friday, August 22, 2014

Rekam Jejak



Istilah rekam jejak kayanya populer belakangan ini seiring dengan terlaksananya Pemilu baik legislatif ataupun presiden. Menurut gue, rekam jejak seseorang itu nggak hanya berlaku dalam politik. Coba kalau lo ngelamar kerja, pasti lampirin CV yang salah satu isinya pengalaman kerja di mana aja. Dengan gitu si perusahaan baru ini bisa mendapatkan gambaran kira-kira si pelamar ini pernah ngapain aja sih?

Selain ngelamar kerja, rekam jejak juga diperlukan saat lagi PDKT pacaran. Haha. Iyalah. Cowo yang pernah melakukan kekerasan sama pacarnya, dan orang-orang tau tentang hal tersebut, pasti kalo dia deketin cewe lagi, yang ada pada takut. Atau cewe yang dikenal suka morotin pacar-pacarnya, nah cowo yang mau deketin tapi modal standar, ya pasti mikir-mikir.

Lesson learned, jangan aneh-aneh lah sama anak orang. Daripada seret jodoh :p

Kalau menilik dari atas, berarti rekam jejak bukan hanya hal-hal yang tertuang dalam kertas ya? Tapi ada hal-hal lain yang jadi pertimbangan seseorang terhadap orang lain. Misalnya dalam kerjaan, CV si A bagus banget. Usia muda tapi perjalanan karir melesat dengan cepat. Di atas kertas, dia kandidat yang bagus lah. Tapi dengar punya dengar, si A ini bossy, suka lempar tanggung jawab atau carmuk sama atasan dan menindas bawahan. Apakah ia masih jadi kandidat yang bagus?

Wednesday, August 20, 2014

Percaya Nggak?


*apa gue pernah nulis blogpost dengan judul ini ya? Ah never mind*

Semalam pak suami izin mau ke tempat nongkrongnya yang biasa. Jam 9 malam baru jalan. Mau balik jam berapa coba?

Tapi gue nggak ngelarang dia sih.     
Kenapa?
Pertama, gue tau kalo nongkrong di sana paling kalo ga ngobrol, main pingpong atau main kartu.
Ke dua, kalau nggak dikasih ya kasian lah. Sama kaya ibu-ibu, gue yakin para ayah juga butuh me time (walo mungkin mereka lebih sering ya -nuduh). Stres kali kalo rutinitasnya kerja- rumah doang.
Ke tiga, gue insyaallah percaya sama dia nggak bakal ngapa-ngapain. Lagian mau ngapain juga ya?

Apakah kepercayaan itu datang sepaket saat gue nikah sama dia? Oh tentu tidak.

Kebiasaan gue nonton dan baca kisah kriminal jadi bikin otak gue suka bertanya sampe detail. Yang mana hal ini nggak dia sukai, berasa diinterogasi pak polisi kali ya. Lalu sering bikin berantem. Nggak enak banget.

Sampe kemudian gue mikir, capek ye bok begitu. Sutra lah.

Rasa tidak percaya bikin pikiran negatif sih, yang gue rasain. Sementara, rasa percaya malah bikin jalani hidup lebih enteng. Kalaupun lawannya mengkhianati kepercayaan, itu urusan dia sama Tuhan. Karena khianat kan dosa ya..

Rasa percaya nggak cuma harus ada dalam sebuah pernikahan atau hubungan cinta-cintaan. Tapi juga hubungan lainnya. Mulai dari orangtua dan anak sampai kerjaan.

Gue sangat menghargai betapa bokap nyokap gue percaya sama anak-anaknya. Bayangin, punya anak 2 cewek, kerjanya di bidang kreatif, sering ke luar kota, atau ga pulang nginep di kantor. Kalo kami bandel, bisa aja dong ngomong tugas luar kota padahal jalan sama pacar? Atau bilang lembur padahal dugem?

Tapi alhamdulillah nggak *eh ga tau ya kakak gue. LOL. Buang body*.  Tapi bener deh, seinget gue ga pernah sih bohongin nyokap cuma karena pengen clubbing, misalnya. Nyokap pasti tau. Kalaupun nggak bilang pas berangkat karena biasanya cus dari kantor, tapi pulangnya ya kami cerita. Dan dia dengerin aja tuh ga pernah marah.

Saturday, August 16, 2014

Scent of a Woman..



Gara-gara nonton video di atas, masa gue mimpi nyokap gue dituker sama orang lain. Ada-ada aja deh..

Video di atas menurut gue kocak banget sih. Jadi video tersebut memang dibikin berdasarkan fakta yang ada di lapangan: bahwa suami atau pasangan kita itu seringkali nggak sadar akan perubahan yang terjadi pada diri kita. Siapa yang suaminya suka nggak ngeh kalau kita habis potong rambut? Atau facial? Atau blow rambut? Atau baju baru? *ngacung tinggi-tinggi*

Makanya, video itu semacam kaya reality show, si istrinya ditukar sama orang lain yang potongannya kira-kira mirip,  bajunya sama, dan suaminya nggak ngeh. Ih gue kalo jadi istrinya sakit hati tuh, haha!

Video itu kan di luar ya, gimana kalau di Indonesia?

Nah, beberapa waktu lalu gue baca hasil surveinya Cosmopolitan.co.id bareng Downy. Ini salah satu hasilnya:

8.76% responden perempuan mengungkapkan bahwa pasangannya tidak memerhatikan perubahan warna atau potongan rambut mereka, dan 91.24% responden pria membenarkannya.

Cuma 8%-an perempuan yang ngaku kalo suaminya nggak merhatiin perubahan dia. Tapi berapa persen lelaki yang ngaku nggak merhatiin? Sembilan puluh persen saja :D

Wahai kaum perempuan, akui sajalah bahwa suami-suami kita itu emang kadang-kadang nyebelin nggak perhatiannya :p

Ya, karena di atas gue udah mengacungkan tangan tinggi—tinggi, maka gue duluan deh yang cerita. Pernah nih suatu kali gue emang ngomong sama Igun mau potong rambut. Pas hari H ke salonnya, gue nggak ngomong sama dia. Setelah beberapa minggu, dia nanya, “Kamu perasaan waktu itu ngomong mau cukur rambut (hooh, dia ngomong potong rambut itu selalu cukur, gue berasa kaya lagi di bawah pohon rindang :p), kayanya belum panjang-panjang amat deh ini”. Darr! Lah, ya nggak panjang keleus, orang udah dipotong! Grr…

Thursday, August 14, 2014

Learn To Fly..

Saat nulis ini gue lagi under the night sky depan kolam renang hotel Le Meridien Jimbaran Bali. Cieee.. Kedengerannya eksis ya bok? Kerja ini mah.. Haha!

Kaitannya dengan terbang, jadi gini.. Gue selalu bermasalah sama terbang. Naik pesawat maksudnya :D

Nggak sih, alhamdulillah bukan takut terbang atau paranoid. Tapi masalah sama kuping pengang saat tekanan udara berubah.

Gue rasa banyak orang yang ngalamin ini, tapi yang gue alami ini mah nyebelin. Nggak mau bilang parah ya, karena mungkin banyak yang lebih parah.

Waktu itu pernah ke Bangkok tapi pesawatnya nggak direct melainkan transit di Brunei karena pake Royal Brunei. Saat itu kondisi gue lagi flu, demam lumayan berat. Pengangnya kuping itu nggak hilang sampe semingguan 😞. Akhirnya nggak bisa enjoy trip tersebut.

Setelah itu jadi pelajaran banget buat gue kalo mau terbang persiapannya panjang hahahha..

- Bawa sekantong permen.
Konon untuk mengurangi pengang, mulut kita harus gerak terus supaya saat tekanan udara berubah si katup apalah itu dalam kondisi bergerak.
Apakah berhasil?
Kalo kondisi lagi fit, langkah ini berhasil. Kemarin pas berangkat ke Bali kondisi badan lagi enak jadi makan permen tanpa henti sepanjang jalan aja. Alhamdulillah nggak pengang.

- Nguap
Ini sama sih kayanya penjelasannya kaya di atas. Tapi ini bisa dilakuin kalo kuping udah telanjur pengang bukan jadi antisipasi kaya si permen. Dan kayanya juga berhasil kalo nguapnya itu bneran bukan yang dibuat-buat asal mangap doang.

- Minum obat yang bikin ngantuk
Ini kalo lagi sakit atau sekedar pilek. Biar tidur atau nguap mulu 😁
Sejauh ini trik ini berhasil. Alhamdulillah..

Kenapa gue bisa pengang segitunya? Konon kalo yang punya sinus emang begitu. Suami gue juga gitu soalnya. Deritanya sama..

Ada yang bisa share giman caranya supaya kuping nggak pengang? Share dong supaya bisa dilaksanakan pas perjalanan pulang besok.. 😉

Tuesday, August 12, 2014

Jam Biologis


Tadi pagi adalah hari ke dua Langit sekolah dengan jam yang sebenarnya. Ada beberapa anak yang ngadat salah satunya bff Langit, Icha.
*gue ceritain dikit anak lo ya, Na -ceritanya minta izin sama emaknya*

Jadi Icha ini biasa tidur siang tiap hari di jam 1-an. Sementara hari pertama sekolah kemarin emang pulangnya agak lambat. Sekitar jam 2. Bubar jalan kan tuh ya jam tidur siangnya. Akibatnya, rutinitas Icha seterusnya jadi berantakan.

"Jam biologisnya berubah bok.. Wajar"

Yang punya anak kecil pasti paham deh sama ungkapan ini. Kalau anak kita biasa tidur siang jam sekian terus lewat bisa cranky. Anaknya cranky, emaknya ngikut. Haha.

Nggak usah yang punya anak, salah satu teman gue aja suatu hari kami ke luar kota terus breakfast bareng. Kalo hotel kan breakfast biasanya cuma sampe jam 10 ya. Waktu itu jam 8 dan kami udah mau cabut abis breakfast. Tapi dia nggak kunjung makan. Gue tanya dong kenapa nggak makan? Jawabnya, "Nggak pengen makan. Jam biologis gue, hari gini belum makan. Malahan belum bangun tidur. Kebiasaan kerja sampai dini hari jadi bergeser semuanya"

Kalo gue juga ngalamin ini dulu. Pas masi kerja di PH itu hidupnya asa kebalik. Malam masih ngedit jelang subuh baru tidur. Kalo gue datang ke kantor sebelum jam 12, ditanyanya "Tumben datang pagi mbak?" :D

Apa sih jam biologis sebenarnya? Ini gue ambil dari sebuah situs:

Jam biologis berfungsi mengatur apa yang harus dilakukan tubuh secara alami. Jam biologis ini berfungsi mengatur kapan tubuh harus beristirahat, kapan tubuh memerlukan makanan atau kegiatan lainnya yang dilakukan tubuh selama 24 jam. Timer jam biologis ini dapat berjalan karena adanya Suprachiasmatic Nuclei (SCN). Dengan mengetahui siklus yang ada dalam tubuh kita, kita dapat mengetahui saat tubuh dalam keadaan optimal sehingga apa yang kita lakukan juga bermanfaat secara optimal untuk kesehatan tubuh.

Misalnya, kenapa kita ngantuk di malam hari?
Hal ini karena adanya hormon melatonin. SCN akan memerintahkan tubuh untuk mengeluarkan hormon melatonin ini saat hari sudah gelap. Selanjutnya, hormon melatonin akan memerintahkan tubuh untuk beristirahat. Namun dengan kehadiran lampu listrik yang membuat suasana malam hari menjadi terang menghambat dikeluarkannya hormon melatonin, sehingga saat ini jam tidur manusia lebih larut malam daripada sebelumnya.

Tubuh kita mudah beradaptasi. Misalnya, untuk pekerja yang bekerja saat malam hari, SCN akan beradaptasi dalam mengeluarkan hormon melatonin sehingga mereka akan tetap terjaga walaupun hari sudah gelap. Bila malam semakin larut, kita akan lebih merasakan kantuk, ini disebabkan hormon melatonin yang dihasilkan semakin meningkat dan juga turunnya suhu tubuh dan tekanan darah dalam tubuh.

Nah gitu deh kira-kira. Gue rasa,rutinitas juga berpengaruh sama jam biologis ya. Ya contohnya di atas juga, kebiasaan tidur makin lambat ya jadi bangun pun makin lambat. Bias tidur siang, kalo nggak tidur siang jadi pusing. Atau ada beberapa orang yang harus makan tepat waktu kalo nggak badannya nggak enak atau asam lambung naik (eh ini kayanya bisa jadi karena kondisi tubuh juga ya). Sementara ada orang yang sanggup nahan lapar sampai sekian lama.

Tumben ya gue nulis serius banget? Haha.

Bagaimana dengan Langit?
Dalam hal ini alhamdulillah gue dikaruniai anak yang cenderung mudah beradaptasi. Langit ini dari perkara nyapih, toilet training sampai ke tempat baru cenderung mudah adaptasinya. Jadi dia kayanya fine aja bangun lebih pagi. Cuma emang sekarang tidurnya lebih cepat. Jam 8 udah nggak nolak lah diajak ke kamar. Masih suka bilang "Aku nggak ngantuk",tapi ngucek-ngucek mata atau jalan sempoyongan sih. Tapi pas sampai kamar, 10 menit langsung plek tidur.

Alhamduuuuu... lillah...

*buat yang tau betapa Langit kuat melek ini adalah mukjizat*

Thursday, August 7, 2014

Perkara 'Jilboobs'



Kemarin gue lihat ada yang share link situs yang judulnya cukup menggelitik karena ada kata ‘Jilboobs’-nya. Dari kata tersebut aja udah kebayang deh, ya, maksudnya ke mana; paduan antara jilbab dan boobs. Humm, dalam logika gue, dua kata tersebut sebenernya agak kurang pantas aja sih, kalo disandingkan :(

Gue pake jilbab. Masih JAUH banget dari sempurna. Pake kerudung ‘semau gue’, pernah ngalamin juga. Tapi mungkin gue beruntung (atau sial? Haha) karena badangue lempeng ga berlekuk, jadi pake baju pas badan juga nggak ngefek berlekuk seksi, yang ada lekukannya tulang. LOL.

Anyway, banyak yang ngomentarin kalau para ‘jilboobers’ ini banyak yang masih dalam proses menuju kebaikan. Ah, setuju banget. Karena gue juga pernah ngalamin sendiri. Seiring berjalannya waktu insyaallah bakal menyesuaikan sana sini, kok.

Misalnya nih, gue dulu suka cuek pake baju pas badan, walaupun badan lempeng ya, bok, tapi lama-lama ‘gerah’ sendiri. Dan memang kebetulan dari sebelum pake kerudung juga nggak terlalu suka pake baju yang ketat atau bahkan baju nggak berlengan (atau kata Langit ‘Baju Ketek’). Risih aja gitu. But hey, im not here to judge. Gue masih memegang teguh prinsip “Yourbody, your clothes, your business”, kok :)

*well harus gue akui, gue sempet nge-judge Angelelga sih yang ketika nyaleg tiba-tiba berjilbab tapi bajunya mecetet :D *

Sunday, August 3, 2014

Kue Cucur, Sate, Dan Roti Boy


Kue Cucur
Lebih dari 10 tahun yang lalu, pas masih kerja di PH gue sering nggak pulang karena ngedit. Yang namanya ngawasin editing dari malam sampe pagi itu keinginannya cuma 2: ngerokok dan makan indomie. Nah kalo gue ada satu lagi yaitu makan.
Makanan yang sering gue beli adalah kue cucur. Tau kan kue cucur? Gula jawa sama tepung beras digoreng gitu deh. Sering belinya karena biasanya jam 10-11 malam gue pulang dulu ke rumah ambil baju atau ya ngabsen sama emak. Terus balik lagi ke kantor sengaja lewat Pasar Kramat Jati dan mampir deh beli kue cucur.
Awalnya iseng, lama-lama nagih sampe anak-anak editor enek makannya, haha. Sampe sekarang masih doyan, tapi malah kurang doyan cucur yang Manado itu karena rasanya menurut gue terlalu 'bersih' :D

Sate Ayam
Ini makanan nggak favorit-favorit amat. Cuma pas hamil dilarang sama dokter karena arang hasil pembakaran dan tingkat kematangan sate takut ngaruh ke kehamilan.
Pas dilarang ndilalah malah jadi pengiiinnn banget! Tapi ya ditahan deh.
Suatu hari saking nggak tahannya, gue minta OB kantor beli bumbu sate ayam dan lontong doang terus makan dengan sedapnya. Hehe.
Kemudian pas besoknya mau kontrol terakhir lalu harus melahirkan, malamnya itu gue bilang sama Igun "Ah cuek ya makan sate ayam, besok lahir ini", hahaha. Padahal di momen biasa gue ga dokoh-dokoh amat sama sate!

Roti Boy
Kalo yang ini emang suka. Cuma dulu tuh Roti Boy masih jarang banget outlet-nya, bahkan kw-nya aja belum ada. Roti Boy yang gue inget adanya di Pasaraya Blok M dan Sarinah. PR banget dari kantor yang waktu itu di Gatsu.
Pas hamil, kebetulan teman di Astro yaitu @marcoanjasmoro yang siaran juga di HRFM. Sarinah dong, ya.. Nah, dia deh yang ketiban pulung beliin gue Roti Boy tiap malam pas siaran terus dibawain besoknya ke kantor :D
Gue rasa kalo gue ga hamil dia nggak bakal mau tuh. LOL.
Katanya apa yang kita doyan atau makan waktu hamil rasanya bakal diinget sama anak kita. Nah, percaya ga percaya, Langit doyan luar biasa sama tiga makanan di atas!

Waktu bulan puasa kemarin, tiap hari kudu buka puasa pake kue cucur, coba! Untung di pasar kaget bulan puasa Galaxy ada yang jualan. Terus kalo pas buka puasa di luar, ya udah pasti makannya sate ayam. Mau makan di resto pinggir jalan atau ke mal, yang dicari sate ayam. Tambah satu lagi PR gue kan, bapaknya maunya RM Padang, anaknya sate ayam ;))

Kalo Roti Boy sih, menu wajib tiap ngemal. Sebelumnya kan Roti Abon atau Roti Gula, pas nemu Roti Boy yang lain yuk dadah babay!

Padahal jujur deh, gue ga pernah dengan sengaja mengenalkan tiga makanan di atas. Terjadi begitu aja. Yah, alhamdulillah ya berarti makanan doyanan gue ga macam-macam dan harga terjangkau. Hihihi.. coba kalau dulu maunya makanan ala western; wagyu, duck king, sushi tei, dkk, tekor dah! #emakirit eh #ibubijak :D
sent from @nenglita 's phone