Wednesday, August 28, 2013

Nge-Path Nggak?



Udah 2579 orang yang nanyain hal itu ke gue. LOL. Kaga ding!

Tapi memang ada beberapa yang nanyain, "Path lo apa, Lit?". Jawaban gue selalu sama sampe detik ini, "nggak punya".
Path kayanya kan emang lagi cukup trendi belakangan ini, tapi gue nggak cukup mendalami apa sih Path itu. Yang ada di otak gue, Path itu socmed tapi dengan lingkaran pertemanan yang ada limitnya. Jadi kaya Friendster jaman dulu, ya, bisa full gitu.
Path ngapain aja? Sepengetahuan gue (yang ga punya Path ini) di Path bisa update kata, gambar, video, apalagi dah? O, iya, konon di sebuah artikel yang gue baca, pencipta Path ini sebenarnya menciptakan Path untuk seseorang berbagi kabar atau apa gitu ke keluarga atau kerabatnya. Makanya dibatasin cuma sampe 150 orang *cmiiw*.

Biasanya, sebagai gadis masa kini #pret , emak-emak kale, gue punya atau minimal secure username, haha! Blogspot, wordpress, pinterest, facebook, tumblr, dsb.
Tapi Path, belum tertarik.
Apalagi lihat orang-orang nge-Path tapi tetap di-connect ke socmed lainnya, lah, apa gunanya 'limited friends' yang dimiliki oleh Path dong?
Itu pertama.
Lalu, yang paling penting, gue bingung mau nulis apa di sana? Ocehan selintas, di Twitter, curhatan atau opini panjang ya di Blog. Majang foto di instagram (tadinya mau di Tumblr, ga tau kenapa kaga jadi, yang ada Tumblr berdebu). Nulis parenting, di Mommies Daily.
Nah, kalo punya Path, gue nulis apa di sana? Curhatan yang cuma boleh 'dinikmati' inner circle? Da itu mah ceting aja.
Eh, ini ga nyinyir, sumpah. Cuma bingung, kalo GUE punya Path, enaknya buat nulis apa ya?

Btw zaman socmed begini perlu banget apa-apa pake disclaimer, takut ada yang tersinggung *hosh*

Tulisan di atas ternyata udah ada di evernote sejak 26 April, tapi belum sempat-sempat mau di-posting.


Nah, tadi pagi sempat mention-mention-an sama @chrysantie dan @ndutyke, eh tepatnya gue sih yang nyamber ke pembicaraan mereka berdua. Gue bilang, gue nggak nge-Path karena dengan hal tersebut bakal makin banyak yang gue share di dunia maya. Atau ke orang lain. Nah, menurut gue hal ini bisa juga membawa kejelekan, sih. Misalnya, gue jadi bahan omongan orang lain *cih, GR amat, siapa juga yang ngomongin elo, Lit?. hahaha*.

Atau kebalikannya, gue bakal jadi banyak tau tentang orang lain, ini bisa jadi bikin gue ngomongin orang. Gue lebih concern yang ke-2 sih. Kalo ada orang ngomongin gue, ya bodo amat. Tapi demi ngurang-ngurangin dosa yang udah banyak, hihih, gue mendingan nggak usah tau :D

Terus kalo yang gue dengar dari orang yang nge-Path, teman-temannya ya kebanyakan yang juga temenan di Twitter, Instagram atau akun sosmed yang lain. Lha, bedanya di mana? Mana kalau di-unshare juga jatohnya jadi nggak enak. Secara Path kan limited ya. Biar kata dunia maya, tapi pasti ada rasa sebel-sebel gimana gitu atau bertanya-tanya kalau di-unshare.

Makanya tadi @Dinniww reply tweet dan bilang Twitter lebih adem sejak pada pindah ke Path. Haha. Kalo dengar-dengar emang, sih, di sana banyak dramanya. Ah, sebagai orang yang udah kebanyakan drama, makin males lah gue :D

Malah pernah dengar ada orang yang punya 2 Path. OMG, segitu niatnya. Hahaha.

Eh tapi ini mah alibi gue aja, ya. Inti pertamanya gue nggak bikin Path adalah karena: gue bingung mau ngupdate masalah apa. Hahaha.
Nah, kalo elo punya Path buat nulis apa sih?

Sunday, August 25, 2013

Menjomblo Di Malam Minggu

Malam Minggu ini sungguh mati gaya.

Igun kan emang udah 10 harian ke luar kota, ada syuting. Terus beberapa hari yang lalu, nyokap nawarin Langit mau ga ikut ke Ciater? Ya bocahnya mah girang-girang aja.

Jadi, ceritanya di Ciater ada acara keluarga besar. Halal bi halal gitu, deh. Gue ga ikut karena besok ada Independence Day Run. Dan emang nggak ada niat ikut, sebenernya. Karena ini acara keluarga besar yang bener-bener buesar gitu.

Pikir-pikir, kenapa ga gue bolehin aja Langit? Secara gue run race subuh udah jalan, sampe rumah juga pasti capek dan tidur. Igun juga nggak ada. Di Ciater kata nyokap bakal ada acara lomba-lombaan buat bocah-bocah. Yawis, gue bilang Langit izin bapak dulu.
Langsung telepon bapaknya, eh boleh. Jadi deh Langit dari Jumat malam nginep rumah nyokap karena berangkat Sabtu pagi.

Gue?
Jumat malam tidur sendiri, yang ada gelisah. Huhu. Lebay.

Sabtu, kebetulan @kristianto_nu ngajakin bikin proposal buat pitching video. Harusnya Igun, sih, tapi orangnya nggak ada, jadi lah gue yang jalan. Gini deh kalo suami istri kerjaannya sealiran :D

Dari siang udah janjian sama Kris di Phoenam. Tadinya sore mau lari, tapi kata @R33n3e sehari sebelum race mendingan istirahat. Yawis, akhirnya sampe jam 7an nangkring di Phoenam. Dari laler sampe ganti shift ke nyamuk. Hihi.

Awalnya, abis dari Phoenam mau ngebioskop sendiri, tapi film ga ada yang caem. Akhirnya pulang aja dengan beberapa pitstop. Mampir Lawson beli Snickers, tukang buah beli pisang, ke atm, lalu nyuci mobil.

Sampe rumah, ga ada kerjaan, akhirnya makan. Terus nonton dvd. Gue kira agak-agak romantic comedy, ga taunya romantic drama. Ada kejar-kejaran polisi, ga fun bener dah. Padahal yang main Josh Duhamel, judulnya Safe Haven. Baru setengah nonton, matiin deh. Butuh film ketawa-tawa di malam minggu yang jomblo ini. Maybe next time diterusin lagi.

Sebelumnya sering berangan-angan, kalo bisa balik malam tanpa mikir anak atau suami enak juga kali. Walaupun beberapa kali balik malam, tapi tetap kepikiran anak nungguin di rumah dan ga enak juga sama Igun balik malam-malam. Giliran dikasih kesempatan balik malam (pagi juga bisa kalo mau!), malah mati gaya. Haha. Dasar manusia..

Walau beberapa kali pisah tidur sama Langit tapi biasanya pas gue yang ke luar kota, bukan Langit yang pergi. Jadi berasa aneh rumah jadi sepi dan ga ada yang bangunin pafi-pagi di rumah sendiri.

Ternyata nggak enak banget sendirian gini. Kangen sama Langit, huhu.


Tidur aja deh, ntar jam 3 udah harus bangun karena janjian jalan subuh sama Rini.
Selamat malam semua, have a fun saturday night!
Powered by Telkomsel BlackBerry®










Friday, August 23, 2013

Balada Ojek

Kalau ibu-ibu lain sibuk dengan pencarian mbak baru pascalebaran, atau dipusingkan dengan urusan permbak-mbakan, maka gue berbeda. Alhamdulillah, masalah mbak, belum pusing (lagi). Saat ini adem ayem tentram gemah ripah loh jinawi.

Yang jadi drama adalah selalu 'kang ojek.

Sejak Maret 2012, gue naik ojek ke kantor. Ya, jarak Bekasi- Kemang. Setiap hari. Pulang- pergi.
Udah 1,5tahun kali ya. Nah, sejak pertama sampe sekarang, gue udah 3 kali ganti 'kang ojek.

Yang pertama, namanya Mas Yanto. Ojekers dekat rumah. Sekitar 3 bulan jadi anter jemput, tau-tau dia jadi sulit dihubungi. Di sms nggak bales, sampe akhirnya gue memutuskan ya sudahlah. Mungkin dia nggak mau ngojekin gue lagi.

Yang ke dua, namanya Pak siapa gue lupa. Haha. Secara dia cuma seminggu saja. Dia ojekers yang nongkrong deket tempat tongkrongan Igun di Pondok Kopi. Kalo dipikir-pikir emang PR sih, dia tiap pagi jemput gue dulu dari Pondok Kopi, lalu anter ke Kemang. Kemudian pulangnya juga gitu. Akhirnya dia bilang sama Igun, nggak sanggup. Yowiiiis...

Yang ke tiga, Amat. Nah, kalo ini cukup lama sih. Setahunan deh. Amat 'kang ojek yang mangkalnya di Condet, deket nyokap dulu. Jadi kalo pagi, gue akan ngangkot sampe Cililitan naik 58 tu kan lumayan banget, ya. Lalu Amat nganter ke Kemang dari Cililitan itu. Kalo pulangnya baru full, jemput di Kemang anter ke Galaxi.
Nah, permasalahan dimulai pascalebaran. Sebelum lebaran padahal Amat udah tau kapan gue bakal ngantor lagi. Terus beberapa hari sebelum lebaran juga dia sempat nganter Marti ke Slipi pas mau mudik.

Di tanggal 19 kemarin, hari pertama ngantor, gue bawa mobil karena ajak Langit ke kantor. Jadi gue nggak sms/ telpon Amat. Besoknya, gue sms Amat tapi nggak ada balasan. Gue telepon, hp-nya mati. Akhirnya Amat bisa dihubungi karena nyokap lagi telpon-telponan sama orang Condet juga. Jadi deh Amat jemput gue di Cililitan. Dia bilang hp-nya ketinggalan di kampung (Sukabumi ). Nanti sementara dia pake hp adenya dulu, dia bakal sms gue nomornya. Tapi sore itu gue tungguin sms-nya eh dia ga sms-sms. Akhirnya gue nebeng Syita.

Sampe rumah, ternyata Amat sms Marti nanya nomor hp gue, udah dikasih, tapi Amat nggak sms gue, tuh. Malamnya, gue sms ke nomor yang sms ke Marti, nggak deliver. Gue telepon, nggak nyambung. Yawis, gue bawa mobil.

Intinya sampe hari ini kehilangan kontak sama Amat *ceile*
Menurut salah satu tetangga di Condet, si Amat lagi sibuk bolak balik ke Sukabumi, jadi dia nggak enak takutnya nggak bisa anter jemput gue tiap hari. Padahal dulu juga nggak tiap hari banget. Secara gue sering meeting sekalian berangkat atau pulang, kan. Apa salahkuuuu?

Sekarang gue bak nelayan yang kehilangan arah *tsah, ter-Nike Ardilla*. Tiap hari bawa mobil? Bisa nggak waras, gue.  Naik angkutan umum all the way? Bisa sampe kantor abis zuhur. Naik taksi? Sekali jalan udah di atas 100 ribu. Naik Ojek? Sekali jalan 70 ribuan. Naik angkot kemudian nyambung ojek/ taksi? Sekali jalan 50 ribuan.

Aku binguuuung!!

Wednesday, August 21, 2013

Nike Training Club, The Apps I Love

Gue awalnya tau apps ini dari @vanyasunanto. Waktu itu dia kalo ga salah lagi 'libur' MBC (Master Boot Camp), jadinya cuma exercise di rumah aja dan pake apps ini. Menurut Vanya, apps ini "lumayan banget".

Nah, setelah MBC kelar di kantor, gue nggak ikut-ikut lagi, karena alasan waktu. Sabtu jam 6 pagi di Senayan, PR juga jalan dari Bekasinya. Eh, sekarang MBC udah ada sesi sore, sih, setiap Kamis jam 6 di Senayan. Tapi tetap aja gue belum jadi-jadi mau ikut *payah*.
Singkat cerita, gue download lah si Nike Training Club (NTC) ini. Pas lihat gambar-gambar dan istilah exercise-nya, gue langsung suka. Eh, setelah download ini, kita ditanya jenis kelamin, untuk menentukan video tutorial gerakannya aja sih kayanya, nanti pake yang cewe atau cowo *sotoy*. Dan mungkin juga karena otot yang dilatih beda? Bebannya beda antara laki dan perempuan? Bisa jadiiiii! *ala Eat Bulaga*.


Tapi emang gambar cewe-cewe modelnya keren-keren amat! They are very toned! Muscle-nya kebentuk tapi nggak bulky. Yaiyalah, cewe kan beda sama cowo, nggak akan seperti binaragawati juga kale, kecuali pake suplemen-suplemen tambahan.

Anyway, apps ini dibagi 4: beginner, intermediate, advance dan get toned.
 
Tiga pertama itu memang disesuaikan sama tingkat 'kemahiran' atau sportivitas #gagalpaham. Maksudnya disesuaikan sama elo terbiasa olahraga apa nggak. Kalo gue selama ini selalu pilih beginner. Pernah pilih yang intermediate atau advance ya, buset dah, 30 menit recovery-nya cuma 2 kali, kalo nggak salah.

Jadi, yang waras ngalah. Secara olahraga juga nggak teratur gini, yawis, beginner! Biarin deh, kesannya lemah, gue lebih mikirin kesesuaian gerakan biar hasil maksimal dan kontinuitas, daripada eksistensi, haha. Ya kan daripada push up/ squats/ crunch sampe 100x tapi yang bener hanya 10%, mendingan setengahnya tapi bener semua :D jadi keringat yang keluar itu nggak percuma *kibas poni* *padahal nggak berponi*.
O, ya, 3 pertama ini juga ada 2 pilihan yaitu 30 dan 45 menit. Iiiiih, sebentar amat?! Percayalah kawan, kalau melakukan yang 45 menit bakal sering lihat timer, kenapa masih di angka 20 ajeeee?!!


Yang terakhir, get toned. This one is my favorite. Jadi ada pilihan-pilihan exercise yang fokus di bagian tertentu; arm (yang paling sering, secara pengen kaya Gwen! LOL), back, butt, leg, abs, etc. Latihannya hanya 15 menit sajah. Tapi percayalah, keringat yang dihasilkan, nggak kalah sama lari 5k. Dengan catatan, we do it right dan sesuai sama waktu yang ada.


Di NTC, latihan-latihannya ada yang pake alat dan tidak. Alat yang dibutuhin sih seringnya dumbbell, medicine ball atau palingan mat. Gue cuma ada dumbbell, jadi ya pake itu aja. Mana dumbbell cuma 2kg, neneng bener dah. Haha. Kalo pas harusnya pake medicine ball, ya pura-pura aja lagi megang bola atau pinjem bolanya Langit :p
Pernah dong, pas malas ambil mat atau ga ada alas, handuk aja gue gelar di lantai. Hihi. Maksimalin aja apa yang ada :D

Kalo NTC, gue tetap pake sportswear (NOT). Yang penting mah sport bra dan sepatu. Sisanya kadang celana pendekan, kaos aja jarang #TooMuchInformation . Di rumah ini, haha.

NTC juga bisa langsung share ke sosmed FB dan Twitter (jika memang dirasa perlu), jadi nggak cuma lari sekian km aja yang bisa di-share, strength training juga bisa lho :D
Yang seru, NTC ada badge-badge-nya. Nah, yang banci badge kaya di foursquare, rajin-rajinlah NTC-an. Jadi dibaginya berdasarkan sudah berapa menit lo ikut NTC. Penjumlahannya akumulatif, jadi kalo yang NTC udah lama, bisa di atas 600-an menit, misalnya, badge-nya makin keren!

Plus ada reminder-nya juga. Jadi setelah selesai 1 sesi NTC, kita bisa set schedule kapan akan exercise lagi nanti ada reminder-nya. Seru, ya!

O, ya, satu lagi yang gue suka, instruksi di NTC sangat jelas. Ada foto, video dan suara. Bagaimana posisi kita berdiri, slightly bent-kah, bertumpu di heels yang mana, posisi punggung, jelas semuanya. Me likey!

Ow, dan ada musiknya juga. Gue sih belum pernah, ya. Mungkin kebiasaan pilates nggak pake musik dan hanya dengar instruksi, jadi lebih asik tanpa musik. Kalo lari, baru dah wajib musik.

Pokoknya, NTC membuat saya berolahraga kapan saja, di mana saja *suara ala iklan*

Powered by Telkomsel BlackBerry®

Tuesday, August 20, 2013

Mak Comblang

Dari zaman dulu, gue termasuk salah satu orang yang seneng nyomblangin orang. Kalo pas sekolah, misalnya ada temen gue yang naksir sama 1 orang, gue suka mau-mauan tuh jadi deket sama si yang ditaksir, kemudian 'ngejadiin' mereka berdua.

Nggak sampe di situ, kadang-kadang malah lanjut sampe jadi bajaj alias orang ke tiga dalam hubungan mereka. Yang susah adalah, kalo mereka lagi berantem. Si cewe curhat ke gue, demikian juga lakinya. Nah, jadi lah gue seksi sibuk ngurus kisah percintaan mereka.

Sepertinya ini deh yang bikin gue nggak punya pacar satu sekolah zaman SMA #persoalan

Salah satu contoh terbaik di sejarah percomblangan *emang ada kata ini?* adalah, sahabat gue, Lia, dan sepupu jauh gue, Kak Ivan.

Suatu hari si Lia lagi galau gegara mantannya, terus gue spontan aja ngomong, "lo mau nggak sama sepupu gue?". Dia mau-mau aja. Haha. Singkat cerita, mereka berlanjut telpon-telponan, ketemuan (1-2 kali masih ngajak gue, hihi), lalu sampe akhirnya menikah dan punya 2 anak. Alhamdulillah :')

Sekarang ini, gue juga seneng banget matching-matching-in teman-teman gue yang masih pada single. Tapi berhubung usia bertambah dan yang seangkatan gue biasanya udah pada mau serius, maka gue semakin berhati-hati *ceile*.

Maksudnya, gue bakal ngenalin dulu latar belakang masing-masing keluarga, memahami karakter, hobi, sifat sampe 'selera' masing-masing secara fisik. Ya kan nggak enak juga kalo 1 pihak mau tapi yang lain enggak. Namanya juga jodoh ya, cuin, nggak bisa dipaksain.

Perihal ini kayanya ruins in our blood. Nyokap dan kakak gue juga demen nyomblangin. Kakak gue 2 sahabatnya menikah. Sementara nyokap, yang paling gress adalah nyomblangin sepupu gue dari nyokap dan sepupu dari bokap *ih kalo orangnya baca pasti tengsin, hihihi*.

Nyomblanginnya di sini nggak juga sampe mau tau mereka ngapain ke mana, lho. Intinya ketika gue udah mengira-ngira tampaknya 2 insan ini cocok *tsaaah*, kenalin, selanjutnya ya terserah mereka. Nggak jadi, ya, jadi teman. Kalau jadi, ya syukur alhamdulillah.

Yang harus diingat untuk para mak comblang adalah, jangan melibatkan perasaan *duile*. Maksudnya, kalo nggak cocok misalnya karena si cewe nggak sreg, ya jangan jadi musuhin si cewe. Atau sebaliknya, si cowo ternyata brengsek, ya bakar aja #eh.

Namapun manusia, kalo ada hal-hal baru dari orang yang dicomblangin, pasti pengennya jadi yang pertama tau. Wajar, sih. Tapi hal ini sebenernya nggak bisa dipaksain. Kecuali ada hitam di atas putih *apasih*. Ya, ikhlasin aja. Yang penting kita udah bukain pintu jodoh buat orang lain. Itu pahala, lho *jadi itung-itungan*. Eh, tapi bener, katanya kalau kita berhasil menyatukan 2 manusia, ada 'catatan'nya di surga. Gue belum cari sumbernya dari mana, sih. Cuma udah sering dengar aja.

Anyway, gue sih mencomblangi ini emang hanya sekedar seneng. Rasanya seneng aja kalau lihat 2 orang yang menurut gue serasi dan cocok satu sama lain jadi. Ada kepuasan tersendiri, haha.

Nah, ada masalah yang baru kepikiran. Dari sekian lama hobi nyomblangin ini, gue nggak pernah lho dicomblangin. Apa salahkuuuu? Apa aku kurang qualified untuk dijodohin? Atau orang-orang nggak bisa menemukan pria yang sevisi dan misi dengankuh untuk dicomblangi?

*pertanyaan yang telat dilontarkan*


Powered by Telkomsel BlackBerry®

Monday, August 19, 2013

Today's Outfit: Merah!

Saat epic day kemarin, itu kan mau ke acara Tango Waffle 17-an, ya, jadi gue dan Langit pake baju merah. Niat abiiiis....

O, iya, lokasi acara di Taman Cattleya itu asik banget buat foto atau aktivitas outdoor. Ada jogging track dan kolam buat mancing. Beberapa waktu lalu memang Langit pernah ada syuting *ceile* di taman ini, makanya gue nggak nyasar pas ke sini. Lokasi taman ini emang kece buat syuting atau pemotretan, taman yang luas dan rindang, latar belakangnya hutan beton plus fly over 3 susun!

On Langit:
Dress: Just for Kids
Cardigan: Unbranded
Hat: Osh Kosh
Shoes: Strawberry Shortcake

Ini yang motoin Langit, bagus juga hasilnya ternyata :)
Top: unbranded
Red pants: @Houseo apa gitu di instagram (maap pelupa)
Shoes: Rubi
Bag: Longchamp
Chiffon shawl: sisa dagangan, sis :p

Berhubung nggak ada yang motoin, maka kami foto bergantian. Nah, pas mau foto berdua, bingung deh :p

berkali-kali motret ga ada yang pas juga :))
This is how we spent 17-an, what about you?


Sunday, August 18, 2013

Epic Day!

Hari ini ceritanya mau menikmati waktu berdua Langit. Pagi-pagi setelah nganter nyokap ke rumah om, gue mau ke tempat liputan acara Tango Waffle yang 17-an di Tomang.

Berhubung acara mulai jam 2 sementara selesai nganter nyokap baru jam 11.30, maka gue ajak Langit makan dulu. Pikir punya pikir, awalnya mau makan di daerah Tebet aja. Eh akhirnya malah nyangkut di Kota Salabangka alias Kota Kasablanka.

Parkir Valet di sana, bukan karena #HORANGKAYAH tapi karena mobil gue ga muat masuk ke basement/ gedung parkirnya yang maksimal 2,1m itu. Nah, valet-nya otomatis nggak bisa di lokasi parkir, ya. Maka mobilkuh dijogrogin di depan East Lobby. Ih, iksis!

Langit maunya makan di Ta Wan. Okedeh, kebetulan emaknya juga doyan. Secara biasanya makan diburu-buru atau ada aja hal yang harus segera dilakukan, maka tadi kami berdua makan dengan santaaaaaai banget. Sambil ngobrol, ketawa ketiwi, dan foto-foto. Haha!

Kelar makan, minta bill dan bungkus si Ayam Saus Lemon pesenan Langit karena cuma kemakan setengah. Btw, dia pesan menu itu hanya karena ada 'Lemon'nya. Fyi, salah satu sahabatnya Strawberry Shortcake, tokoh idolanya dia itu, namanya Lemon Meringue. Masih bingung ya? Ya, pokoknya begitu lah.

Gue: "Bisa debit mbak?"
Mbak Ta Wan (MTW): "Bisa apa saja kecuali BCA"

#jreng ada apa sih sama BCA suka sok eksklusif, deh. ATM juga dia nggak mau ATM Bersama #dibahas

Gue: *cek cash ternyata nggak cukup* "Mbak, saya ke ATM dulu deh, nitip lihatin anak saya ya"
MTW: "Saya anter aja bu ke bawah, biar ibu nggak bolak balik"

#okesip

Sepanjang jalan ke ATM, gue inget-inget, rasanya semalam baru ke ATM. O, akhirnya inget bahwa uangnya ditaro di wristlet, secara semalam perginya berduaan Langit naik motor. Kemudian gue lupa *memutar bola mata* mindahin uangnya dari wristlet tersebut.

Nah, paaaaaas banget depan mesin ATM, gue ngebatin, "Jangan-jangan kartu ATM-nya belum gue pindahin...", pemikiran ini langsung diiyakan sama ingatan gue. Kemudian gue buka dompet, TARAAAAAA... Slot si ATM BCA kosong. Lemes.

Ngorek-ngorek tas, amplop-amplop angpao lebaran Langit kebetulan ada beberapa, eh nemu duit. Di sini ada untungnya jadi orang pelupa, coba kalo gue inget mindahin angpao-angpao itu, cilaka. Ninggalin KTP aje dah gue!

Duit di dompet 70 ribu, korek-korek angpao dapet 60 ribu. Bill-nya 127 ribu. Mantab.

Lita, lain kali jangan begitu lagi, ya. Kalo bener-bener nggak nemu duit di tas gimana cobak?!

Sebenarnya masih banyaaaaaaaaak kebodohan akibat memory low ini. Nanti gue kompilasi ah...



...Kalo gue inget apa aja kebodohan-kebodohannya.


Powered by Telkomsel BlackBerry®

Wednesday, August 14, 2013

Bekasi Heits!

Gue berasa nasionalismenya terhadap Bekasi berlebihan deh dengan kasih judul itu. Haha!

Dari dulu mau cari rumah, memang tujuan gue dan Igun daerah timur. Kenapa? Ya karena memang kebetulan kami berdua terbiasa di daerah ini. Gue dari kecil tinggalnya nggak pernah keluar dari Jakarta Timur, sekalinya keluar Jaktim ya ke Bekasi. Hihi. Sementara Igun, secara anak kos, banyak teman-teman kuliahnya dia yang bertempat tinggal di Timur.

Yah, sebenernya kalo ditanya pengen sih, pengennya di Tebet. Tapi apa daya, kocek nggak bisa bohong, cyin.

Pertama dulu cari sekitar Condet, lalu geser ke daerah Tanjung Barat. Lalu ke daerah Pondok Kopi, Bintara, Galaxi. Tapi emang bener, namanya rumah itu jodoh-jodohan. Senaksir-naksirnya, kalo ga jodoh, ada aja yang ngalangin.

Sempat cari ke daerah Pamulang. Hwarakadah, boro-boro berhasil cari rumah, wong ke rumah temannya Igun yang mau nganter kami aja nggak nemu-nemu. Haha.

Akhirnya, balik ke Galaxi lagi.
Bisa dibilang, Galaxi ini area perumahan besar pertama di Bekasi yang berbatasan sama Jaktim. Ramenya minta ampun. Di area ini banyak banget perumahan-perumahan gitu. Makanya nggak heran, sekolahan di sini banyak dan kalo pagi macet!

Tapi gue mah bahagia tinggal di sini. Mau apa juga ada. Bebek Slamet, Pempek enak, Restu Bundo (RM Padang yang lebih enak dari Sederhana), cuci kiloan bertebaran, Venus Karaoke, Martabak Ronny, Mirama, Es Oyen, Belmart, Bank mulai dari BCA, Mandiri, sampe BJB dan Bank Ina, kue cubit, dst dsb #BahagiaituSederhana buat gue, ya? Hihi.

Sebentar lagi di Patung Kuda 3 Galaxi (dulu ada patung kuda, tapi sejak ganti developer, patungnya dibuang) ada mal gede! Namanya Grand Galaxi City. Depstore-nya sih Lotus doang, nggak sampe Debenhams sayangnya. Tapi ada Farmer's Market dan Blitz, weitjeh! Jadi kalo dulu mau iksis ngebioskop di Blitz kudu ke Grand Indonesia atau Pacific Place, sekarang tinggal naik angkot 3 rebu perak (jarak paling dekat udah naik, sejak BBM naik. Tadinya 2 rebu). Atau sekalian lari sore, ngadem ngemal dah *norak*.

O, iya, ngupi-ngupi kalo gue ga maniak sama starbucks dan sejenisnya, ya. Gue cukup bahagia di Coffee Ben's (KW-nya Coffee Bean) yang wifi-nya ciamik, lebih kenceng daripada warnet #eh di ruko Patung Kuda 1 atau ada Eight Coffee di Pulo Ribung. Nah, ada 1 tempat ngopi lagi yang masih se-RT sama gue, namanya Coffee Bluer. Kurang apa cobak? :D

Geseran dikit dari Galaxi, ada Kemang Pratama. Kalo komplek ini, Indah kayanya lebih jago bercerita. Gue seneng ke Kemprat buat ngajak Langit ngasih makan rusa di taman depannya itu atau bersepeda ria.

Ada lagi komplek raksasa baru namanya Summarecon. Wah, ini canggih. Karena dibuat di zaman yang sudah canggih dan macet, maka
aksesnya dibikin langsung pake fly over. Keren pula FO-nya *norak anak Bekasi, haha*.

Di dalam komplek ini ada mal gede namanya Summarecon Mal Bekasi. Keren gitu mal-nya. Sekali lagi, depstore-nya belum sekelas Debenhams lah ya, cukup Star Depstore saja. Tapi, ada Mothercare dan ELC, lho! Akhirnya mereka masuk Bekasi.. Tapi kenapa Gingersnaps nggak ada? Huhuhu..

Terus ada Payless, Pedro, Etude House, iBox, Duck King, Sushi Tei, Food Hall. Lokasi tempat makan juga dijadiin 1, udara terbuka gitu. Eh, ada sih di atas itu, tapi masih belum buka.

Ih, gue norak deh, secara tadi baru ke sana ya. Dan secara juga biasanya mal yang gue kunjungi itu berputar antara Mal Metropolitan (alias MM yang kesohor), Bekasi Square (karena ada Carrefour dan aksesnya gue potong belakang) plus Mega Bekasi (ada optik langganan), jadi asa terkagum-kagum lihat si SMB ini. Haha!

Selain itu, sepanjang Kalimalang yang udah masuk Bekasi juga udah ada Tekko, Cheese Cake, Kopi Tiam Oey, dan bertebaran lah KFC, Dunkin, dsb. Yang belum ada McDonald deh kayanya.

O, iya, soon bakal ada Eat and Eat juga di mal baru yang judul Grand Metropolitan Mal. Mal ini jaraknya selemparan kolor dari MM, dan ternyata sodaraan sama si MM. Pantesan pake ada shuttle bus-nya segala. Ih, urusan mal, Bekasi nampaknya nggak mau kalah dari Jakarta *sigh*. Cuma belum ada Zara, Mango, dsb aja nih.

Satu hal lagi yang kece, stadion bolanya lagi diperbesar jadi standar internasional (kata Igun). Wah, keren. Siapa tau ntar yang biasa main di GBK model Arsenal, Liverpool, dsb main di Bekasi #yakale.

Ya, walaupun sering bikin orang berkomentar "jauh amat rumahnya" kalo dengar tinggal gue di Bekasi dan emang nggak keren saat mengucapkan "rumah gue di Bekasi", tapi gue cukup bangga lah. Bukan karena semua fasilitas yang bikin heits di atas. Tapi lebih karena rumah ini, rumah pilihan kami, di lokasi yang kami inginkan :)


Powered by Telkomsel BlackBerry®

Tuesday, August 13, 2013

Mandiri?

Mandi sendiri? Hihiy.
Gue mungkin jauh dari sosok yang mandiri. Seumur hidup, sampe menikah 1tahun, gue tinggal sama nyokap bokap. Nggak pernah misah dari mereka. Nggak ada yang namanya ngekos pas kuliah/ kerja. Secara kampus dan kantor dulu jaraknya lumayan dekat.
Pas belum bisa nyetir, sering minta anter mama ke mana-mana. Atau, minta jemput sama sahabat-sahabat laki.
Menikah sama Igun, bisa dibilang memupuk kemandirian gue. Suami gue ini sejak SMP udah pisah rumah (bahkan kota dan pulau) sama orangtuanya. Tinggal sama keluarga? Enggak, dia ngekos aja sendiri. Yah, dia bisa dibilang sosok yang mandiri. Saking mandirinya butuh waktu yang lama untuk menyesuaikan diri bahwa dia udah berkeluarga :D
Menikah dan punya rumah sendiri, otomatis gue harus pinter-pinter urus rumah tangga. Walau perempuan bekerja, gue juga ngitung lho yang namanya uang belanja, ngatur tabungan, uang sekolah, uang simpenan, dst dsb.
Gue udah biasa banget ke mana-mana sendirian, atau sama Langit aja berduaan. Ambil rapor? Checked. Arisan? Checked. Kondangan? Checked. Belanja bulanan yang bawaannya segudang *lebay* plus bocah yang jalannya kaya pake pegas di kaki? Checked. Nggak tau deh itu jadi tolok ukur kemandirian apa bukan.
Tadi ada seorang ustad yang tweet mengenai perempuan mandiri. Intinya, yah.. Silakan dibaca di screen capture berikut ini:




Agak mencengangkan ya?
Masa iya perempuan harus menya menye seumur hidup? Apa gunanya ada emansipasi?
Perempuan nggak boleh tegas atau kebapakan? Lah, udah pernah dengar sama istilah single mom? Kebetulan di sekitar gue banyak, dan gue tau gimana perjuangan mereka untuk hidup. Gue yakin juga banyak orang yang memuja ibu mereka yang single mom dan berjuang demi anak-anaknya.
Perempuan kekanak-kanakan? Kalo ntar istrinya nggak mau nyetrika karena asyik main boneka gimana? Atau istrinya ngambek mau beli tas terbaru yang lagi tren padahal keuangan keluarga nggak memungkinkan, apa itu masih menyenangkan?
Humm, ga salah juga sih pak ustad itu kultwit demikian. Dengan anggapan semua yang baca cukup dewasa untuk mencerna (atau mengabaikan) tweet-nya. Hihi.
Kalau yang baca banyak pemuda pemudi galau, gimana? Ntar yang cewe pretend jadi menya menye untuk dapet jodoh, sementara yang laki pada kena sindrom superman semua *sigh*
Anyway, gue pribadi memilih nggak menganggap seseorang kredibel kalau dia masih nulis 'risiko' dengan 'resiko' *teteub edisi editor*. LOL.

Powered by Telkomsel BlackBerry®











Monday, August 12, 2013

Kisah Klasik Pascalebaran

Si Mbak mudik nggak balik lagi ke rumah.
Ini kayanya kisah klasik di setiap rumah tangga. Ho oh, si mbak ga balik ini zaman sekarang udah bukan urusan ibu-ibu lagi, tapi ngefek ke para bapak-bapak juga.

Gimana enggak?
Kalo istrinya juga kerja, otomatis beban pekerjaan rumah dibagi dua dengan para suami. Iya kan? *awas aja kalo ada para bapak yang nggak mau turun tangan urusan domestik*.

Barusan mbaknya Langit sms, baru dapet tiket balik tanggal 19 Agustus. Bertepatan sama anak pertama sekolah dan gue hari pertama balik kerja. Kalo orang lain mungkin akan misuh-misuh karena kok mudiknya lama amat? Fyi, mbaknya Langit balik dari tanggal 3 Agustus.

Lha, kalo gue mah, ngapa kudu marah-marah? Yang penting balik, kan? Daripada nggak balik. Udah rahasia umum lah, cari mbak/ ART itu lebih sulit dari cari jodoh :p

Gue mungkin beruntung punya mbak yang bisa dipercaya. Kebetulan Mbak ini udah ikut sama nyokap sejak dia masih umur 14-15 tahun kalo nggak salah. Sekarang dia umurnya 27-an. Pas gue pisah rumah sama nyokap abis nikah, Marti ikut gue deh. Sempat dia balik karena urus nyokapnya sakit selama setahun, abis itu ya balik lagi ke rumah gue, deh.

Sama ART/ mbak di rumah, emang sama siapapun gue nggak pernah beda-bedain. Makanan, apa yang gue makan ya dia makan. Pengen jajan di luar, pasti gue beliin. Jalan-jalan, ya diajak. Kalaupun nggak diajak, lebih karena supaya dia bisa istirahat. Karena kalau diajak, kadang-kadang malah ga bisa menikmati jalan-jalannya, dia pasti kita mintain tolong juga, kan.

Urusan balik ke kampung, gue juga nggak pernah rewel sih. Apalagi kantor sekarang kan relatif lebih fleksibel, gue bisa bawa Langit ngantor, karena kebetulan Langit lumayan anteng dan kooperatif kalo ikut gue kerja. Dulu waktu kantor yang sebelumnya, ya gue gantian aja bawanya sama Igun. Sehari gue bawa, besoknya Igun, kalau lagi ga bisa bawa Langit sama sekali atau nggak enak sering-sering bawa anak, baru gue titip ke nyokap atau ke tante.

Menurut gue, balik kampung itu hak mereka juga. Kemaren sempet denger ada yang ngomong, "biasa deh, pembantu kalo udah balik kampung suka keenakan, lama deh balik ke sininya".

Humm, ya wajar lah ya? Kita juga kalo lama nggak ketemu ibu, bapak/ sanak saudara, pasti kangen sama mereka. Pasti pengennya berlama-lama. Apalagi sehari-hari kita kerja, kalau di kampung/ rumah orangtua, pasti bisa sedikit santai-santai. Masa salah, sih, begitu.. Wong kita kalo hari pertama balik kerja setelah liburan aja suka males, kan? :D

Hari ini gue udah dapet lebih dari 3 bbm dan watsap nanyain ada stok ART apa enggak dari teman karena ART mereka nggak balik. Mudah-mudahan yang menghadapi kisah klasik ini, cepet dapat solusi, ya.

Yang ART-nya balik telat, mohon pengertiannya. Dan yang ART-nya balik tepat waktu, selamat ya. Dijaga baik-baik, aset tuh!

Nyetrika lagi ah..
Powered by Telkomsel BlackBerry®

Sunday, August 11, 2013

Bukan Sinetron

"Ya udah, santai aja. Rumah berantakan dikit ga apa-apa kali, kan bukan di sinetron ini.."

Kata gue ke seorang teman pas dia mengeluhkan capeknya di rumah seharian dengan anak balita.

Gue selalu mengandaikan dengan syuting untuk urusan rumah. Ya emang nggak bakat jadi Astri Nugraha, ya, yang rumah rapi jali, masak jago, anak-anak cakep kece, berkebun, ngecat rumah sendiri, nge-gym dan masi terima pesenan catering. LOL. Eh, bukannya ngeledek, tapi serius, Mbak Atli emang canggih!

Apalagi kalo lagi nggak ada ART kaya sekarang ini, wah, gue mah super nyantai. Ngepel 2 hari sekali. Nyuci, kalo lagi mood ya gue nyuci. Terbukti kemaren cucian 5 hari baru gue cuci itu juga karena stok baju tidur Langit menipis, haha. Kelar nyuci baru bengong, gimana nyetrikanya? Secara banyak bener!

Masak? Don't get me start with this.
Tahun ini, prestasi banget karena gue nggak bikin gosong rendang pas manasin dan berhasil mempertahankan gulai iga sampe lebih dari 2 hari karena nggak basi.

Urusan makanan, selama ada telor, ungkepan ayam dan banyak warung makan/ resto buka, aman lah hidup kami. Pernah baca di twitter, intinya suami yang mau aja dikasih makan telor bibit dari perceraian. Hetdah, masih banyak urusan lebih serius antara gue dan Igun selain makan telor. Lagian dari awal kawin dia udah tau gue nggak pandai masak. Kalo gue maksain masak malah dia sering bilang, "nggak usah masak lah, beli aja". Kayanya bukan kasihan sama gue, tapi deg-degan sama dirinya sendiri tar kalo nggak makan masakan gue jadi perang, padahal rasa masakan gue itu mengkhawatirkan :p

Gini-gini, gue pernah jadi stay at home mom, lho. Jadi ngadepin urusan domestik nggak cuma pas lebaran aja.
Pagi itu jadwalnya ya ngurus anak, ngajak main Langit.
- Pas dia belum bangun, gue ngerjain hal-hal yang bisa gue kerjain seperti nyapu, ngepel, bikin sarapan. Nah, kalo sarapan kan gancil ya. Roti bakar, pancake, mie goreng (bukan mie instan-disclaimer), siapin teh hangat.
- Nyuci itu biasanya gue ajak Langit sekalian dia main air plus mandi.
- Nyiapin makan? Ya itu tadi, beli aja. Atau kalo masak (baca: manasin makanan, hihi) sembari Langit main, buru-buru siapin deh.
- Nyuci piring, abis makan langsung Langit gue sediain buah. Biasanya bikin dia anteng.

Sisanya gue lakuin pas Langit tidur malam. Tapi itu pas Langit masih kecil. Kalo sekarang sih, nyetrika siang-siang juga aman, karena Langit terhitung anteng main sendiri apalagi kalo udah gambar.

Langit juga sekarang udah bisa bantuin gue hal-hal kecil sih. Misalnya bebenah mainannya sendiri, naro alat-alat makan sendiri di dapur, ngelipat pakaian (walaupun berantakan, tapi lumayaaaan), beresin sendal, dsb. Kalo bapaknya juga syukurlah walo mood-mood-an, tapi cukup bisa diandelin. Urusan buang sampah, ganti Aqua, nyuci, nyuci piring, dia mau deh. Masak nasi atau kadang kalo gue lagi repot banget, ya dia masak apa yang dia mau sendiri.

Kalo yang anaknya tipe tidur siang, masih mendingan kali ya, karena pas anak tidur, kita either bisa ikut tidur atau mengerjakan hal lain. Nah, anak gue kan nggak tidur siang, ya. Jadi seharian nemenin dia aja deh. Pas libur lebaran gini, di atas jam 2an biasanya pergi. Pulang-pulang udah jam 7-8, jadi tinggal main sebentar, terus tidur.

Dulu pas jadi SAHM, siang di atas jam 2 biasanya cari-cari kesibukan. Ajak nge-mal, berenang, apa aja deh, yang penting ada kegiatan. Haha.

Tapi inti dari semua ini, sih, dibawa santai aja. Rumah agak ngeres-ngeres dikit, ya sutra lah. (Tapi gue emang paling ga betah sama lantai ngeres, sih). Mainan anak ga tersimpan rapi? Yang lihat kita doang, kan? Nggak disyuting dan ditayangkan ke seluruh Indonesia :D

Kendorin dikit urat syarafnya, ah.

Dapet salam dari tumpukan cucian kering niiiih!
Powered by Telkomsel BlackBerry®

Friday, August 9, 2013

Kalau Mau Memberi..

..Bismillah aja..

Menjelang lebaran kemarin, banyak banget pemulung/ keluarga dengan gerobak bermunculan. Satu sisi merasa iba dan kasihan ngeliat seorang bapak menarik gerobak yang isinya aneka barang bekas, 2 anak, dan di belakangnya ada si istri gendong bayinya.

Sisi lain?
Pasti ngebatin juga, "aduh, kalo lebaran jadi banyak banget, pada dateng dari mana sih?".

Terus apa yang dilakukan? Walk away like there's nothing happen?

Ya nggak apa-apa juga. Beneran deh.

Kalo gue (kalo gue, ya, nggak selalu benar) ketika udah ada ngebatin, maka mendingan gue nggak ngasih. Gue takut ketika ngasih malah nggak ikhlas karena ada 'ngebatin'nya.

Maka gue percaya kata hati pertama kali. Kalo kata hati pertama iba, maka gue bakal tepis ngebatin lain-lainnya. Menghindari rasa nggak ikhlas.

Selamat Idul Fitri, semoga apa yang sudah kita jalani sebulan kemarin nggak sia-sia. Amin.

Mudah-mudahan kita semua bisa ketemu Ramadan tahun depan. Amin lagi :)


Powered by Telkomsel BlackBerry®

Sunday, August 4, 2013

There Is No Such Thing Coincidence

Yeah, I believe that.

Seberapa sering kita lagi mikirin seseorang, tau-tau orang itu muncul depan kita?
Pernah nggak, lagi mikir pengen barang apa, tiba-tiba ada yang ngasih?
Atau hal yang sederhana, lagi pengen makan apa, eh, temen ngajak lunch di situ.
Mungkin juga lagi kucel kemudian ketemu sama mantan pacar yang rapi jali sama pacar barunya nan cantik jelita.

Yang terpikir di benak kita seringnya, "ih, kebetulan".

Tapi pernah kepikiran bahwa ada yang namanya Invisible Hand, yang membuat kita memilih jalan A instead of lewat jalan B?

Macam kejadian Jumat 26 Juli kemarin lah. Kalo ditarik mundur, ngapain juga gue bela-belain ke Tiptop (demi beli Kiwi yang harganya lebih murah?). Kenapa juga mobil gue temperaturnya pake naik sehingga harus berhenti sekian puluh menit? Kenapa gue pake kelewatan belokan ke Pondok Bambu sehingga gue harus lewat Kalimalang? Sampe akhirnya harus berantem sama orang lain.

Pasti sudah diatur oleh-Nya.
Nggak boleh gue sesali. Setidaknya pelajaran yang gue ambil adalah gue harus lebih banyak bersabar.

Kejadian hari ini, kalau dipikir-pikir bagaikan sebuah kebetulan yang manis. Bukan buat gue, tapi buat orang-orang yang terlibat.

Mudah-mudahan kebetulan tadi atau kejadian yang telah diatur oleh-Nya bisa membuahkan hal yang positif. Amin.

Pasti banyak kejadian yang kita pikir adalah sebuah kebetulan belaka. Tapi pernahkah kita berpikir ada 'pesan' di balik kejadian itu?

#selfreminder

Powered by Telkomsel BlackBerry®

Saturday, August 3, 2013

Office Politics

I don't do that.
Waktu pertama kali kerja di media, gue kebagian nulis bagian female-nya. Jadi dari mulai fashion, beauty, health, relationship sampe career. It was 2002. Damn, udah tua. Eh tapi itu sambil kuliah lho *tetap harus ada disclaimer-nya*

Jadi, yang namanya kiat menghadapi bos, rekan kerja yang mengganggu, dst dsb udah khatam secara teori. Secara praktik?

Nah, secara waktu itu darah muda, ya, bo. Pengalaman anak bau kencur ini juga masih minim. Gue sering aja dengar cerita si A begini, bos B begitu, si C ga suka sama si D, si E maunya ngerjain X doang, dan seterusnya. Untungnya karena posisi masih anak bawang, ya gue nggak terlibat dalam kancah per-office politic-an.


Di tempat kerja berikutnya, baru gue nyemplung. Kerja di kantor itu dari karyawan masih hitungan jari. Orang-orang masuk dan keluar. Sama atasan juga otomatis lebih akrab karena sedikit orangnya. Sampai tiba saatnya punya bos baru yang berbeda paham tak hanya dengan bos lama, tapi juga diri sendiri. Bukan berarti bos lama lebih sepaham, dua-duanya nggak ada yang sama visinya (kalo nggak mau dibilang mereka nggak benar. -note: Sang Benar mode on).

Eh, tapi alibi diri gue sendiri, ya. Bukan berarti gue merasa benar, tapi gue hanya melakukan apa yang gue rasa benar. Apalagi kalau masalah uang, hih, amit-amit. Semiskin-miskinnya gue, insyaallah kalo urusan duit gue nggak berani.

Masalah berkembang jadi kubu-kubuan. Kubu si bos baru dan kubu gue (katanya). Padahal usia gue saat itu sama kaya lamanya si bos bekerja. So, he just like my father. Gue hormat sama dia, kecuali ya urusan prinsip tadi. Sampe lah ke kuping si empunya perusahaan. 'Kubu' gue diajak meeting tertutup *ceile*. Ya bersyukur juga punya big boss mau dengerin ocehan anak kecil ini. Dia percaya sama gue, alhamdulillah. He puts his trust on me.

Pindah ke tempat kerja lainnya, gue kebetulan kalo gabung selalu sama 'geng' yang asik-asik aja. Nggak masalahin ina itu, beban kerja, dsb. Kami kerja karena kami suka. Jarang banget mempermasalahkan perbandingan bayaran dan kerjaan. Selama asik, kami jalani.

Sempat gue ngumpul sama tim yang doyan bahas. Si bos A begini, dibahas. Si B begitu, dibahas. Ya nggak apa-apa juga, untuk wawasan gue. Kalau udah begini, gue jadi pendengar yang baik.

Di satu tempat kerja juga pernah berada di tengah-tengah antara 2 bos. Bos 1 kalo gue ngerjain proyek Bos 2, dia bakal musuhin gue. Bos 2 kalo gue kerjain proyek Bos 1, bakal kasih gue beban kerja berlipatganda. Duile, nggak banget, deh. Sesuka-sukanya gue, gue nggak mau terlibat dalam konflik di mana gue sendiri nggak (mau) tau urusan mereka.

Oh, pernah juga kerja di mana bos gue langsung entah kenapa proteeeees aja sama apa yang gue lakuin. Lah, kalo dia nggak nyaman kerja sama gue, kenapa hire gue?

I'm not the one who likes to complain too much.

Bener, deh. Alhamdulillah dikasih sifat yang umm, nrimo? Nggak nrimo-nrimo amat, sih. Kalo kata nyokap, gue punya rasa pengertian dan empati yang cukup tinggi. I think its because of you, Mom :*
Atau mungkin juga karena di awal kerja, gue udah 'kenyang' sama aneka kiat mengenai kantor dan bekerja? (Baca paragraf awal)

Prinsip gue, selama masih cari duit dari 'lumbung' itu, pantang jelek-jelekin. Kalo udah nggak kerja/ cari duit di situ juga jangan lah. Biar gimana pernah dikasih rejeki dari 'lumbung' tersebut.

Ngeluh saat kerja, ya wajar. Nggak suka sama 1-2 orang, sah banget. Namanya juga manusia. Emang harus semuanya suka?

Pelajaran yang bisa gue ambil dari semua hal tersebut adalah, belajar bersyukur. Bukan cepat puas, ya. Walaupun perkara easy to please ini masih gue pelajari terus supaya nggak sering-sering begitu.

Ya nggak harus juga semua orang berpandangan kaya gue. Mungkin gue aja yang rasa optimisnya kebanyakan. Atau gue yang terlalu tutup mata sama hal-hal yang berkembang. Tapi bagi gue, menjaga diri sendiri supaya nggak kecemplung ke peta perpolitikan kantor, itu lebih baik. Been there, done that. Dan itu nggak enak.

Kalimat Igun yang selalu gue inget, "kalo berangkat kerja udah males, nggak nyaman, mendingan cari tempat lain". Ya bener juga, daripada kerja dengan bersungut-sungut, malah nggak maksimal. Habis tenaga doang, rejekinya nggak berkah karena ada gerutu di belakangnya.

Just my two cents.

Powered by Telkomsel BlackBerry®
















Friday, August 2, 2013

Mudik, Enggak, Mudik, Enggak..


Setiap menjelang lebaran, pasti ini yang ditanyain. Dan jarang banget bisa dapat jawaban pasti secara cepat. Secara, ya, kami kalo mudik pasti road trip. Jadi emang nggak pusing mikirin tiket, dst dsb. Walaupun berita di pelabuhan itu ngantre panjang, jalanan rusak, atau cuma jalan bertiga, kalo emang jawabannya MUDIK, ya berangkatlah kami.

Akhir tahun lalu contohnya. Udah H-3 akhir tahun, masih belum tau mudik apa enggak. Pas gue lagi main di rumah temannya Langit *biasa, emak-emak kalo libur cari kesibukan*, tau-tau Igun bbm, "kita berangkat yuk malam ini". Jreng.

Kalo gue orangnya penuh persiapan, pasti ogeng. Tapi untung deh, Igun kawin sama gue yang demen tantangan juga. Jadi lah, gue ajak Langit pulang, ngelarin kerjaan yang harus pake laptop (lagi libur pantang buka laptop), packing, terus berangkaaaat!

Pas lebaran tahun lalu juga gitu. H-3 sebelum berangkat baru tau pasti bakal jalan. Ini sih jauh lebih prepare, ya. Haha. Sampe di Merak jam 11 malam, baru dapet kapal nyebrang jam 6 pagi. Hampuuuun.. Kalo gue nggak suka tantangan, pasti bakal misuh-misuh. Untung akal sehat masih bicara. Kalau gue marah-marah, Langit bakal cranky, Igun juga sebel kesannya gue nggak rela diajak mudik. Niatnya silaturahmi, lebaran sama keluarga penuh ketenangan, ntar yang ada malah bete-betean. Enggak deh!

Urusan packing, baik pergi sendiri atau sama Langit, pergi 1 hari atau seminggu, pergi nginep hotel atau camping, nggak pernah repot.
  • Baju tinggal disesuaikan sama jumlah hari berangkat. Spesial Langit, ditambah 2-3 pasang.
  •  Baju tidur, kalo lebih dari 3 hari, bawa 2 pasang.
  •  Secara kalo mudik nginep rumah mertua/ ipar, gue selalu nyuci. Makanya bawa baju pasti yang bahannya ringan supaya cepat kering.
  •  Karena road trip, gue selalu pisahin di 1 tas traveling (padahal mah diaper bag-nya Langit jaman bayi) yang isinya 1 baju ganti gue dan pakaian dalam, 2 pakaian ganti Langit dan pakaian dalam, cardigan/ jaket plus mukena, handuk dan alat mandi.
Diaper Bag andalan

Spesial alat mandi, gue, Langit dan Igun punya 1 kantong masing-masing. Kantong alat mandi ini isinya nggak pernah diganggugugat. Jadi kalo pergi ke mana-mana, 3 kantong mandi ini siap sedia diangkut, ga pake bongkar pasang.
Kiri- kanan: Igun- Lita- Langit (keliatan ga sih, yang paling gede punya siapa?)
  • Igun isinya: sabun cair, shampo (dese kudu pake Pantene anti dandruff), deodoran, cukuran jenggot.
  • Gue isinya: sabun cair, shampo nebeng sama Igun hihi, deodoran, facial wash, daycream, sunblock, losion, toner, night cream, panty liner, obat buat anemia, peniti, jarum pentul, kertas toilet, women's tissue (kok banyak banget, yak)
  • Langit isinya: sabun mandi, bedak buat kalo dia biang keringet (Sumatera panas, cuy!), hair lotion, shampo, sisir, minyak telon, Vicks Vaporub, sunblock, body lotion (banyak juga ternyata).
Kami jarang bawa obat-obatan selama perjalanan. Mungkin terlalu optimis bahwa insyaallah semuanya sehat. Tapi yang harus ya si obat anemia, gue suka keliyengan apalagi kalo road trip kan jarang tidur ya. Nah, tenggak deh. Vicks Vaporub juga wajib. Buat oleh di perut kalo kembung, oles dada kalo nggak enak badan, bahkan digigit serangga juga olesin aja Vicks Vaporub :D
atau dicium-cium gini aja sama bocah ini :D
Gue juga jarang bawa perintilan berlebih, apalagi kalau udah tau di lokasi tujuan mudik (atau jalan-jalan), barang tersebut mudah ditemui. Contohnya Pampers. Zaman Langit masih pake ini, gue jarang bawa banyak. Paling banter 4-5 buat sepanjang jalan. Camilan paling bawa yang ngenyangin, macam roti/ cornflake buat di jalan. Antisipasi kalau-kalau Langit lapar tapi kami masih di tengah hutan :D kalo emak babenye kan udah biasa nahan lapar :p oh, kalo Igun itu nyetir seharian 'obat kuat'nya cuma teh dalam kemasan dan rokok. Walo dia nggak pernah merokok dalam mobil, jadi kalo udah ngantuk banget, minggir sekalian lurusin kaki dan merokok.

Untuk mainan, gue pernah tulis di Mommies Daily. Yang wajib gue bawa cuma buku cerita, scribbler, dan boneka. Sisanya, mengandalkan kreativitas mamaknya ini, tebakan awan, foto-foto, nonton video, dan seterusnya.

Makanya packingan gue maksimal untuk mudik road trip ya cuma koper cabin size, 1 tas ransel Igun (dia lagi, ke Jepang 3 minggu aja bawaannya cuma 1 tas ransel) dan 1 diaper bag. Tambahannya paling bantal-bantal dan selimut ekstra tebal buat tidur di mobil.

Kegiatan favorit kalo mudik: Mandi di Sungai!
Kegiatan wajibnya: Mandi di Pantai!

Nah, udah H minus berapa lebaran, nih?
Kalo ada yang nanya gue mudik apa enggak, jawabannya masih.. "Tunggu tanggal mainnya". Hihi..

Yang mudik, hati-hati di jalan, ya. Kalau bawa mobil sendiri, pas capek/ ngantuk mendingan minggir. Istirahat sebentaran, daripada kenapa-kenapa (knock-knock on the wood).

Have a nice trip. Salam untuk keluarga ya :)

*Isi tulisan ini dibuat berdasarkan kerjasama dengan Vicks Indonesia