Tuesday, July 30, 2013

Setahun yang Lalu..

Lagi di kantor tau-tau kakak gue telpon, "Ta, ke Condet sekarang.."

Gue langsung beberes perabot kantor dan terdiam. Apa benar Ibu (Nenek) sudah nggak ada? Satu kalimat aja udah bikin gue menduga-duga.

Memang, beberapa hari sebelumnya, Ibu kondisinya udah memburuk. Beberapa kali drop dan anak-anaknya ngumpul di Condet, tapi kemudian membaik. Yang terakhir, sejak dini hari nyokap udah ngomong kondisinya nggak juga membaik. Pagi itu juga udah rencana, pulang kantor langsung ke Condet. Ternyata nggak sampe pulang kantor, udah harus ke Condet.

Ibu, di mata gue, jauh dari sosok nenek yang hangat layaknya nyokap ke cucu-cucunya. Malah kalo boleh jujur, Ibu sosok yang judes. Jauh banget dari kenangan gue akan Aki (kakek) yang sangat hangat ke cucu-cucunya. Walaupun nggak menggendong, memeluk atau memuji, tapi Ibu, zaman gue kecil rajin datang ke rumah dan kalau Ibu datang, artinya JAJAN!

Apalagi kalo Ibu udah minta tolong beliin rokok (yap, my grandma was a smoker. So its genetic. LOL), uang kembalian pasti aman untuk kami :D

Sejak Ibu sakit, tahun 98, nyokap full ngurus beliau. Kami sekeluarga pun tinggal serumah di Condet. Selama 14 tahun, gue belajar banyak dari nyokap. Terutama masalah keikhlasan dan kesabaran mengurus Ibu.

Kasih ibu sepanjang jalan dan (katanya) kasih anak hanya sepanjang galah, nggak gue lihat di nyokap. Memang, ada saat dia kesal, marah atau emosi ngadepin Ibu yang semakin lama makin pikun, ga stabil, yah balik lagi jadi anak kecil lah pokoknya. Tapi nyokap sabar dan ikhlas. Bahkan bokap 'ketularan' sabar dan ikhlas nyokap. "Aku nggak sempat urus ibuku waktu beliau ada, Ibu kan juga ibuku", katanya.

Setahun yang lalu, begitu sampe Condet, gue udah nggak mikir apa-apa. Secara biasanya nyokap yang handle segalanya lagi drop, gue langsung ambil alih. Urunan sama sepupu-sepupu buat urus pemakaman, sewa bus, beli bunga, dst dsb. Biar nyokap gue berdamai dengan dukanya.

Hari ini, tepat setahun Ibu nggak ada. Perubahan besar banyak terjadi. Mudah-mudahan membawa kebaikan.

Hari ini, tepat setahun Ibu nggak ada. Apa kabarnya di sana? Mudah-mudahan Ibu sudah bersanding dengan Aki di tempat terbaik di sisi-Nya. Amin.


Powered by Telkomsel BlackBerry®

Monday, July 29, 2013

1, 2, 3, 4, 5 , 6...

Hari ini gue 6 tahunan jadi istri orang :D

0-1 tahun, abis nikah langsung hamil. Bahkan belum ngerasain yang namanya honey moon. Nah, belum 1 tahun nikah, udah punya anak. Lumayan bikin up side down dengan perubahan yang demikian cepatnya..

1-2 tahun, pindah rumah. Ya, jadi ngerasain tinggal sebagai keluarga kecil. Di tahap ini juga gue sempat rasain yang namanya jadi SAHM, kemudian ibu bekerja yang nggak punya pengasuh anak (alhasil nitip anak sana sini)..

2-3 tahun, kok gue lupa 2-3 tahun ini ngapain aja? HAHA! Bedon.

3-4 tahun, hampir ke tahap yang mengubah kehidupan pernikahan. One step colser lah. Tapi ada invisible hand yang mengubah keadaan. Lets do it with bismillah..

4-5 tahun, lebih baik dari sebelumnya. Ada nggak kehidupan pernikahan yang sempurna? Bagi gue, yang ada adalah kemampuan kita bersyukur.

5-6 tahun, yes we still fight. A lot. Tapi coba jalani dengan sepenuh hati. Bismillah..

Nggak berani ngebayangin "grow old with you" ala Adam Sandler. Yang gue tau, saat ini gue masih mampu dan ingin jalani bersama. Entah esok hari, lusa, tahun depan..

Terimakasih Tuhan, atas anugerah yang Engkau berikan pada kami.
Semoga setelah angka 6 di judul, masih bisa diisi dengan angka-angka selanjutnya. Amin.


Saturday, July 27, 2013

Friday the 26th

Hari ini luar biasah!

Cerita secara kronologis, ah. Jarang-jarang kan, ya. Secara ingatannya random gini.

Hari ini emang rencana mau belanja bulanan. Tapi siang kok panas banget plus ngantuk. Akhirnya setelah buka puasa berangkat berdua sama Langit karena Igun ada urusan.

Biasanya belanja di Carrefour tapi karena pengen beli Kiwi Zespri yang konon kata kakak gue lebih murah di Tiptop, maka meluncur ke sana. Mampir di rumah kakak gue dulu untuk ambil celana hasil belanjaan OLS. Pas nyobain eh bagus deh! Harganya murah pulak. Celana cotton stretch gitu, gue beli warna mint. Ih, tsakep!

Kembali ke topik. Setelah hora hore, gue berangkat ke Tiptop yang jaraknya hanya sekitar 5km dari Duren Sawit. Di lamer Pd Bambu, muacetnya amit-amit. Selama 45 menit ga sampe-sampe juga. Tengok temperatur, naik bok! Deg-degan eike. Berhenti dulu akhirnya, nunggu adem. Pas mulai jalan kemacetannya, gue jalan lagi. Jarak 200m, naik lagi temperatur. Akhirnya berhenti total.

Buka kap mobil, berasap. Wuih! Ya udah, diemin dulu beberapa menit. Telpon Igun, dia mau nyusulin... Dari Senayan.

Sambil nunggu, iseng gue buka radiator. Duar! Nyembur :)) as I predicted. Makanya gue buka tutupnya juga pake celana bekas pakai (celana baru langsung dipake, LOL) dan jarak jauh. Untung berhenti deket tukang rokok, jadi beli Aqua 2 botol 1 literan. Langsung habis. Terus aja nunggu Igun. Sekitar 30 menitan, dia sampe. Pake acara kelewatan pulak. Khas Igun, kalo janjian di jalan pasti salah mulu *tepok jidat*.

Mobil beres jam 9.30 malam. Gue langsung jalan pulang berdua Langit, karena Igun harus ke tempat yang lain lagi. Ndilalah, harusnya lewat Duren Sawit, gue kelewatan belokannya. Akhirnya lewat Kalimalang.

Sampe di Radin Inten, kan harus puter balik tuh, ngantrenya lumayan banget. Udah panjang antre, pas giliran gue putbal, eh ada mobil motong dari kiri. Mepet dong, ye. Gue kesel luar biasa. Kata polisi cepek, gue mundur aja, ngalah. Oke.

Si mobil Ford itu abis putbal, berhenti di kiri. Karena gue nggak ngerasa nyenggol, ya gue jalan seperti biasa. Sampe di deket Kapin, tau2 ada mobil nyalip gue. Pas banget macet. Ada orang ketok kaca, nyuruh gue minggir. Ya gue minggir, lah.

Pas buka kaca, dese langsung nyerocos panjang lebar. Nuduh gue kabur abis nabrak blablablabla..

HEH!
Gue nabrak kucing aja tanggungjawab! Walaupun Igun yang gue suruh ngurus :D

"Bapak tau kenapa saya tadi tetap maju? Karena bapak motong jalan saya. Tau nggak berapa lama saya dan mobil di belakang saya ngantre? Itu melanggar hak pengguna jalan, Pak!"

Dia malah marah-marah, katanya itu alibi segala macam. Sekarang mobilnya dia kena, gimana.

Gue kasih kartu nama, "Ini kartu nama saya, kalo ada kerugian, bapak bisa hubungi saya. Saya pasti akan ganti. Yang jelas-jelas saya salah aja pernah saya urusin kok. Apalagi ini yang jelas-jelas bapak juga salah!".

Sombongnya manusia, "Bukan masalah ganti rugi, mobil kamu juga bisa saya beli!"

DAR!
"Iya saya tau mobil bapak emang jauh lebih bagus. Terus sekarang bapak maunya apa? Saya minta maaf? Oke. Kalau menurut bapak saya salah, saya minta maaf. Terima nggak? Tapi apa ada kata maaf dari bapak karena potong jalan saya dan mobil lain?"

"Pak, saya nih, SIM, KTP, segala macam aja saya urus sendiri, lampu merah saya berhenti, putbal di tempat seharusnya, lari dari tanggungjawab nggak ada dalam kamus hidup saya"

Dese diem, temennya nyerocos. "Maaf ya pak, saya ngomong sama bapak yang ini", gue nunjuk ke pengemudi.

Si bapak bawa-bawa gue berjilbab lah, ibu-ibu, dst dsb yang menurut gue nggak ada kaitannya. "Istri saya juga perempuan, nggak akan saya kasar". Gue jawab, "suami saya juga laki-laki, kalo salah ya minta maaf".

Akhirnya gue minta nomor telponnya. Sama dia dikasih kartu nama. Jabatannya: Direktur. #okesip.

Jabatan lo CEO/ VP atau apalah menurut gue tetap nggak boleh sih motong jalan orang lain. Itu baru urusan di jalan, apa kabar dia ke karyawannya? Jangan-jangan potong sana sini juga *suudzon*.

Mudah-mudahan hasil 'ceramah' gue ke dia bermanfaat deh ke depannya supaya lebih bijaksana di jalan (dan di kehidupan). Amin.


Powered by Telkomsel BlackBerry®

Wednesday, July 24, 2013

Sepenggal Kisah #HandInHand

Bulan Mei lalu waktu ke Nias, ada sebuah cerita yang awalnya enggan gue bagi. Kenapa? Takut dikira riya atau pamer. Kenapa gue merasa begitu? Karena memang sudah ada yang bicara demikian (gue pernah post judulnya Show Off).

Tapi berhubung udah kejadian juga campaign-nya (thanks to Yuna dan tim dari Tango), jadi kayanya gue akan cerita lagi deh. Sebenernya udah gue ceritain juga di Mommies Daily yang judulnya Merindukan Yang Terlupakan.

Pas diajak lagi ke Nias, hal pertama yang gue pikir adalah "bawa apa ya ke sana?". Mungkin gue beruntung, bisa kepikiran kaya gitu karena gue udah pernah ke sana. Waktu ke Nias pertama kali, ga tau medan seperti apa. Alhasil hanya bisa berempati dengan kondisi di sana. Tapi, alhamdulillah berangkat sama teman-teman media yang berinisiatif tinggi. Salah 1 dari kami mengusulkan untuk patungan ala kadarnya untuk kemudian dititipkan lewat OBI bantu dikit-dikit untuk anak-anak di sana.

Kenapa sampe begitu?

Kondisi di sana sangat menyedihkan. Terlalu kompleks. Mengenai kesehatan dan gizi, ya sudahlah. Ada Tango Peduli Gizi yang mengurus. Tapi masalah lainnya, seperti pakaian yang layak, pendidikan sampai mainan, gimana?

Kembali ke perjalanan ke dua.
Gue sempat bbm Fera (child fruit-nya Yuna), kalo mau bawa sesuatu, boleh nggak? Boleh, katanya. Apa? Apa ya, gue juga nggak tau.

Sampai H-1 udah banyak pengennya. Bawa ina itu, tapi gue pendam sendiri. Gue nggak mau jadinya ribet, banyak yang omongin, dst dsb.

Lalu pas packing, gue lihat Langit lagi main. Ah, enaknya Langit. Mainan banyak, rumah nyaman, baju bagus-bagus, makan pun nggak usah mikir.

Oke, gue bawa mainan. Kenapa? Pertama, mainan Langit banyak yang udah nggak dipake. Umurnya baru 5th, berarti mainannya juga baru berumur lebih sedikit dari dia. Artinya, masih layak, insyaallah. Kedua, anak dan main nggak bisa dipisahkan. Dengan atau tanpa barang, pasti mereka akan main. Kalau di sini banyak barang nggak dipakai (yang masih layak), kenapa nggak dikasih ke orang yang memang butuh? Supaya nilainya lebih.

Alhamdulillah lagi, boleh sama yang punya :')
Benar-benar seadanya, gue bawa sekardus. Kata mbaknya Langit, "kaya mau mudik bawa kardus". Hehe, ya kalo dipikir gengsi, iya juga mosok bawa-bawa kardus. Tapi ya sudahlah.

Sampe di bandara, langsung serahterimakan pada Fera. Udah selesai tugas gue, itu yang gue pikir.
Sampai di Nias, Fera ngingetin mau kasih mainannya kapan? Gue bilang, terserah. Udah gue serahkan ke Fera seutuhnya. Jadi gue benar2 nggak tau keberadaan kardus tersebut.

Di lokasi pertama, nggak taunya Fera bawa. Rumah itu luasnya cuma 2x3, dihuni 1 keluarga yang anaknya 5! Can you imagine? Sama Fera dikasih mainan-mainan itu, dan langsung mereka peluk erat, seakan nggak mau dipisahkan.

rumahnya ya segitu-gitunya :(

Gue masih cuek. Pas lokasi berikutnya, baru hati gue bergetar (ciyeh). Ketika Fera bagiin mainan, ada 1 anak yang gue perhatiin sangat sumringah. Anak perempuan itu berbaju lusuh. Boneka kodok yang bahkan dari pertama Langit miliki nggak digubris, dipeluk, dipamerin ke semua orang dan dicium terus menerus :')
Gue merasakan suatu perasaan yang luar biasa waktu melihatnya. Gue pengen bagi perasaan gue. Sempat dia gue foto candid, lalu gue share di instagram.

:')

-setelahnya gue ngerasa, pamer ga ya, gue?-
Tapi ternyata foto itu banyak mengundang komentar. Adis komplen, kok ga dikasih tau kalo bawa mainan2 ke sana? Dan banyak lagi yang bilang mau ikutan kasih mainan kalo ada kesempatan.

Sepulangnya dari lokasi itu, gue jalan beriringan sama Yuna. Gue tunjukin foto si anak, terus kami terharu berdua. Obrol-obrol, kenapa kita nggak bikin sesuatu? Sesuatu yang bisa bikin orang-orang terdekat kita merasakan perasaan yang kami rasakan. Perasaan magis yang muncul saat kita memberi. The miracle of giving..

Sejak Mei lalu ke Juni, bolak balik, jadi nggak bikin sesuatu sama Yuna. Sampe titik Yuna bilang, bikin apa yuk di Hari Anak Nasional. Gue tetap ingin ada misi untuk anak-anak Nias, gayung bersambut. Let's do it!

Kenapa sih, Nias? Di Jakarta juga banyak anak-anak begitu.

Ya, betul. Tapiii, Jakarta dekat kan? Tinggal buka jendela mobil, pasti lihat anak jalanan. Tinggal melongok kampung belakang perumahan kita, pasti ada. Makanya dekat dan mudah dijangkau. Setiap hari, kita bisa kasih sesuatu ke mereka.

Ke Nias, karena di sana nggak ada yang mikirin itu. LSM atau perusahaan besar, menitikberatkan pada gizi, itu pasti.

Nah, urusan remeh temeh macam mainan, buku cerita atau baju, kenapa nggak kita yang mikirin? Mumpung ada 'kendaraan' ke sana, yaitu Tango Peduli Gizi. Kita bisa menitipkan tanda sayang kita ke anak-anak di sana lewat mereka. Kenapa enggak? Kenapa nanya? :D

Jadi, yang kemarin ketinggalan acara buka puasa bersama di fCone yang sekalian meluncurkan campaign #HandInHand, masih bisa lho nitipin mainan/ buku cerita/ pakaian layak guna untuk anak-anak kita di Nias. Boleh dititip ke kantor Female Daily di Jl. Kemang Raya no 2 atau ke kantor OT (Tango) di Cengkareng.

Harus banyak barangnya? Enggaklah. Buat apa banyak-banyak kalo nggak ikhlas? 1 saja tapi kalau niatnya suci dan penuh keihlasan, insyaallah berkah :)

Jadi, yuk berbagi selama kita masih bisa :)

Powered by Telkomsel BlackBerry®

Monday, July 22, 2013

Puasa Karena Niat



"Aku nggak mau puasa, nanti kalo aku lapar gimana?"

Itu kata Langit waktu gue ajakin dia puasa. Haha. Yah, gue nggak mau maksa/ ambisius bikin dia puasa di usianya saat ini.

Menurut gue, yang namanya ibadah, puasa dan sholat lah, misalnya, memang harus dari hati. Nggak bisa dipaksain, nggak bisa diiming-imingi hadiah atau apapun.

Gue inget banget, sejak kecil, nyokap bokap gue nggak pernah maksain gue atau kakak gue untuk puasa. Alhamdulillah, sejak pertama kali puasa, di kelas 1 SD, gue langsung full. Nggak pake yang buka puasa di dzuhur terus nyambung lagi gitu. Dan saat itu juga cuma bolong 3 kali seinget gue. Puasa kemudian udah jadi bagian dari diri gue. Seumur hidup, batal puasa ya kalo lagi haid aja. Sisanya, alhamdulillah puasa. Eh, sama pas hamil dan nyusuin puasanya bolong-bolong deh :D

Eh, pernah deh, zaman masih kerja di PH yang pressure fisiknya gila-gilaan, gue beneran nggak sanggup. Kami ada live jam 3, jam 1 gitu gue tepar di mobil menuju ke stasiun tv tersebut. Teman-teman gue udah bilang supaya gue batalin puasa. And you know what I did? Gue telpon nyokap, "ma, kayanya nggak kuat nih puasa. Batalin aja ya". Dan usia gue saat itu 23 tahun. LOL.

Batalnya gue puasa dulu karena memang kondisi badan nggak fit. Standar anak PH, deh, begadang akibat ngedit materi terus juga makan nggak teratur. Oh, betapa hidupku zaman dulu itu sangat tidak sehat.

Setelah itu, kapok deh gue sama yang namanya bulan puasa tapi makan nggak beres. Soalnya kan aktivitas tetap seperti biasa. Malahan dulu itu kalo bulan puasa, program TV yang dipegang bisa dari live sahur sampai buka puasa. Belum lagi program mingguan yang memang udah jadi tanggung jawab gue. Manaan kalo live di studio dinginnya minta ampun. Alhasil, pilek mah cepet banget menyerang diriku! Ada salah satu sahabat gue yang talent coordinator, dia akrab banget ke mana-mana selalu bawa Vicks Inhaler. Gue suka bilang dia kaya mbah-mbah karena sering ngirup-ngirup si inhaler begitu kedinginan dan hidungnya mampet. Dia bilang, ini cara jitunya dia karena puasa nggak minum obat. Nah, sekarang gue ketulah, ke mana-mana juga bawa si Vicks Inhaler. Secara, ya, gue ada sinus jadi udara dingin sedikit udah pasti hidung bumpet. Haha.

Masih ada yang make inhaler ini nggak? #SeriusNanya


Balik ke topik utama, ngajari anak puasa sejak dini?
Ya, mungkin di beberapa kasus akan kepake. Tapi gue pengen, Langit tau puasa itu wajib dan dia MAU menjalankan itu. Bukan karena ibunya puasa atau nggak enak sama orang lain.

Makanya kalo sekarang, sih, gue lebih ke bercerita puasa itu apa, sahur itu ngapain, buka puasa itu kapan. Dan, percaya nggak percaya, dia kalo siang yang ada malah nggak pernah makan/ minum. Jadi ya, layaknya orang puasa aja. Menjelang maghrib, baru deh, dia sibuk minta kolak, teh manis, dsb. Padahal kalo ditanya puasa apa enggak, ya dia jawabnya "nggak puasa", haha. Padahal kan bantuin emaknya #pencitraan dikit kenapa, sih, bilang puasa, gitu. Hihihi.

*tulisan ini dipersembahkan atas kerjasama penulis dengan Vicks Indonesia

Saturday, July 20, 2013

Watch Your Words!

Ini bukan ke anak, melainkan ke orangtua.
Gue mungkin bukan anak paling sopan sedunia. Tapi gue punya rasa nggak enak yang cukup tinggi dipadukan rasa sayang ke orangtua, jadi insyaallah gue mengerem kata-kata yang gue sampaikan ke orangtua.

Demikian juga ke mertua atau keluarga suami. Gue termasuk yang sangat menjaga sikap dan omongan. Bukannya jaim, gue ya tetap gue. Apa adanya aja.

Yang gue maksud jaga sikap adalah, gue berusaha netral jika melihat ada kejadian yang sebenarnya nggak sreg di hati. Apalagi jika hal tersebut nggak ada kaitannya dengan diri gue/ keluarga secara langsung.

Pantang bagi gue ngomongin atau ikut kasak kusuk mengenai keluarga suami dengan orang lain. Kenapa? Karena gue tau, pasti nggak enak banget perasaannya kalo keluarga gue dikasak-kusukin sama orang lain. Kalo ada orang lain yang ngomongin, ya gue hanya dengerin (khas gue, pendengar yang baik) tapi berusaha nggak melontarkan komentar yang nantinya malah memancing opini berlebih.

Makanya, gue sangat heran melihat salah satu kawan gue yang bisa-bisanya ngomongin mertua dia ke keluarga si mertua. Ngomonginnya yang bergosip pula. Haduh, danger banget lho, IMHO.

Pertama, dia ngomongin ke adik/ kakak kandung si mertua, yang notabene jalinan darahnya lebih kuat. Kalo ceritanya ke orang lain, beda cerita, ya. Jatuhnya curcol, kali. Belum tentu kenal juga :D

Kedua, dia baru masuk ke keluarga itu sekitar 1thn? Apa yakin dia udah diterima secara penuh oleh keluarga besarnya? (Warning: di Indonesia, pernikahan nggak hanya 2 orang, tapi antara 2 keluarga)

Ketiga, perumpamaan: dari 10 orang yang kita kenal, lo yakin nggak semuanya setuju sama pendapat lo? Suka dengan opini lo? Go ask yourself. Kalo pertanyaan ini ditanyakan ke gue, maka gue bisa dengan yakin jawab: ENGGAK.

Namanya manusia, beda pendapat, opini, pandangan, latar belakang, dsb bisa memengaruhi suka atau tidaknya dengan orang lain atau pendapat orang tersebut, kan?

Keempat, rasanya gue pengen ngomong ke temen gue ini, "kalo mertua lo nggak ada, suami lo juga nggak ada, oy!". Ketika menikah, maka ortu pasangan otomatis jadi ortu kita.

Perangainya buruk? Sifatnya jelek? Ya, terima sajalah. Selama tidak merugikan. Tetap hargai, IMO.

Sekali lagi, mungkin gue bukan anak tersopan di dunia. Mungkin gue bukan menantu ideal sedunia (secara ga bisa masak, ngurus suami masih berantakan, dsb dst), tapi insyaallah gue jaga lisan gue sebanget-bangetnya tentang mereka.

Bukannya mau ngajarin, tapi jujur ini tulisan cuma karena lagi gemes aja dengan seorang kawan. Someday I'll scream to you, my friend. Tunggu aja tanggal mainnya *ceile*

Good night!
Powered by Telkomsel BlackBerry®

Friday, July 19, 2013

Ibu-Ibu Cacar Air :D

Gue sampe lupa, udah pernah nulis tentang ini belum ya? Hihi.
Udah lama banget sih gue kena cacar air, sekitar bulan April (apa Mei) gitu.
Kok, udah dewasa (baca tua) bisa kena cacar air?
Ya bisa lah. Dulu waktu kecil, gue ga keluar semua cacar airnya. Dan ternyata virusnya cacar air ini bisa menyerang lagi walau udah pernah kena, tapi bertransformasi jadi herpes. Jadi, kalau ada yang bilang udah pernah kena, lalu ga bakalan kena lagi, jangan sedih, bisa lagi lho :D
Awalnya adalah, di kantor gue pas di kamar mandi, lihat muka gue ada bentol-bentol merah. Gue pikir, "halah, alergi kayanya". Terus mulai mikir abis makan apaan ya?
Beberapa hari sebelumnya memang badan gue sempat panas tinggi. Tapi ya sudah, prinsip 'kalo belum tepar tetap aktivitas seperti biasa' gue jalanin.
Sampe rumah, badan jadi gatal-gatal, pas gue pegang di tengkuk, ada benjolan bintil gitu. Minta lihatin sama Marti, "mbak, ini kayanya cacar air". Darrr! Gue bebersih ganti baju, ternyata udah banyak x_x
Besoknya langsung muncul semua itu bintil cacar air. Dan yang terparah terbanyak, di..... MUKA x_x
Akhirnya:
- bbm Iis, sahabat gue yang dokter, nanya obat dan apa perlu ke dokter. Langsung dia resepin obat, ternyata bisa dibeli bebas. Maap lupa nama obatnya, tapi 1 obat minum dan 1 salep acyclovir.
- pisah kamar sama Langit dan Igun, karena dua-duanya belum kena cacar air.
- banyak minum air, minum madu, makan buah supaya jaga stamina dan kurangi makan protein hewani, konon bisa bikin cacarnya gatal/ berbekas.
- iket rambut ke belakang kenceng2, supaya ga ke muka dan bikin gatal, ntar ngegaruk malah bebekas.
- mandi pake rebusan daun sirih dan air pk bergantian.
Sekitar seminggu nggak ngantor, diem aja di rumah, bentol2nya kempes. Tinggal bekasnya. Ini bikin deg-degan, takuuuut banget bekasnya luar biasa.
Abis itu langsung rajin pake krim, serum muka dan losion badan banyak-banyak untuk bantu regenerasi kulit plus kelembapan.
Salah satu serum yang gue pake adalah Sisley Phyto Blanc (yang mehongnya najong). Gue sempet ngebatin, "kalo nih serum nggak mempan juga, ga percaya gue sama harga mahal".

*foto atas di hari terakhir sebelum ngantor, yang bawah diambil beberapa minggu yang lalu. Lumayan kan hilangnya? Fotonya cuma diedit pake camera 360 supaya pori-pori muka nggak #terpampang_nyata :)) bekas cacar mah ga diedit samsek :)


Amazingly, pas masuk kantor, menurut beberapa orang bekas cacar air gue sangat mendingan. Nggak sampe bopeng-bopeng (knock-knock on the wood) layaknya bekas cacar. Alhamdulillah.
Fyi, selama menderita cacar air, gue ga pake losion, sabun mandi, bahkan nggak bersihin muka. Haha, parah banget dah! Ternyata, bersihin muka nggak apa, lakukan seperti biasa, supaya malah nggak jadi jerawat. Untunglah gue ga bersihin muka tapi selalu cuci muka pake rebusan daun sirih, jadi ga jerawatan juga sih.
Terus, sama Iis malah dilarang minum air kelapa ijo yang katanya bantu penyembuhan. Karena air kelapa ini kadang efeknya malah bikin bentolnya keluar banyak banget. Yang harusnya nggak keluar, malah keluar banyak. Humm, alhamdulillah deh, nggak melaksanakan hal tersebut.
Selang beberapa bulan, bekas cacar air di muka 90% udah ilang. Di badan, tinggal 70% bekasnya doang. Mari kita ucapkan, alhamduuuulillah :)

Powered by Telkomsel BlackBerry®

Tuesday, July 16, 2013

Mencari Sinyal



Langit kecil bisa dibilang bukan bayi yang anteng. Kalo mau tidur, harus sambil nempel ke gentongnya alias nenen. Otomatis, gue kudu stand by kalo dia mau tidur. Pas gue kerja? Otomatis PR besar buat nyokap (waktu kami masih numpang di rumah beliau) atau pengasuhnya. 

waktu baby mau digendong sama salah satu sahabat gue aja mukanya udah jeba jebi kemudian byar... mewek! :))
Sampai usia di bawah 8 bulan, Langit mau nyusu ASIP dari botol. Alhamdulillah nggak bingung puting. Jadi proses tidur lumayan terkendali.

Di atas usia tersebut, Langit menolak minum ASIP dari botol, jadi deh pengasuhnya harus putar otak kalo Langit rewel karena ngantuk. Digendong sambil digoyang-goyangin (bahasanya 'dieyong') itu nggak mempan. Alhasil, si pengasuhnya ajak jalan iseng-iseng bolak balik dari ujung ke ujung gang dan bisa tidur. Atau diajak keliling naik ojek. Sampai sekarang, Langit tenar di kalangan tukang ojek. LOL. Apa kalau udah tidur bisa ditaro di tempat tidur? Oh, tentu tidak. Once in a blue moon aja, rasanya. Jadi, ya, kalo udah tidur, tetap dalam posisi digendong. Kalo dipikir-pikir, alangkah nyusahinnya anak gue ini zaman bayi.

Awal-awal kelahirannya, ortu dan tetua-tetua menganggap Langit rewel karena lapar. Standar lah, apalagi anak gue ng-ASI. Sampe-sampe bokap gue bilang, "kalo nggak mau nyusuin anaknya, papa beliin susu aja!". Darr! Ngamuk dong, gue.

Karena berdasarkan berbagai sumber, bayi rewel bukan hanya karena lapar. Bisa jadi ngantuk, nggak nyaman, kedinginan/ kepanasan, ada yang dirasa sakit atau simple, kembung perutnya.

Semakin Langit besar, kerewelannya berkurang. Apalagi kan dia sudah bisa berkomunikasi, ya. Walaupun kadang sinyal yang diberikan salah, hehe. Namapun bocah, maksudnya ngantuk tapi dia repot minta makan dengan menu mengada-ada. Atau GTM alias Gerakan Tutup Mulut yang #cetar_membahana di kalangan ibu-ibu padahal karena gigi mau tumbuh atau perutnya nggak enak. Sebenarnya di sini kita sebagai orangtua bisa sambil ngajari anak supaya dia kenal sama sinyal tubuhnya.
Kalau waktu bayi lebih berhati-hati, karena ia masih ASI eksklusif, pas udah masuk usia toddler, lumayan bisa dicoba pake obat-obatan. Tapi alhamdulillah, karena nggak ngefans sama obat dan dokter, maka gue biasanya home treatment aja. Bukannya sotoy, ya. Tapi emang nggak ngefans aja #sikap

Langit usia sekarang juga sudah bisa banget komunikasi. Kalaupun nggak dikomunikasikan, gue makin bisa membaca sinyal yang dikirimkan, misalnya:

  • matanya udah ngantuk, kekeuh nggak mau tidur. Dia bakal mulai ketawain berbagai hal nggak jelas. Kaya orang lagi fly, haha. Seriusan! Segala macam dia ketawain. Kalo udah gini, bisa-bisanya gue deh giring dia ke kamar mandi untuk ganti baju, sikat gigi dan bebersih, kemudian bacain 1 buku cerita, dijamin langsung merem.
  • nggak mau makan nasi tapi ngemil melulu. Nah, ini biasanya dia bosen. Entah bosen suasana makan di rumah terus (maklum ibunya kerja, jadi pergi cuma bisa akhir pekan) atau perutnya nggak enak. Kalau udah begini, solusinya cuma dibiarkan dia mau makan apa aja/ nggak makan sekalian (toh biasanya besok pagi-pagi dia bangun minta makan karena lapar. Sekalian mengajari konsekuensi nggak makan itu laper), ajak makan di luar atau beliin makanan yang dia minta. Kalau perutnya kembung biasanya dia suka tepuk-tepuk perutnya, "perutku nggak enak", ini paling gampang. Olesin Vicks Vaporub, kelar. Entah karena sugesti atau apa, biasanya langsung anteng. Mungkin efek kandungan menthol dan eucalyptus Vicks Vaporub bikin badannya hangat dan nyaman, ya.
  • di tempat baru tiba-tiba rewel. Ini agak jarang, sih. Langit jarang rewel, palingan dia hanya akan "maunya sama ibu" aja. Nah, kalo begini, biasanya akan gue biarkan Langit sama gue beberapa saat. Sambil gue kenalin ke tempat/ orang-orang yang ada di lokasi tersebut. Kalo dia mau gabung sama yang lain, syukur. Enggak juga nggak apa-apa. Gue sih nggak mau sibuk cari alasan ke orang lain kenapa anak gue nggak mau main, misalnya. Karena, ya, kadang kita yang dewasa kalo lagi nggak mood sama orang baru, juga nggak mau gabung, kan?

Apa lagi, ya?
Intinya, sih, bagi gue, kalo anak rewel kita harus bisa baca sinyal yang dikirimin si anak. Dulu Bu Elly Risman sempat ngajari juga bagaimana baca sinyal yang dikirim anak. Kita bisa lihat dari ekspresi muka (alis, dahi, mulut), tubuh (tangan mencengkram, kaki menegang, dsb), nada tangisan, dan lain sebagainya.

Jadi, daripada kesal atau malah ikut marah karena nggak ngerti sinyal yang dikirim anak, mendingan kita mengenali anak dulu, deh.

Ih, sotoy, ya, gue. Masa suruh kenalin anak? Ya pasti pada kenal, kan?

Maksud gue, kenali anak lebih dalam. Gimana sih ekspresinya kalau marah, sakit, dsb? Gimana gerak tubuhnya saat dia lagi mikir atau ketakutan? Dsb. Karena setiap orang kan beda-beda. Yang satu mungkin akan megang-megang bibir saat berpikir serius, sementara yang lain akan menggabungkan kedua tangannya kalau lagi cemas.

Nah, udah tau belum sinyal anaknya masing-masing?

*tulisan ini dipersembahkan atas kerjasama penulis dengan Vicks Indonesia

Monday, July 15, 2013

Music Monday: Just Give Me A Reason

Music Monday hadir kembali. Kali ini lagu (apa lagi?) menggalau bersama P!nk. Simak kata per katanya, deh. Apalagi pas bagian: 
I'm sorry I don't understand
Where all of this is coming from
I thought that we were fine
Silakan disimak, kak...

Right from the start
You were a thief
You stole my heart
And I your willing victim
I let you see the parts of me
That weren't all that pretty
And with every touch you fixed them

Now you've been talking in your sleep, oh, oh
Things you never say to me, oh, oh
Tell me that you've had enough
Of our love, our love

Just give me a reason
Just a little bit's enough
Just a second we're not broken just bent
And we can learn to love again
It's in the stars
It's been written in the scars on our hearts
We're not broken just bent
And we can learn to love again

I'm sorry I don't understand
Where all of this is coming from
I thought that we were fine
(Oh, we had everything)
Your head is running wild again
My dear we still have everythin'
And it's all in your mind
(Yeah, but this is happenin')

You've been havin' real bad dreams, oh, oh
Used to lie so close to me, oh, oh
There's nothing more than empty sheets
Between our love, our love
Oh, our love, our love

Just give me a reason
Just a little bit's enough
Just a second we're not broken just bent
And we can learn to love again
I never stopped
You're still written in the scars on my heart
You're not broken just bent
And we can learn to love again

Our tear ducts can rust
I'll fix it for us
We're collecting dust
But our love's enough
You're holding it in
You're pouring a drink
No nothing is as bad as it seems
We'll come clean

Just give me a reason
Just a little bit's enough
Just a second we're not broken just bent
And we can learn to love again
It's in the stars
It's been written in the scars on our hearts
That we're not broken just bent
And we can learn to love again

Just give me a reason
Just a little bit's enough
Just a second we're not broken just bent
And we can learn to love again
It's in the stars
It's been written in the scars on our hearts
That we're not broken just bent
And we can learn to love again

Oh, we can learn to love again
Oh, we can learn to love again
Oh, oh, that we're not broken just bent
And we can learn to love again

Oh, ini videonya. Ih, seksi banget deh video ini :p

Tuesday, July 9, 2013

Family Pictures

Gue belum pernah foto serius di studio. Selain untuk pas foto :D
Eh, pernah sekali thn 2005 kalo ga salah, untuk majalah Cita Cinta. Ciyeeeh, sekalian pamer pernah masup majalah :))

Nah, kalo biasanya keluarga-keluarga muda Indonesia rajin bikin foto keluarga yang cakep-cakep, gue mah kagak. Bukannya nggak pengen, tapi secara suami dan banyak bener temennya yang fotografer, kayanya sayang 'buang duit' buat foto doang. Bilang aje pelit :))

Terus, udah lah gue dan suami suka fotografi juga, alhasil foto kami cuma ada 2 tipe. Gue sama Langit atau Igun sama Langit.

Tapi ternyata, pengen juga punya foto bertiga. Apalagi pas Langit sekolah, pernah ada tugas ngumpulin foto keluarga. Doeng, bingung cari-cari foto yang ada :))

So here are some our 'family pictures'



ini yang motoin Marti lho!




Iya, kan? Nggak ada family picture yang decent dan cantik, hahaa!


Friday, July 5, 2013

Benda Wajib!

Kemaren gue sempat dapet banyak pertanyaan, kok Langit udah mulai sekolah aja?

Jadi begini ceritanya. Kebetulan sekolah Langit udah libur lebih dulu, yaitu sejak tanggal 11 Juni. Nah, tanggal 1 dan 2 Juli ini adalah masa orientasinya *ceile, macam OSPEK gitu, haha*. Nanti jadi liburan sebelum lebarannya dia bakal lebih duluan.

Memang, sih, liburan tahun ini kami batal ke mana-mana. Awalnya tanggal 29 mau ke Bandung, eh nggak jadi. Karena Igun ada syuting ke luar kota. Lalu, mau mudik juga sebelum puasa, batal lagi. Karena pekerjaan, duh, kasihannya anak gue, huhuhu.

Tapi ada kebetulannya, sih, seperti yang gue ceritain, keluarga kami emang lagi nggak fit semua. Jadi biar aman, ya sudah nggak ke mana-mana dulu, deh. Jalan-jalan dalam kota aja, macam ke Car Free Night, main sama temannya atau ikut gue ke kantor, hihihi.

Kalau gue traveling, biasanya gue akan packing barang se-ringkas mungkin. Tapi kalau sama Langit, kayanya nggak mungkin ringkas. Haha! Walaupun, Alhamdulillah, nggak serempong orangtua pada umumnya. Kebetulan sejak kecil, gue dan suami nggak suka bawa stroller, Langit belum bisa jalan, ya kami gendong. Ketika sudah bisa jalan, ya jalan kaki lah, dia. Untungnya, ni anak keliatan lumayan tahan banting. Jalan kaki, road trip, camping, ya sehat-sehat aja *sujud syukur*.

Meskipun demikian, ada beberapa barang yang wajib gue bawa kalau pergi bawa Langit. Versi sederhananya:


  • Tisu basah. Ini wajib banget dah. Emang kesannya kurang cinta lingkungan karena tisu basah bisa menghasilkan banyak sampah, kan. Tapi, ini berguna banget untuk lap tangan yang kotor entah kena apa (terutama makanan yang suka lengket-lengket gitu, lap ingus kalo lagi pilek karena tisu kering suka bikin sisi hidungnya luka)
  • Baju ganti. Ya, kita nggak pernah tau baju anak itu bakal kena apaan aja, ya. Kadang-kadang suka heran, kok ada noda di bagian-bagian yang bahkan nggak kebayang saos tomat atau cokelat bisa nempel di situ.
  • Obat-obatan. Ya nggak obat juga, sih. Tapi semacam kaya vicks vaporub itu wajib banget. Namanya lagi pergi jalan-jalan, ntar telat makan lah, perut kembung lah, atau hidung tersumbat, kayanya mungkin banget terjadi. Dua benda ini selalu gue bawa, kalau pergi sama Langit. Kebetulan juga anaknya demen kalau dipakein vicks, mungkin efek 'anget-anget dingin' yang disebabkan sama menthol-nya itu menyamankan dia, ya. Jadi kalo udah mulai bosen karena macet, misalnya, Langit akan ngeluh adaaaa aja, yang perutnya sakit lah, mau pup, kembung, dan lain sebagainya. Gue tinggal olesin ini aja, kelar!
  •  Karet pengikat rambut. Anak gue ini, ya, rambutnya nurun banget dari emak bapaknya, keriting dan banyak! Tapi, dia nggak mau rambutnya dipotong. Kadang-kadang kalau nggak berhasil dibujuk, dia nggak mau rambutnya dikuncir. Yang ada ribet dan gerah gitu ngelihatnya. Jadi, gue selalu bawa likat rambut ke manapun gue pergi. Sampe-sampe mbaknya Langit di rumah kemarin ini beresin tas gue, dan pas ngumpulin ikat rambut ada seplastik sendiri! haha!
  • Kamera. Wah, ini mah wajib juga. Namanya juga ibu-ibu yang savvy, ceilee! Iya, dong, anak gue main, anak gue makan, anak gue napas, kudu gue foto! Hihihi, nggak deh! Emang kebetulan kan pekerjaannya berkaitan dengan dunia ibu-ibu, ya, kalau pergi sama anak gue wajib banget bawa kamera. Karena, jujur aja, sering banget kalo lagi mentok sama bahan tulisan, gue akan menulis berdasarkan foto yang gue punya (ide nih, buat ibu-ibu yang suka writer's block- nah, ini ntar gue share di tulisan terpisah, ah!)
Sejauh ini kayanya itu doang yang wajib gue bawa kalau pergi sama anak. Nggak heboh, kan? Jarak dekat atau luar kota yang pulang hari macam ke Bandung, Bogor atau Puncak, ya biasanya itu doang, sih. Kalau makanan atau air minum, walaupun ini wajib, tapi selama ada mini market di pinggir jalan bertebaran, hidupku terasa tenang!

*tulisan ini dipersembahkan atas kerjasama penulis dengan Vicks Indonesia

Powered by Telkomsel BlackBerry®









Tuesday, July 2, 2013

Today's Outfit: Brown and Black

Ini udah lama banget kayanya TO, tapi lupa mau bikin postingannya.


Bajunya mah standar. Gue mau ceritain kerudungnya aja.

Jadi suatu hari Igun mau beli jam tangan. Udah muter-muter ke beberapa toko, tapi nggak nemu juga. Ya sebenernya nemu, pengennya Tag Hauer, tapi duitnya yang nggak nemu. LOL.

Akhirnya, beli Timberland sajah, di Debenhams (apa Sogo?) Kota Kasablanka. Nah, pas dia lagi sibuk milih-milih, gue iseng ngubek-ngubek bagian topi, masih terobsesi jadi Gwen Stefani rupanya, haha. Lalu, gue nemu si beany atau disebut kupluk rajutan ini. Eh, lagi buy 1 get 1, lumayan. Beli aja dulu, kalo nggak cocok, ya sutralah :p

Sampe rumah, gue cobain, kan. Terus bolak balik tanya sama Igun, aneh nggak pake ini? Dia jawab, "ya aneh, sih kalo pake kerudung itu tapi bawahnya celana pendek". Zzzz....


Monday, July 1, 2013

10 Years

Kemarin gue kembali nyetok DVD, setelah sekian lama nggak nge-DVD. Pas lagi pilih-pilih, mata gue terpaku pada 1 DVD berjudul 10 Years. Baca sekilas, ternyata tentang reuni SMA setelah 10 tahun. Yah, nggak terlalu spesial, sih, memang.

Begitu nonton filmnya juga nggak dahsyat-dahsyat amat. Seru dan menghibur aja.

Cuma yang pasti jadi bikin gue mikir, 10 tahun ke depan gue bakal kaya apa, ya? Usia bertambah, itu mah udah pasti. Mutlak, bo. Yang lain-lainnya? Gimana penampilan, pemikiran, pekerjaan, dsb dst.

10 tahun yang lalu, gue masih 22 tahun. Udah kerja di Komando, sambil kuliah. Saat itu gue lagi senang-senangnya banget lah, menikmati kehidupan, kata orang.

Di masa itu, gue udah punya pacar tapi bisa jalan sama orang (orang)lain. Orang (orang), karena lebih dari 1. Haha! Seru abis.

Dunia gue berputar di kantor. Kerja dan main, ya di kantor. Tengah malam jalan ke Menteng karena pengen makan pecel ayam, nongkrong di Gultik, dsb dst.

Pernah kepikiran nggak, bakal menikah dan punya anak?
Saat itu, enggak.

But, here I am.
Punya anak dan menikah.
(Kebalik ya, harusnya nulisnya menikah dan punya anak. Oh, well)

Btw, dari film itu gue bisa ambil pelajaran:
- kalo lo belum siap untuk tau kaya gimana pasangan lo 10 tahun yang lalu, mending nggak usah ikut reuni-reunian. Di film ini ada 1 istri yang baru tau bahwa waktu SMA, suaminya itu masuk ke geng rapper, dancer dan pretend to be nigger :D
- ada baiknya kalo lo tau, zaman SMA/ 10 tahun yang lalu, pasangan lo punya mantan yang dalem banget apa enggak. Di film ini juga ada 1 tokoh yang punya mantan paling berkesan, dan pas ketemu di reuni dia salting abis.
- kalo ikut reuni pasangan, jangan cuma duduk diem di pojokan kaya cucian kotor. Mingle, ngobrol atau jadi pendengar yang baik, will be ok. Di sini ada 1 cewenya tokoh sentral yang seru abis. Dia cepat bergaul sama orang-orang di reuni. Bahkan pas cowonya izin mau 'ngebaks' dia izinin, haha!
- persiapkan diri untuk terkejut. Ada yang 10 tahun yang lalu bintangnya pesta, sekarang ibu rumah tangga. 10 tahun yang lalu chubby, sekarang super seksi. 10 tahun yang lalu super star di sekolah, sekarang standar aja. Dan lain sebagainya. Di film ini ada 1 tokoh yang tadinya ratu pesta, kembangnya sekolah, istilahnya. Tau-tau di reuni dia harus pulang cepat, dan at the end, ketauan bahwa dia single mom untuk 2 anak dari 2 pria berbeda.

Apa lagi, ya?
Yang pasti mah, dandan yang kece! Hahaha, penting banget, bo. Seperti yang gue bilang, akan banyak kejutan setelah 10 tahun. Buat yang jomblo, siapa tau malah bisa ketemu jodoh. Ya nggak? *wink*


Powered by Telkomsel BlackBerry®