Wednesday, April 25, 2018

Bali with Langit Day 2: Ke Nusa Lembongan dengan Sunrise Fast Cruise


Setelah hari pertama yang padat merayap, kami tidur kemalaman. Yang mengakibatkan, bangun kesiangan. Haha. 

Jadwal day 2 itu memang nyeberang ke Nusa Lembongan. Kebetulan, sahabat gue zaman SMA, start his own business: Sunrise Fast Cruise,check their website here atau follow akun media sosialnya, ya. Atau pakai password 'temannya Lita' siapa tahu dapet diskon :D


Nah, jauh-jauh hari emang udah bilang, ke Bali wajib nyeberang ke Lembongan pake kapal dia. Kebetulan gue udah pernah ke Lembongan tahun 2013, masih sepi tapi emang kece banget di sana. Makanya gue nggak keberatan untuk ke sana lagi. 

Kapal berangkat jam 8.30, jam 8 masih di rumah sepupu gue di Denpasar! Mana katanya kalo pagi suka macet. Kan gue deg-degan, ya. Gue pun diantar ke Sanur sama tante gue yang canggih dah, mau direpotin sama keponakannya ini. "Kan jarang-jarang ke sini, nggak apa-apa kok", katanya. Baique. 

Keuber nggak? Lima menit sebelum 8.30, sampe! Dari tempat turun mobil ke dermaga, lumayan jalannya. Mana cuma berdua Langit dan bawa koper. Haha. Tumben lah ini perjalanan bawa koper, biasanya kan ransel aja. Tapi wajar ya, secara seminggu perginya. 

Masuk kapal, duduk di dekat pintu. Tahu-tahu, dicolek sama kru kapal, diajak duduk di atas. Okede. Pas naik, lah tempat duduknya cuma ada pas di belakang kapten kapal. Spesial bener, dah! Syahrini life!! 


Nyobain nyetir, katanya. Siapa tahu punya kapal juga nanti, ya, nak? AMIN!

Perjalanan nyeberang ke Lembongan hanya sekitar 30-45 menit. Sebentar ya, dibanding waktu ke Karimun Jawa yang 6 jam atau terakhir kemarin ke Pulau Macan 90 menit [dan gue lupa belum nulis tentang ini].

Sampe di dermaga Lembongan, langsung disambut sahabat gue, Mido dan Enna, istrinya. Nginep di mana kami? Persis 10 langkah dari pantai. Ntap! 

My favorite couple. Yang laki sahabat dari zaman SMA, bahkan kata bininya "kaya kentut sama t*i", haha. Sementara bininya 'terjerumus' jadi sahabatan juga. Thanks Bunbun dan Buya :*

Setelah istirahat sebentar dan makan siang, kami siap-siap snorkeling. Oh iya, ndilalah satu lagi anak ICAS, si Rama juga lagi ke Bali dan bisa nyeberang di hari yang sama. Canggih! 

Buset, terakhir ke luar kota sama mereka belasan tahun yang lalu!

Snorkeling di Lembongan itu, titiknya banyak. Karena kalo lo ke Lembongan, bisa sekaligus ke Ceningan dan Penida. Gue sempat dikasih lihat titik-titik tempat snorkeling yang bagus mulai dari yang cetek, sampe yang wajib sertifikat diving.


Karena kemarin bawa anak-anak, maka nggak ambisius. Hanya maksimal 3 titik. Eh, sayang ombak lagi gede banget [lah gue jadi inget pas ke Pulau Macan kan ya], akhirnya hanya ke 2 titik aja. Manta Point dan Crystal Point Penida. 

Manta Point ini tempat di mana kita berenang bareng sana ikan Manta. Tenang, gue juga baru tau ikan Manta itu kaya gimana kemarin, kok. Dia kaya pari gitu, nggak bahaya asal jangan kena ekornya. Ikan-ikan ini berenangnya relatif di atas, jadi gampang banget kelihatan. Gue nggak turun di sini, karena ombak gede dan kita rada dekat karang. Ngeri bok! Masalahnya kalo gue turun, pasti Langit minta turun. Lah sini aja bukan jagoan kalo kaki nggak napak tanah, apa kabar kalo anaknya ikut turun? Bawa sendiri aja susah, apalagi sama Langit? Haha. 

Sedekat ini! Tentu bukan saya, ini Pak Mido yang memang manusia ikan :))

Tapi cukup lama sih di sini, karena anak-anak hepi ngeliatin Ikan Manta yang mondar mandir di sekeliling kapal. 

tuh, sedekat itu!
Pas angin udah lebih kencang lagi, akhirnya kami cabut ke Crystal Point. 

Nah, Crystal Point ini dekat sama pantai Penida. Karangnya baguuuuuus, ikan-ikannya juga bagus, airnya jernih. Tapi sayang, banyak sampah :'(

Malu banget ketika ada bule berenang sambil bawain sampah, terus dia kasih ke kapal kami, dan dia bilang kalo tempat ini tuh bagus banget, tapi kenapa banyak sampahnya. Lo nggak malu kalo negara lo yang dibilang indah ini dipenuhi sampah. 

Huhu, tengsin bro. 

Tapi kalo kata Mido, sampah-sampah itu bukan semata dari daratan di gugusan Penida, Lembongan, Ceningan. Tapi memang sampah yang kebawa dari Denpasar, terus karena si Crystal Point ini bentuknya kaya cekungan [yaampun lupa istilah geografinya apa] maka sampah jadi banyak terjebak di area situ. Jadi bukan semata-mata karena warga sekitar, ya. 

Di Crystal Point ini lumayan cukup lah buat Langit nyemplung. Gue sendiri, sebenernya merasa kurang eksplor area ini. Soalnya gue fokus sama Langit. Anginnya mayan kenceng, gue ngeri anak gue kebawa arus. Hehe. 


Gue bukan anak seribu pulau yang bisa diving atau snorkel jawara, ya. Tapi dari beberapa lokasi di mana gue pernah snorkeling [yaela baru Karimunjawa, Phi Island, Samalona, Kepulauan Seribu], poin ini kece badai, sih. Karangnya bagus-bagus banget, how I wish gue bisa free diving, ikannya cantik-cantik, biota lautnya walau gue cuma radius sekian meter dari perahu, keliatan banget cakepnya. 
 
Kalau biasanya mencoba foto sambil nyilem, maka kayanya Mido nggak percaya gue sanggup [secara dia tahu zaman SMA gue nggak selalu madol kalo pas renang], maka justru dia yang nyilem dan fotoin gue sama Langit dari bawah. Haha. 

EMPAT kali Langit minta ulang, hasilnya muka dia tetap ketutupan ban :)) Untung kamu proncess-nya Buya, Langit :))

Setelah puas di situ, balik lagi ke penginapan, bebersih, lalu jalan lagi ngejar sunset. Kami naik boogey, alias golf car kepunyaan Sunrise. Beuh, bak VIP.  


Kelar hunting-hunting sunset, kami makan malam di Dream Beach resto. Makanannya banyakan western, pizza2, dan sushi. Enak nggak? Lumayan. Secara harga juga standar, sih, kayak di Jakarta aja. Tapi tentu, pemandangannya spektakuler. 

Di sinilah terjadi insiden pisang goreng 30rebu! Hahaha. Kalo ada yang inget pernah lihat IGStories gue. 

Kelar makan malam, balik ke penginapan, dan.. ngobrol! Aslik ngobrol sampe jam 2 pagi. Anak-anak awalnya pada main dulu sampe ngantuk, mereka tidur, yang tua-tua ngobrol aja terus. Haha. 

Day 1 di Lembongan, berakhir dengan maniest :)

Karena liburan santai, jadi emang nggak ada itinerary ribet-ribet selama di sana. Terus jadwal buat besoknya ditanya sama Mido, "Lo nggak apa-apa kan besok bawa motor kita ke Ceningan?"

Wakwaw, secara sejak terakhir nabrak tukang bubur gue nggak pernah bawa motor lagi, ya. Gimana atuh? 

---

Cerita di hari pertama di Bali, ada di sini

Friday, April 20, 2018

Bali with Langit Day 1: Nonton Kecak di Uluwatu


Kalo ikutin Instagram gue, iya, baru balik dari Bali sama Langit. Emang Langit libur? Enggak. Emang Lita libur? Enggak. Haha. 


Intinya mah, dapat tiket promo, dan nggak mau jalan-jalan di musim liburan karena pasti Bali penuh. Karena tiket promo, dapet flight berangkat di malam hari. Sampe Denpasar pun udah di atas jam 12 malam. Nggak kasihan sama Langit? Nggak, di pesawat tidur, sampe Denpasar juga tidur :)

sibuk gambar sambil nunggu flight
Kemarin banyak yang nanyain itinerary, maka akan gue share per hari, ya, di blog, supaya lebih mendalam ceritanya. Ceile. 

Sebelum berangkat, nyusun itinerary berdua Langit. Karena anak gue ini tipe yang doyan outdoor activities, museum-museum, dan budaya-budayaan, maka itin nggak jauh-jauh dari situ. 

Day 1, kegiatan yang paling di-highlight adalah nonton Kecak Dance di Uluwatu. 

Paginya kami berangkat rada siang, karena malam sebelumnya tidur pagi. Gue nginep di tempat sepupu @sandrakumaladewi,  yang rumahnya di Denpasar. Lumayan ya kan, penghematan. Namanya juga liburan #ibubijak :D


Sebelum berangkat, mampir ngopi dulu di Milestone Coffee Jl. By Pass Ngurah Rai No.274, Sanur. Tempatnya enak, bagus ala industrial, tapi sayang kopinya hanya sedia kopi mesin. Kebetulan gue doyannya kan kopi manual, karena lebih ngartsy aja. Haha. Nggak deng, kata lidah gue, kopi manual brew lebih enak aja rasanya karena bener-bener nunjukin kecanggihan baristanya. Akhirnya cuma order latte tapi double shot, dan enak!! 


Setelah ngopi, makan siang dulu di Warung Nasi Ayam Bu Oki Jl. Celagi Basur No.3Y, Jimbaran. Ini mah udah tenar, lah, ya. Enak deh, pokoknya. Ruangannya luas, nggak hectic. 



Sebelum ke Uluwatu, nggak afdol kalo ke Bali belum injek pasir pantai. Maka mampir bentar di Padang Padang Beach. Turun tangganya lumayan ya, bok. Eh, turun mah nggak apa-apa, naiknya yang menguras tenaga. 

Pantainya sendiri kecil, awalnya model hidden beach gitu ya, banyak yang ke sana buat surfing atau sekadar berjemur. Tapi karena udah tenar, alhasil penuh banget kaya pasar. Di sana akhirnya cuma sebentaran doang, karena nggak tahan sama penuhnya. Itu bukan musim liburan, apa kabar pas musim libur, ya? Bhay. 


Dari sana langsung meluncur ke Uluwatu Temple. Tukar tiket pertunjukan yang sebelumnya udah kami beli online, lalu buru-buru masuk. 

Di sini kita harus pakai kain yang disediakan oleh pengelola. Kalau pakaian sudah cukup sopan, petugas menyarankan untuk tetap pakai kain semacam ikat pinggang aja. All free. 

Sayangnya, karena sampai sana udah sore, jadi nggak sempat keliling pura. Kami harus langsung ke area pertunjukan biar dapet tempat duduk yang asik. 


Area duduknya ini menghadap matahari, jadi kemarin karena cuaca puanas buanget, lumayan kejemur deh. Tapi peletakkan area duduk yang menghadap matahari ini bukan tanpa tujuan, pas show dimulai baru deh berasa how magical the show is, sendratari yang ciamik dengan latar belakang sunset. Can you imagine? 

Maap dah ya, bukan fotografer, jadi foto seadanya :D
Sendratari ini bercerita tentang kisah Rama dan Shinta. Disajikan dengan tarian yang indah, penari kecak yang canggih [90 menit koreografi kecak sambil nyanyi, ajegile], kostum oke, dan kejenakaan yang engage banget sama audience. We just love it!  

adegan Hanoman mau dibakar yang bikin Langit kepikiran
Langit sendiri hepi banget. Ini serius, bukan omongan karena di media social. Haha. Dia bolak balik bacain jalan cerita dari kertas yang dibagikan di depan, dan bahas jalan ceritanya. Bahkan sampai sekarang, masih suka "Bu, aku masih kepikiran Hanoman dibakar. Kasihan ya, aku sedih lho"

Kiat buat yang mau nonton Kecak Dance di Uluwatu:

  • Beli tiket online sebelum ke lokasi aja. Harga tiket online 85k, on the spot 100k. Lumayan kan, hemat 15 rebu! Kalo beli 1 nggak berasa, kalo beli 4 atau lebih? Kan lumayan buat jajan #ibubijak
  • Sampai di lokasi sebaiknya lebih cepat, supaya bisa dapet spot yang mantap 
  • Kalau mau dapet foto sunset, spot duduk yang tepat di bagian atas. Tapi kalau mau foto ke stage memang susah, unless lo bawa kamera lensa tele. Kalau mau foto pertunjukan, duduklah di bagian bawah. Cuma pas adegan bakar-bakaran, bisa kena asap. Nggak banyak sih, asapnya, tapi lumayan juga.
  • Show ini menurut gue lebih cocok buat anak usia SD, karena udah bisa menikmati. Kalau anak yang lebih kecil, khawatir bosan minta keluar yang bisa mengganggu pengunjung lain yang beneran pengin liat show ini. Secara duduknya rapet-rapet banget ya, susah deh, mau keluar dari area apalagi kalo lo duduk di bagian atas. 
  • Sebelum show, ke toilet dulu, supaya nggak ngeribetin di tengah pertunjukan.
  • Bawa payung kalo emang nggak tahan silau. Seperti gue sebutin kan seating area-nya berhadapan dengan matahari banget, sebelum sunset itu matahari lagi lucu-lucunya dan somehow kita kaya kena lampu panggung. Jadi kalau nggak tahan silau banget, pakai payung cukup membantu.

Itu aja sih kayanya, kiat dari gue. Di akhir acara pengunjung boleh berfoto sama pemain. Tokoh yang Langit pengin banget foto bareng adalah Rama dan Laksamana. Alasannya: karena keduanya itu tokoh laki-laki tapi diperankan sama perempuan. Keren, katanya!

siapakah mbak-mbak paling kiri? Nggak tahuuu.. haha!
with Kecak Dancers yang semangatnya nggak habis-habis. Wong foto aja, mereka masih sambil nyanyi. Kan suaranya nggak kerekam, ya?
Sama Sugriwa. Langit dikasih bunga, terus bunganya disimpan terus, katanya "kenang-kenangan dari Sugriwa"

Kalo lihat di IG storieshighlight, gue terpesona sama Hanoman. Lucu, enerjik, seru! Tapi sayangnya dia memesona begitu banyak orang, jadi bintang lah malam itu. Yang ngajak foto bejibun. Ada foto kami sama Hanoman, tapi jelek banget hasilnya karena padaaat sekitar dia!

Balik dari sana, kami makan Betutu Gilimanuk. Kebetulan Langit makannya nggak repot, dan doyan pedas, jadi dia semangat banget makannya. Kepedesan sampe berkeringat, tapi ludes!

Hari pertama kami berlalu dengan lancar. Alhamdulillah.

Tidur kemalaman, padahal besok paginya mau nyeberang ke Nusa Lembongan. Nyaris telat! Nanti gue ceritain di blogpost berikutnya, ya.


Monday, April 2, 2018

Tentang Memanjakan Diri Sendiri


Gue ini tipe #IbuBijak banget kalo urusan pengeluaran. Mbak di rumah sampe hapal kalo gue abis belanja, “Diskon, ya, mbak?”. Haha. Sial, kesannya gue pelit amat ya?

Baca cerita #IbuBijak gue di sini deh!

Bukannya pelit, tapi kebetulan gue bukan tipe yang impulsive buyer gitu. Pasti bakal mikir panjang buat beli kebutuhan tertier dengan harga full price. Nggak harus jadi yang pertama punya, kok. Menurut gue, ya. Walaupun memang untuk beberapa barang, gue percaya sama yang namanya ada harga ada rupa :)

Lah ya, belanja bulanan aja gue pake strategi, apalagi belanja atau pengeluaran yang buat gaya-gayaan?

Tapiii, jangan anggap rendah diriku dulu. Kadang nih, sebagai buibu bekerja, gue kadang merasa perlu memanjakan diri dari hasil keringat gue sendiri. Memanjakan diri versi gue nih:

Ngopi harus enak!

Gue sering bilang kalo “Gue makan biasa aja, nggak masalah, yang penting kopi harus enak”. Haha, sok banget coffee snob, ya? 

Black Coffee, FTW!
Bukan gegayaan, tapi setelah ngobrol dengan banyak orang yang gemar kopi, kopi yang beneran itu nggak bikin asam lambung naik. Memang sih, ada jenis kopi yang acidity-nya tinggi, bisa memancing asam lambung. Makanya gue kalo ke kedai kopi, biasanya akan rajin ngobrol sama baristanya. Nanya-nanya tentang biji kopi yang ada, taste yang gue suka gimana, dan sebagainya.

Oiya, minum kopi enak menurut gue, justru nggak harus biji kopi yang internasional banget. Pernah gue pilih kopi Geisha, yang harga 1 gelasnya di atas 100 ribu. Rasanya? Buat selera gue, enakan Kopi Puntang atau Flores! Tempat kopi yang enak dan jadi favorit gue so far: Anomali [kata teman gue, nyeduh Kapal Api aja teteub enak! LOL] dan Kopi Kina. Lainnya sih banyak banget yang jadi favorit, tapi 2 ini masih teratas. Harga kopi mereka juga nggak mahal-mahal amat, sih. Tapi judulnya, kopi enak!

Makan enak!

Walaupun makan gue bisa di mana aja, tapi sesekali makan enak nggak ada salahnya. Gue nggak terlalu sering makan di tempat fancy dan masa kini. Karena menurut gue, kadang tempat-tempat masa kini hanya menjual konsep dan ambience [plus interior yang iksis buat foto-foto], rasa makanannya ya nggak bikin pengin balik lagi.

Salah satu tempat makan yang gue suka dan cukup klasik adalah Outback Steak House. Beberapa waktu lalu, gue menyambangi gerai terbaru Outback Pasaraya, Blok M. Secara udah lama banget nggak main ke Blok M [kalau lewat doang, sering], gue rada takjub dengan perubahan area parkir, dan suasananya. Ih, rindu Blok M yang dulu!

Anyway, makanan di Outback Pasaraya Blok M ini nggak jauh beda dengan gerai yang lain. Yang beda hanya di interior yang lebih masa kini nggak klasik seperti di gerai lainnya.

Kemarin karena makannya rame-rame, makanannya juga beragam banget. Ada yang pesan sirloin, salmon, chicken wing, dan seterusnya. Duh, enak-enak semua! Tapi buat gue, yang juara adalah Firecracker Salmon. Dipanggangnya perfect banget, sehingga luarnya bisa crunchy tapi dalam lembut terus topping-nya ala-ala salsa. 

Firecracker Salmon


BBQ Beef Ribs yang astaga GEDE BANGET porsinya!
Satu lagi yang juara adalah Seasoned and Seared Prime Rib. Dagingnya tebal banget, tapi tingkat kematangannya pas dan bumbunya itu, lho, meresap banget. Kok bisa, ya? Terus kemarin juga nyobain beberapa appetizer Crispy Volcano Shrimp, Butter Calamari, dan yang terakhir ini bikin bingung cara makannya: Typhoon Bloom, alias onion ring yang ditumpuk sedemikian rupa disajikan dengan dip sauce yang enak banget!

Butter Calamari
Typhoon Bloom. Gimana makannya, takut berantakaaan!
Chocolate Thunder Down Under. Gile judulnyeeee
Chocolate Chip Skillet Cookie
Ah, ini nulis tentang makanan tengah malam, salah banget ya?

Di Outback, harga start dari Rp169,000. Kayanya mahal ya? Tapi karena balik dari situ perut kenyang, dan hati riang, sehingga bikin otak jadi lebih produktif, worth it, lah!

Beli buku!

Urusan buku, gue lemah. Nggak harus selalu beli buku terbaru, tapi kalau ada penulis favorit yang baru ngeluarin buku, most likely bakal beli. 


Buku adalah salah satu barang yang belinya nggak nunggu diskon. Tapi kalo udah diskon, bisa kalap. Contoh kemarin pas Harbolnas, @gramediadotcom bikin diskon gede-gedean, aku kalap kak! Walaupun berujung pada penyesalan, karena bukunya nggak diantar semua sampe sekarang.

Oiya, urusan beli buku, gue sangat random. Jarang banget gue baca review orang lain sebelum membeli. Karena menurut gue pilihan buku itu personal. Gue bilang bagus, belum tentu lo bilang bagus. Gue suka, belum tentu lo suka. Jadi gue beli buku itu, ya berdasarkan penulisnya, sinopsis yang tertera di buku, kadang hanya karena cover yang bagus, judul yang keren, atau lagi diskon. Teteub ya, ujungnya #IbuBijak

Skincare yang proper

Gue nggak sanggup sih, ngabisin duit buat beli skincare terkini yang harganya mahal bener. Gue beli skincare kalo dirasa itu produk cocok, harganya masuk akal, dan mudah didapat. Gue mau ngeluarin duit lebih buat skincare, kalau udah terbukti bahwa gue cocok pake itu produk. Contohnya: FTE-nya SKII.

Lainnya? Trial and error, memang. Tapi satu yang pasti, skincare yang gue coba harus yang proper. Maksudnya, sesuai dengan kebutuhan kulit, dari produsen terpercaya [ogah banget pake produk yang diiklan-iklanin di media sosial sama sista-sista pemutih kulit], pokoknya nggak ngikutin trend eh, gue mah, anaknya.

Apa lagi, ya? Kalau belanja baju, gue pasti nunggu yang diskon seperti pernah gue ceritain di sini. Travelling? Selama ada yang promo/ murah, ngapain yang mahal? Kalo dulu sebelum nyetir ke mana-mana sendiri, sih, palingan naik taksi tanpa mikirin argo. Haha. cemen aman ya, memanjakan diri sendirinya?

Kalo elo gimana?