Wednesday, May 31, 2017

Fast Track Dufan: Karena Bahagia [Terkadang] Ada Harganya


Hari libur terakhir sebelum puasa, udah kaya tradisi nih Gank Jemputan piknik. Kalau tahun lalu kami ke Bogor, udah gue tulis sampe jadi berapa seri, kali ini kami cari piknik yang seharian aja.
Tadinya sih, pengin nginep lagi. Tapi apa daya ya, kesibukan #bukibuksetrong ini memang tiada tanding tiada banding. Atur jadwal nggak ketemu-ketemu, akhirnya ngalah. Piknik nginepnya setelah lebaran aja. Semoga!

Dari beberapa tempat yang akan dijadikan lokasi piknik, akhirnya tinggal 2 kandidat yaitu Waterbom dan Dufan. Tapi berhubung udah pernah piknik ke Waterbom, maka diputuskan untuk ke Dufan aja lanjut dinner di area Ancol. Gaya lah pokoknya, kangen-kangenan!

Kenapa judulnya bawa-bawa fast track? 


Jadi gini, sesepi-sepinya Dufan, tapi tetap masih antre panjang di beberapa wahana favorit. Nah, kemarin itu karena pas tanggal merah dan lagi ada promo bawa STNK motor harga tiket jadi cuma 150ribu, maka penuhnya gile!

Akhirnya, kami, para buibu memutuskan untuk beli fast track yang harganya seratus ribu. EH NGGAK TAHUNYA KALAU HARI LIBUR/ TANGGAL MERAH JADI 200RIBU DONG!
Fast track ini sejatinya adalah tiket tambahan supaya kita pake jalur cepat setiap antre di wahana-wahana yang ada. Bentuknya gelang, wajib dipake di sebelah kanan ["Kalo di kiri nanti dikira pake sendiri", demikian penjelasan mbaknya ketika gue iseng menjulurkan tangan kiri]. Pokoknya selama pake gelang fast track, hidup kita bak VVIP lah! Mevvah!
Silakan dihitung berapa total per orang berapa jadinya, deh, ya. Sebagai #IbuBijak, di awal gue mayan jadi perhitungan gara-gara nambah 400ribu untuk berdua Langit [kemudian nengok @irnaap dan @biancafebriani25 yang harus nambah 600ribu, karena bertiga!]

Rombongan sirkus :D
Anyway. Keuntungan pertama menggunakan fast track ini langsung kami rasakan di wahana pertama yaitu Ice Age. Antrean regulernya itu kalau pernah ke Dufan kan sampe depan Yoshinoya, ya. ke dalamnya masih puanjang buangets lagi. Sementara dengan gelang fast track, kami melenggang tanpa halangan semacam kawula VVIP lah. Haha.

Keuntungan berikutnya yang paling asik, sudah pasti di Arung Jeram. Tahu sendiri kan wahana yang satu ini favoritnya minta ampun. Konon di masa-masa penuh, bisa sampe 1 jam lebih hanya untuk menikmati wahana yang durasinya paling hanya 5-10 menitan ini. Pake fast track? Anak-anak bisa bolak balik sampe 4 kali! Sampe harus berakhir setelah mas-mas yang jaga ngomong ke kami, tolong gentian sama jalur regular dulu. Hehe. Bukannya mau aji mumpung, tapi ya melihat anak-anak lo yang tadinya takut/ khawatir/ deg-degan/ seram/ dkk naik satu wahana nggak tahunya ketagihan kan priceless. 


Anyway, Alhamdulillah setelah dikasih pengertian anak-anak mau dong move on ke wahana yang lain :)

Fast track ini memang berasa mahalnya sih kalo 200ribu. Mungkin pas 100ribu, masih nggak terlalu berasa. Tapi percayalah, kalo bawa anak-anak, fast track worth banget! Waktu di Dufan nggak habis hanya karena antre wahana, gitu.

Kemarin itu kami benar-benar dari Dufan buka gerbang yaitu jam 10 pagi, dan keluar 15 menit menjelang gerbang tutup, jam 8 malam. Itu kalo dibilang anak-anak benar-benar puas deh naik hampir semua wahana yang mereka inginkan.


 Itu tentang fast track. Lainnya tentang Dufan, gue simpulkan di bawah ini:
  • Manfaatin kalo ada promo. Kemarin dong, kami pake promo bawa STNK motor, jadi harga tiket hanya 150ribu. Harga tiket regular tanpa promo itu di hari biasa 275ribu, hari libur 300ribu. Wow kan?
  • Kalo mau beli tiket yang promo, siapkan uang cash. Karena yang promo bayarnya harus cash, sementara tiket regular bisa pake debit/ CC.
  • Bekal makanan? Kalo pengin ringkas sih, nggak usah lah. Di Dufan udah banyak kedai makanan, kok, seperti Yoshinoya, McDonald, bahkan Shihlin aja berarakan! Tapi sayangnya nggak ada kopi euy. Sebel deh!
  • Tapi kalo memang tipe doyan ngemil atau mau hemat, bawa makanan juga nggak masalah. Nggak usah takut bawa banyak barang, karena disediain loker gratis di dekat pintu masuk. Stroller/ kursi roda juga ada kok.
  • Bawa botol minuman sendiri? Nah, di beberapa spot ada semacam water station, lumayan kalo mau isi ulang [padahal nggak boleh, sih. Bolehnya buat minum langsung dari water station-nya]
  • Buat yang muslim, musala banyak kok. Yang gue inget nih, dekat wahana Perang BIntang dan ada yang lumayan besar juga agak di depan dekat bumper car kalo nggak salah. Mukenanya juga cukup bersih, kok.
  •  Kalau baju basah kuyup abis main Arung Jeram, di dekat wahana ada bilik-bilik yang disediakan buat ganti baju. 
  • Bolak balik ke toilet karena hobi pipis? Toilet banyaaaak dan bersih. 
  • Kepanasan dan pengin ngadem? Masuk ke area Ice Age, di sana berderet vendor makanan atau masuk aja ke wahana Hello Kitty. Ngademmmm.. karena ngadem di Istana Boneka itu antrenya warbiyasak kalo nggak pake fast track.
Keluar dari Dufan, kami makan malam di Jimbaran Resto. Berasa di Bali banget! Sayang, pantainya lagi ada bagian yang renovasi, jadi pemandangannya kurang oke. 


Tapi lagi-lagi ya, namanya juga kami pergi no driver, no nanny, bener-bener handle sendiri, jadi memang nggak sempat deh foto-foto cantik. Foto barengan yang bener ya cuma sekali sebelum main, itu juga karena kebetulan ada mas-mas naas dekat kita dan mau diminta tolong fotoin, hehe. Mungkin next piknik harus bawa fotografer beneran ya, supaya banyak foto kece yang layak tayang :D

Overall, Dufan masih jadi tempat yang seru kok buat piknik atau seseruan. Bisa buat mengenang masa kecil, atau tes nyali masih sekenceng pas muda apa nggak [syukurlah gue masi tengil kalo naik Halilintar dan Kora-kora doang, haha]

Kisah piknik lainnya bisa disimak di:

*terus bingung, 2 piknik lainnya kok nggak gue tulis di blog ya? Zzz*

Tuesday, May 23, 2017

Tantangan Puasa Tahun Ini: Ujian Kenaikan Kelas!



Waktu cepat banget berlalunya, ya. Rasanya gue kemarin malam tahun baruan di Karimun Jawa, eh tahu-tahu minggu depan udah bulan puasa aja. 

 
Ambil positifnya deh, katanya kan time flies when you’re having fun. Nah, berarti kemarin gue bersenang-senang. Ya kan? Iya aja udah, deh.

Persiapan menjelang puasa ngapain aja nih?

Yang pasti pertama adalah, SUDAH BAYAR HUTANG PUASA TAHUN LALU, BELUM NIH?
Haha.

Kalo gue, Alhamdulillah, kebiasaan lepas idul fitri langsung lanjut puasa buat puasa Syawal dan gantiin. Jadi setelah itu nggak mikirin lagi hutang puasa. Mumpung badan masih terbiasa dengan puasa, kan.

Lalu yang ke dua, biasanya buibu nyiapin menu buat sahur dan buka puasa.

Urusan yang satu ini, walaupun bukan gue yang masak, tapi gue masih mengarahkan lho, makanan apa buat sahur dan buka puasa. Apalagi Langit kan udah ikut puasa juga.

Perkara mengajak anak puasa, pernah gue tulis di blog ini, sih.

Untuk persiapan mental, insyaallah Langit sudah cukup siap. Secara ini tahun ke tiga dia puasa. Paling sudah mulai diingatkan bahwa sebentar lagi kita akan puasa lagi aja.

Nah, yang agak kasihan sebenarnya adalah, tahun ini pertama kalinya puasa berbarengan dengan UKK alias Ujian Kenaikan Kelas. Walaupun bukan Tiger Mom yang ketat urusan belajar saat UKK, tapi cukup khawatir juga sama staminanya selama puasa nih. Gue khawatir karena jam tidur pasti lebih pendek, kan. Dan otaknya harus bekerja lebih keras pula dibanding hari sekolah biasa. Mana Langit bukan tipe anak yang tidur siang, pula.

Idealnya kan bangun sahur, tidur sebentar sampai jam 6, lalu siap-siap sekolah. Lalu pulang sekolah jam 12-an, sekitar jam 2-an sampai sore tidur siang gitu, ya. Lalu malamnya belajar. Lah, anak gue bukan tipe yang bisa tidur siang, nih.

Kemarin waktu syuting talkshow di salah satu stasiun TV, narasumber episode yang lain kebetulan adalah dokter gizi, jadi gue sempat tanya-tanya sama beliau gimana mengakali asupan nutrisi supaya tetap cukup dan menjaga stamina anak selama puasa. Plus, boleh nggak sih sebenernya anak seusia Langit udah puasa full day?

Menurut bu dokter, anak seusia Langit sudah boleh banget puasa. Yang penting saat sahur dan buka puasa asupannya dijaga tetap seimbang. Jadi sebenernya hanya jam makan yang bergeser gitu, lho.
Bu dokter bilang, makan seperti biasa, cukupkan kebutuhan karbohidrat, protein, lemak baik, serat dan vitamin. Bu dokter kemudian menyarankan bila perlu,tambahkan vitamin selain yang didapat dari makanan alami.

Untuk urusan ini, kebetulan gue bukan tipe ibu yang rajin kasih anak vitamin. Kalaupun kasih vitamin, pasti lebih pilih yang bentuk permen. Yah, apa lagi alasannya kalau bukan supaya dia nggak berasa kalau sesungguhnya lagi makan vitamin?

Menjelang puasa, gue kenalin Langit sama vitamin baru yaitu Champs Multivitamin with Taurine. Multivitamin Champs ini mengandung kebaikan 10+1 Nutrisi. 



Kenapa gue pilih ini? Utamanya karena mengandung Taurine, sih.

Taurine is an amino sulfonic acid, but it is often referred to as an amino acid, a chemical that is a required building block of protein. Taurine is found in large amounts in the brain, retina, heart, and blood cells called platelets. The best food sources are meat and fish. – from webmd.com

Karena tahun ini puasanya sama UKK, jadi butuh vitamin yang nggak hanya membantu ke stamina tubuh tapi juga fokus ke otak dan konsentrasi. Champs MV Taurine dengan kandungan Taurine ini  selain berfungsi buat otak juga membantu memelihara kesehatan mata, karena distribusi taurine di dalam tubuh paling tinggi ke area retina. 



Tahu sendiri kan ya, anak-anak zaman sekarang lekat banget sama gadget. Walaupun Langit bukan anak gadget, tapi paparan sinar biru dari TV juga ngaruh banget, kan. Belum lagi kalau dia belajar suka di tempat sesukanya yang cahanya belum tentu memadai buat mata.

Selain itu, pilihan rasa buah lecinya juga unik. Biasanya kan vitamin anak kalau nggak stroberi, ya jeruk. Kebetulan Langit juga suka banget sama leci. Kalau kami makan di resto aja, minumnya selalu es teh leci. Hehe.

Dan ini beneran, Champs Multivitamin with Taurine enak banget! Gue sempet cobain dulu sebelum kasih ke Langit, enak bok! Yang lucu nih, waktu pertama cobain ini ke Langit lagi ada sepupu-sepupunya, kan. Lalu mereka gue kasih untuk cicip. Eh, pada doyan semua dan kemudian merengek ke ibu masing-masing untuk minta beliin “vitamin kaya Kakak Langit”, haha. Lumayan, kecil-kecil anak gue udah jadi influencer di gengnya :D



Selamat beribadah puasa, ya. Semoga puasa kita nggak sekadar lapar dan haus, tapi lebih dari itu. Buibu yang anaknya masih belajar puasa, siapin stok sabar lebih banyak untuk menghadapi pertanyaan “Maghrib masih lama nggak?”. Hehe.

Wednesday, May 17, 2017

Yakin Anak #BeraniBicara Apa Saja Ke Kita?



“Wah, anaknya udah gede ya, udah enak dong!”


Banyak yang komentar demikian ketika tahu anak gue umurnya sudah 9 tahun. Mungkin kalau dari sisi kemandirian, ada enaknya juga. Anaknya sudah nggak perlu digendang gendong, disuapin, diajak main, dan seterusnya. Usia segitu, anaknya sudah bisa asik sendiri deh, intinya!

Dulu waktu Langit masih bayi sih, gue mikirnya juga gitu. Enak nih kalau anaknya sudah besar. Eh tapi, setelah anaknya gede, tantangannya beda lagi. Gue suka bilang, kalau anak masih bayi, balita maka yang dibutuhkan adalah kehadiran fisik kita [buat nyusuin, gendong, makan, mandi, dkk], sementara kalau anak udah masuk usia SD aja, yang dibutuhkan lebih kehadiran emosi [selalu ada saat anak butuh, pemenuhan janji, ngobrol, dkk]

Berdasarkan hal itu, jadi ibu dari anak umur 9 tahun, salah satu tantangan yang gue rasain adalah bagaimana menjaga supaya Langit masih tetap mau bicara sama gue yang notabene adalah ibunya. Seperti halnya anak-anak usia SD yang suka sotoy, hehe, kebanyakan dari mereka mulai punya rahasia sama teman-temannya. Atau mulai kenal malu untuk cerita sama ibunya. Huhu. Sedih.

Seiring bertambahnya usia Langit, memang sih banyak hal idealis di dunia parenting yang semakin runtuh. Tapi ada satu hal yang gue pertahankan, yaitu kedekatan gue sama Langit. Gue mau, semua hal yang Langit lakukan, rasakan, pikirkan, itu gue harus tahu. Well, mungkin semua orangtua maunya begitu sih.

Nah, supaya Langit mau tetap cerita sama gue sampai kapanpun juga, buat gue yang pertama harus ada antara kami adalah kepercayaan. Gue ini jarang banget bohong sama Langit. Eh kok jarang? Haha. Yah gitulah, kadang ada hal yang perlu dihaluskan bahasanya :D

Tapi intinya, apa yang gue bicarakan di depan dan di belakangnya ya sama. Tentunya dengan bahasa yang sesuai dengan usianya, ya. Apa yang menjadi janji, akan gue tepati. Setiap hari, walaupun hanya sebentar [kalo misal gue kena macet jadi pulang kemalaman] ngobrol itu wajib hukumnya.

Memang sih, bonding antara ibu dan anak itu udah tercipta sejak anak masih dalam kandungan. Tapi gue yakin, dengan semakin besarnya anak dan kecanggihan teknologi, bonding bisa saja luntur kalau nggak dipupuk. 


Cara memupuk kedekatan/ koneksi sama anak menurut gue harus disesuaikan sama usia anak juga. Misalnya anak masih balita, ya bisa deh sambil main atau kegiatan yang bermanfaat buat motorik mereka. Kalau seumuran Langit, 9 tahun, gue biasanya masih dengan permainan juga [kebetulan Langit hobi main yang non gadget], pillow talk, atau di mobil pas anter/ jemput sekolah.

Nah itu kan yang memang tanpa sengaja, ya. Gue sering juga spend waktu berduaan di café-café kece [kalo habis gajian] atau ngeteh cantik aja di rumah [di kala tanggal tua]. Ngafe sama anak emang bisa? Bisa lah. Ya kami ngobrol aja seperti layaknya gue ngobrol sama teman. Ngomongin makanan, restoran, lagu, bahkan sampe ngomongin orang :D

Kedekatan gue terjaminlah, kalo sama Langit!



Tapi kemarin pas diundang sama Mommies Daily ke peluncuran kampanye #BeraniBicara dari Sariwangi, Ratih Ibrahim selaku Psikolog Anak dan Keluarga menjelaskan bahwa “Seringnya frekuensi bercerita tidak menjamin isi cerita, tidak selalu yang diceritakan merupakan ungkapan isi hati yang sebenarnya.”. Kalimat ini bikin gue tercenung, sih. Iya juga ya, apa benar dengan waktu yang gue investasikan ke Langit sudah terjamin Langit bakal seterbuka itu ke gue? 


Anyway, gue suka kampanye #BeraniBicara ini, deh. Kebetulan gue tipe orang yang jarang menuangkan isi hati ke orang lain. Pokoknya, once elo udah pernah gue ceritain masalah gue yang sangat pribadi, maka bisa dibilang elo adalah orang yang terpilih. Gue sadar bahwa sendirian dan menyimpan masalah itu nggak akan bikin masalah kita selesai. 

Gue pernah berapa kali nulis tentang hal ini di blog gue.


Sariwangi sendiri, menurut gue cocok bikin kampanye kaya gini. Karena walaupun di Inggris sana punya ‘tea time’, tapi teh juga merupakan minuman penuh kehangatan. Coba kalau kita bertamu ke mana-mana, sangat lazim disuguhkan teh, kan?

Menurut Johan Lie selaku Senior Brand Manager SariWangi, “Teh asli yang mengandung flavonoid dan theanin di dalamnya memberikan perasaan rileks, meningkatkan fokus, dan mengurangi stress. SariWangi percaya secangkir teh hadir sebagai fasilitator bagi keluarga Indonesia dalam mengungkapkan isi hati dengan bertatap muka langsung dapat membuat suasana menjadi lebih hangat dan tenang,”. 


So far, di usianya yang 9 tahun sih, masih terbuka banget. Banyak yang bilang, punya anak cewek itu susah, jagainnya kudu ekstra. Yah, tanyain itu ke bokap nyokap gue deh, yang anak dan cucunya cewek semua. Hehe.

Yang gue pelajari dari bokap nyokap dan coba gue terapkan adalah, tahu kapan harus menahan diri untuk nggak komentarin apa yang dilakukan dan cukup duduk manis untuk mendengarkan. Dengan anak merasa dekat, maka ia berani bicara apa saja ke kita, saat anak udah berani bicara tentang apa saja, maka orangtua akan lebih mudah 'menjaga' anak. Itu sih yang gue rasain ya, dari apa yang dilakukan bokap nyokap ke gue :)

Gue masih bangga karena Langit masih suka cerita bagaimana perasaan dia atau ketika ada kakak kelas yang suka manggil-manggilin dia. Hehe. Gue juga bersyukur dia masih menjadikan gue tempat bertanya untuk hal-hal di dunia ini yang suka bikin bingung. Pokoknya alhamdulillah banget!

Tapi deep down inside, gue sering bertanya-tanya,  mungkin nggak gue bisa memupuk kedekatan kami sampai Langit remaja, dewasa, dan seterusnya?

Mudah-mudahan, ya. Makanya dari sekarang suka gue doktrin kalau kami lagi peluk-pelukan, “Nanti kamu kalau udah SMP pasti udah nggak mau ibu peluk-peluk lagi”. Terus dia jawab, “Masih mauu.. sampe aku SMA, kuliah, kerja, malah sampe aku jadi nenek-nenek, aku mau peluk ibu terus..”


Amin.