Friday, March 24, 2017

Cerita Si #IbuBijak



Kalo pada ngeh, gue sering banget menggunakan hashtag #ibubijak. Apa sih sebenarnya? 

Jadi ringkasnya sih, #ibubijak ini menurut gue adalah buibu yang pintar mengatur keuangan. Bukan, bukan pelit. Tapi lebih ke bijak mana yang boleh dikeluarin duit lebih, mana yang bisa dimanfaatin, dan seterusnya. Bukan ke arah irit tapi lho ya! Misalnya apa sih? Gini nih:

Manfaatin kartu kredit 

Banyak yang parno sama kartu kredit. Sebenernya, punya kartu kredit nggak apa-apa lho. Tapi yang penting, duitnya ada. 

Jadi kalo gesek kartu kredit itu lebih karena memanfaatkan promo yang akan didapat, bukan sebagai pengganti duit. Contoh, beli tiket ke tempat hiburan anak kalo pake CC yang kita punya buy 1 get 1, kalo pake cash ya harus bayar full atau makan di resto tertentu kalo pake CC yang kita punya diskon 20%, dan seterusnya. Lumayan kan? Penghematan! 

Salah satu piknik #GankJemputan yang bermodalkan program buy 1 get 1 dari salah satu CC di Waterpark Jakarta :)

Tapi ingat, setelah bayar makan atau ajak anak jalan-jalan, CC langsung harus dibayar full ya. 

Cicilan 0% boleh nggak? 
Boleh banget. Tapi bukan berarti semena-mena semua dicicil 0% lho, ya. Dalam teori perencanaan keuangan, ada porsi yang udah jelas pembagian pos keuangan. Misalnya cicilan hanya boleh 30% dari total pendapatan per bulan. Jadi kalo gaji sejuta, ya jatah cicilan cuma boleh 300 ribu kan? Nggak boleh tuh nyicil hp dibarengi kamera, laptop apalagi mobil :D

Diskon

Gue ini banci diskon. Seriusan. Apalagi kalo yang diskon adalah barang pribadi yang pasti gue pake seperti pembalut, body lotion, sabun, dkk. Baju sepatu mah jangan disebut, yes.

Mbak di rumah sampe hapal kalo gue bawa belanjaan banyak pasti komennya, "ini jadi berapa mbak harganya?", sambil benahin belanjaan. Haha. Rese, ketauan amat modal diskonannya. 

Nggak usah barang yang awet, wong zaman dulu di FDN itu kan deket sama salah satu supermarket. Nah supermarket ini kalo di atas jam 4 sore buah, sayur dan daging-dagingan atau ayam pada diskon. Gue bela-belain lho, belanjanya di atas jam 4. Haha. Gila ya? Soalnya lumayan banget cuy, buahnya itu bisa kaya orang kalap belanjanya secara di rumah doyan buah semua kan. Terus daging/ ayam sampe rumah langsung diolah setengah matang, masuk freezer! 

Nggak gengsi? Nggak lah. Karena gue anak yang ramah, sampe ikrib sama mbak dan mas supermarket itu, yang ada mereka milihin produk yang masih bagus :) 

Cerita tentang gue dan diskon ada di sini.Tapi gue nggak semena-mena HARUS diskon, karena gue percaya ada harga ada rupa :) 

Tukar poin/ Stamp

Kartu-kartu membership di beberapa tenant itu lumayan lho kalo dipikir-pikir. Apalagi kalo lo aktif belanja di satu tempat tersebut. Ada yang poinnya bisa ditukar dengan produk tertentu atau ada juga yang dapet potongan harga. 

Salah satu kartu membership yang gue punya adalah alfa card. Duile, ye, secara alfa ada di mana-mana, dan dalam seminggu coba lo hitung berapa kali mengunjungi alfa. Rugi amat kalo nggak punya member card-nya. 

Baru-baru ini di alfa juga lagi ada promo yang buibu banget nih! Setiap belanja di Alfamart senilai Rp30 ribu akan mendapatkan 1 stamp. Nah, kalau di belanjaan kita ada produk sponsor, seperti  Susu DANCOW, Mami Poko, Coca Cola, Keju Cheddar, dan lainnya akan mendapatkan ekstra stamp.

Program Kejutan Awal Tahun [KAT] 2017 ini juga bisa versi aplikasi yaitu Digital Alfastamp Apps versi 2.0. Kalo lo udah punya aplikasinya, malah bisa dapet ekstra stamp saat pengaktifan stamp pertama kali.

Terus kalau udah ngumpulin stamp bisa ditukar apa aja sih?


Ini ibuibu pasti demen. Ada produk peralatan masak premium dari Eropa; Royal VKB Cookware. Jadi lo hanya ngumpulin 10 stamp fisik, bisa untuk menebus Royal VKB Cookware senilai 300 ribu. Ini hemat 85 persen! #IbuBijak banget nggak sih?

Kebetulan gue udah nebus stamp-nya [saking seringnya belanja di Alfa bok], terus menurut gue, Royal Cookware ini kece sih. Walaupun gue masaknya Cuma gitu-gitu doing, tapi berasa banget sih bedanya sama cookware yang lain. Terutama karena gampang banget dibersihin!

Nggak sampai di situ aja sis. Kalau udah nukerin stamp dengan Royal Cookware, lo juga bisa ikut undian yang hadiahnya paket tour ke Belanda. Iya, Belanda!

Karena gue #IbuBijak, jadi ya daripada itu hasil belanjaan di Alfa nggak diapa-apain kan mendingan buat ngumpulin stamp. Dapet syukur, nggak dapet yang penting udah dapet Royal Cookware :D



Selain poin kartu membership ada juga poin dari provider telepon. Nah ini mayan banget buat tuker sama jajanan nggak penting di mal. Dulu mah gue nggak pernah peduliin poin-poin beginian. Terus lama-lama kok rugi amat ya gue udah jadi pelanggan provider tersebut belasan tahun nggak pernah dapet apa-apa, poin gue alhasil hangus doang. Ikut lelang-lelang/ kuis yang tuker poin kaga pernah menang. Ya mendingan gue tuker sama jajanan dong ah! #nggakmaurugi

Ada lagi nggak cara lo menjadi #IbuBijak nan bermartabat? Share dong, supaya kita bijak bersama demi masa depan keluarga :D

Friday, March 17, 2017

Antara ATT, RA, GG



Siapa balajeeeer? 

Hahaha, anak Instagram nih yang ngerti. 

Dengan semakin maraknya media sosial apalagi Instagram yang basisnya gambar, dunia pergosipan Indonesia makin sedekat orang pacaran. Mau tau kabarnya artis A, tinggal buka akun IG-nya. Mau tau si B melahirkan gimana, buka IG-nya. Mau tau si C putus apa nggak sama D, tengok IG lambe dan kawan-kawannya.

Memang nih, perlambean makin bikin infotainment tergeser. Gilak, kalah jauh! Ya gimana, lambe di medsos cuma butuh sepersekian detik buat upload, infotainment setidaknya butuh beberapa jam untuk edit berita terbaru. Nggak usah heran kalo infotainment malah jadi ambil gossip dengan sumber dari lambe-lambean ini. 

Kalo zaman dulu udah ada Instagram, gue pasti bisa jadi narasumber tetap si perlambean nih. Haha. Atau buka akun IG lambe ala-ala sendiri? Mayan, banyak yang endorse kalo follower banyak. Hihihi. 

Anyway, salah satu yang hot dari dunia Instagramtainment adalah kisah Aa RA yang disinyalir selingkuh sama ATT. Nggak usahlah gue ceritain yang sebenernya, ya. Kasihan semua pihak *sok akrab, sok tau*

Gue mau bahas dari 2 sisi ah.


Yang pertama, masalah pertemanan cowok cewek. Ya emang rada naif sih kalo gue bilang  siapa tau mereka sahabatan. Mungkin aja dulunya pernah ada pepet-pepetan. Knowing si Aa RA ini memang demen godain cewek. Kaga bisa lihat yang bening dikit, godain dah. Tapi emang dia tipenya gitu, tergantung ceweknya aja gimana. Ini bukan pembenaran atas sikap si Aa RA, ya. 

Di dunia mereka, apalagi yang komedi-komedi, becanda menjurus porno udah biasa. Pelak peluk atau hal lain yang buat orang biasa mungkin masuk kategori mesra, udah biasa. Becanda, akrab satu sama lain. Ya emang begitu. 

Tapi karena gue biasa berteman sama laki, dan kebetulan pernah berada di belakang layar produksi TV sejenis, jadi lumayan tau lah ya. Dan menurut gue, ya ada kemungkinan aja mereka hanya berteman. 

MASA IYA TEMENAN, TAPI KOK.. 

Bukti mengarah ke perselingkuhan? Cek in? Liburan bareng? 

Ini berkaitan dengan hal yang kedua. Mungkin karena status ATT yang janda. Sudah jadi rahasia umum bahwa status yang satu ini amat sangat tidak menguntungkan buat seorang perempuan. 

Konon, perempuan itu kalau belum nikah poinnya 0, menikah poinnya 1, punya anak poinnya 2. Tapi ketika jadi janda [apalagi janda cerai], maka poinnya bukan balik lagi ke 0, melainkan minus 1 atau bahkan 2, 3, 4, tergantung penilaian masyarakat. Sedih ya? 


gue cari beberapa gambar mengenai 'janda' di google, bahkan naro di sini aja gue nggak tega :'(  --just don't google it
Janda berarti gatelan. Alias mau aja dicolek sana sini. Janda berarti gampangan, diajak ngapa-ngapain aja bisa. Nggak heran julukan populer buat ATT adalah Japok, yang bawa-bawa status ATT tersebut.

"Ya lagian udah tau janda tapi kecentilan"

Men, dia kan artis. Dangdut pula. Yang emang lazim dengan image kecentilan. Namanya dia aja kurang  ketimpringan apa coba? 

Dan dia cari duit dari situ. Lo yang pada ngomongin dia, bisa supply duit buat biaya anaknya? Atau kalo kalian nyuruh dia ganti profesi, coba aja tawarin MLM, mana tau bisa meraih mimpi. 

Coba kalo Aa RA digosipinnya dekat sama artis non janda, pasti nggak akan seheboh ini. Ya karena stigma masyarakat aja terhadap status yang satu ini kan, jadi rame. Para istri pun memusuhi semua perempuan berstatus janda, takut suaminya direbut. Emangnya janda man eater? Janda juga pilih-pilih kalik. Udah pernah gagal dalam pernikahan, masa mau sembarangan. Eh ya walaupun ada juga sih yang nggak peduli sama hal tersebut, menikah lagi dengan siapa aja atau jadi yang keberapa aja asalkan keuangan terjamin. Lazimnya terjadi sama perempuan yang mengidap Cinderella Complex kaliye, menganggap pernikahan adalah jalan keluar dari permasalahan hidupnya. 

Anyway, gue bukan balajaer, balanemo, balagurame, balasalmon atau yang lainnya. Ini cuma opini pribadi gara-gara kemarin sakit dan tidur doang di rumah gue nonton infotainment mulu. Haha. 

Gue mah bala-bala pake sambal kacang! 

Ini kan lebih enak - gambar dari cookpad

Oiya, lalu bagaimana dengan GG?
Cemburu, yaudah pasti mungkin lah. Suaminya digosipin gede-gedan begitu, masa iya nggak cemburu? Wajar banget. Tapi salut lah sama Mbak GG yang nggak ngompor-ngomporin atau kepancing suasana, malah asik-asik aja upload kegiatan dia. Ya mungkin seharusnya perempuan begitu ya. Ada kekuatan dalam diam mereka ;)

Thursday, March 9, 2017

Yakin Suka Sama Perempuan Pintar?



Selasa malam gue ngopi-ngopi sama @dresthikill. Di tengah perbincangan ngalor ngidul dengan sesekali curhat itu, gue melontarkan celetukan, “Kenapa lo nggak sama si A [nama cewek] aja sih. Cantik nih!”. Terus Dresthi jawab, “Ogah ah, bego dia”. Hehe.

Gue tau, banyak banget cowok yang menjawab lebih pilih cewek pintar daripada cewek yang sekadar mikirin penampilan. Gue tau banget nih, karena kebetulan teman gue yang laki banyak.

Menurut gue pribadi, cewek pintar itu penting. Not necessary pintar yang IPK nyaris 4, ahli matematika, hapal isi UUD [iye, gue nggak hapal. Haha] dan seterusnya. Tapi lebih ke pintar yang bagaimana dia membawa diri, meng-update informasi, berpikir secara logis, nggak ikutan menyebarkan hoax [aslik deh, yang ini bakal gue tulis  terpisah. Sebel banget!], berkarya, dan seterusnya.

Kenapa cewek harus pintar?

Karena perempuan akan melahirkan generasi penerus bangsa.

Duile banget nggak, bahasanya?


Tapi serius deh, kalau merujuk buku Second Sex-nya Simone de Beauvoir [buku rujukan gue zaman skripsi], kodrat perempuan adalah tubuhnya. Tubuhnya memiliki rahim, sehingga kodrat perempuan adalah mengandung dan melahirkan. Nah, dari perempuan lah sebuah kehidupan akan dimulai. Kalau seorang perempuan tidak cerdas memilih asupan saat hamil, bagaimana nasib anaknya? Kalau seorang perempuan nggak mau meng-update kecerdasannya tentang ASI, gimana?

Percayalah, begitu banyak 'kodrat' yang hadir di sekitar kita terbentuk karena dunia kita kental dengan sistem patriarki
 
Kalau masalah pendidikan anak, ini kan anaknya udah di luar rahim, ya, jadi HARUS dilakukan oleh kedua belah pihak. Tapi memang, kalau merujuk pepatah sih bilangnya “Ibu adalah sekolah pertama anak”. Percayalah teman-temanku, setelah lo jadi ibu, apa yang lo rasakan, lo pikirkan, lo lakukan, dsb itu akan menular ke anak. Lo suka berkata bohong? Lo suka dandan? Lo suka baca? Lo suka ngomong? Hal ini terbukti banget, bahwa anak adalah refleksi diri kita.

Cita-cita semua orang adalah punya anak yang cerdas, berguna bagi nusa dan bangsa toh? Nah, jadilah orang yang seperti itu dulu :)

Apakah tuntutan agar perempuan pintar hanya karena masalah keturunan?

Nggak juga.

Buat gue, menjadi cerdas adalah hal yang harus dipenuhi. Orang yang cerdas akan tahu apa yang dia mau untuk hidupnya. Bukan, bukan berarti gue perempuan yang cerdas. Gila kaliii, pede amat. Haha. tapi gue memilih untuk cerdas dengan menjalani hidup yang sekiranya bisa membuat gue bahagia. Menjalani hidup yang sekiranya bisa membuat gue menikmati hidup tanpa banyak mengeluh.

Balik lagi ke masalah laki-laki yang katanya lebih suka sama perempuan pintar. Yakin lo ngomong begitu?

Buat kaum laki-laki, kalau lo bilang suka sama perempuan karena kepintarannya, please buang jauh-jauh pemikiran bahwa perempuan tugasnya itu di sumur, dapur dan kasur. Pahami dulu bahwa perempuan memiliki kesetaraan hak dan kewajiban dengan laki-laki di muka bumi ini. Pahami dulu bahwa pengasuhan anak adalah tanggung jawab orangtua bukan ibu semata. Buang jauh-jauh pikiran bahwa perempuan tugasnya melayani. Huff.

So true! Masnya makin ngganteng karena memegang poster tersebut :) - diambil dari IG @RapplerID
Kalau bilangnya suka sama perempuan pintar/ cerdas, maka miliki pemikiran yang terbuka. Perempuan pintar akan berargumen ketika beda pendapat. Perempuan pintar akan mendebat jika omongan kalian salah. Perempuan pintar itu opinionated, nggak takut mengungkapkan apa yang dia mau. 

Makanya kalau bilang suka perempuan pintar, otomatis harus mau menerima pemikiran orang lain, bisa melayani argumentasi dengan lawan jenis, berdiskusi dengan baik, nggak seksis. Intinya mah, menerima bahwa perempuan memiliki hak dan kewajiban yang sama. 

Pinjam dari IG @adlinefebri

Seorang teman laki-laki gue yang mengasuh anaknya karena sang istri kuliah di luar negeri selama beberapa tahun dulu pernah bilang, “Apa bedanya gue sama B [nama istri]? Mandiin anak, gue bisa. Nidurin? Nyuapin? Ngajak main? Bisa semua. Yang gue nggak bisa kan hanya nyusuin anak gue aja”

Akhirnya gue bisa menyimpulkan bahwa laki-laki berkualitas adalah mereka yang nggak takut pada kesetaraan. Mereka yang nggak berlindung atas nama budaya/ agama/ apapun untuk melegalkan perlakuan mereka terhadap perempuan.
 
Nah, kalau kalian bilangnya suka sama perempuan pintar, maka pemikiran seperti di atas yang pertama kali harus dimiliki. Sudah siap belum?

Kalau belum siap untuk berpikiran terbuka antara kesetaraan gender, mendingan pikirin lagi baik-baik kalimat "Gue suka sama perempuan yang pintar", ya.