Friday, September 27, 2013

Ga Masuk Akal!

Tadi pagi gue berangkat dari rumah jam 7.30 jalan kaki 5 menit sampe sekolah Langit. Terus biasa deh, say hi dulu sama beberapa ibu-ibu di sekolah. Update kejadian yang ada di sekolah plus gosip-gosipnya #eh. Ini sekalian juga nunggu Langit masuk kelas, karena dia dan teman-temannya baris dulu di halaman.

Jam 8 kurang 15-an gue ke tempat omprengan mangkal. Wih orang banyak bener! Curiga ga ada omprengan, eh ternyata bener. Kosong! Menurut para timer, macet banget sampe mobil-mobil itu pada belum balik.

Fyi, biasanya kalo pagi omprengan bisa 2x balik. Semua rute Sudirman, Thamrin, Kuningan, Blok M kosong!

Akhirnya gue ke pangkalan busnya komplek Galaxi. Yang dari pangkalan omprengan juga banyak yang akhirnya ke sana.

Sekitar jam 8. 20 bus berangkat. Lalu bus sampai Blok M sekitar jam 9.45. Keren banget! 2 jam keluar dari rumah gue baru sampe Blok M.

Sekarang juga nih, jalanan padatnya luar biasa. Gue dari Ratu Plaza jam 7-an, sampe jam 8 baru sampe Kuningan.

Jalanan sekarang ini udah makin nggak masuk akal. Salah siapa? Salah gue aja kali ya nggak bawa mobil pribadi jadi repot sama angkutan umum!

Pajak naik, tol, ERP, bbm naik, menurut gue nggak akan mengubah mindset seseorang sih.

Ya nggak usah lah yang udah kerja, yang berarti berhak menikmati jerih payahnya dengan naik mobil pribadi, anak-anak bau kencur aja udah pada bawa mobil sendiri. Sekali lagi, salah siapa? Salah lo aja Lit kepusingan mikirin gituan!

Ya jelas pusing kalo perjalanan setiap hari itu di atas 4 jam pulang pergi. Salah siapa? Ya salah lo juga Lit, punya rumah jauh.

Auk ah.

Tuesday, September 24, 2013

Tetangga oh Tetangga

Gue tinggal di komplek lama. Yang artinya, tetangga gue udah saling kenal satu sama lain sejak mereka masih di usia produktif.
Hah, kok usia produktif? Emang umur lo berapa Lit?

Jadi, komplek gue ini komplek lama. Isinya pun kebanyakan orang lama. Jadi rata-rata tetangga gue udah seusia bokap nyokap. Anak kecil seusia Langit palingan 1-2 itu biasanya cucu :)

Kadang suka iri kalo dengar cerita orang lain yang tetangganya seumuran. Kayanya seru aja gitu bisa hang out bareng atau anak-anak jadi segeng :p

Tapi di posisi gue ini juga asyik kok. Salah satunya nih, karena kebanyakan udah seusia bokap nyokap berarti kan udah usia pensiun. Nah.. jadi sehari-hari para tetangga sering ada di rumah. Emang sih nggak keluar terus, tapi setidaknya gue lumayan tenang ninggalin rumah karena ada Pak A yang bisa dititip lihat anak, Pak D yang rumahnya suka buat nongkrong anak-anak kecil sore hari, Pak C yang suka bolak balik dari ujung ke ujung jalan, dan seterusnya.

Pernah waktu itu rumah gue disamperin tukang PLN. Katanya gue nunggak bayar dan 'ditembak' untuk bayar sekian ratus ribu untuk biaya mutus listrik. Lah udah mau diputus listriknya kok suruh bayar?

Lagi sibuk debat yang kebetulan di depan rumah, Pak D nyamperin nanya ada apa. Yang ada tukang PLN 'penembak' diomelin sama Pak D dianggap memeras, dst. Hihi. Kaya ada bokap jadinya. Secara sini anaknya lempeng yak.

Yang lucu sama Ibu bendahara RT-nya. Karena gue menganggap beliau seumur nyokap, ya gue panggilnya Tante. Tapi dia, karena terbiasa manggil tetangga dengan sapaan "Bu A/ B/ C" jadi lah dia manggil gue Bu Gunari sementara gue manggil dia Tante. Agak ajaib memang :))

Alhamdulillah sih dikasih tetangga yang baik-baik aja. Mungkin juga karena gue dianggap anak bawang ya di lingkungan tersebut, alhasil ga pernah dilibatkan dalam neighborhood politics. LOL.

Bahkan ada tetangga yang ternyata public enemy juga baru tau kemarin. Ya dalam kasus gue, entah anak bawang atau emang lemots dan ignorance aja sih. Hehe..

*toyor kepala sendiri*

Thursday, September 19, 2013

Risiko Ibu Bekerja part 2

Pas Langit TKA gue masih belum terlalu serius sekolahnya. Sekarang Langit udah TKB. Dalam hitungan bulan dia jadi anak SD. Giling, cepet banget ga?

Waktu TKA, Langit sering datang telat ke sekolah. Biasanya karena gue yang telat bangun. Mood-nya pun jadi nggak oke karena serba diburu-buru. Dia juga jadinya cenderung jarang konek sama teman-temannya karena dia telat datang dan temannya udah pada main sama-sama duluan.

Menyadari hal ini, pas TKB gue usaha banget untuk bangun jauh lebih pagi supaya ada waktu untuk bangunin Langit sambil bercanda dan nggak ngeburu-buruin.

Risikonya?
Otomatis gue lebih cepat ngantuk di malam hari
Nggak jarang gue tidur bareng pas lagi ngelonin Langit.

Hal ini bikin gue dan Igun bisa dibilang jarang ngobrol lama secara langsung. Secara dia lebih sering balik malam banget dan pas gue berangkat ya seringnya belum bangun.

Beberapa kali kalo pas Igun udah di rumah pas gue balik, gue tahan banget biar ga ketiduran. Yah salah satu bentuk usaha lah supaya bisa ngobrol. Tapi kondisi begini bikin kadang besoknya agak telat bangun. Atau kalau tepat waktu, ngantuknya jadi edan-edanan.

Padahal bisa dibilang jam kerja nggak terlalu long hours. Tapi durasi perjalanan yang berkisar 1,5-2 jam (sekali jalan) itu yang bikin gue rasanya lama bener ninggalin rumah.

Ini bukan keluhan sih. Yah udah risiko atas pilihan gue jadi ibu bekerja. Dan pilihan ini yang harus gue jalani. Yang penting mah ikhlas dan menjalankan masing-masing peran dengan baik. Susah lah kalo mencapai sempurna.

Karena kesempurnaan hanya milik Allah dan ketidaksempurnaan ya milik Bunda Dorce.

Wednesday, September 18, 2013

Urusan Domestik

Dari kecil gue udah biasa ngerjain urusan rumah tangga. Ngepel, nyuci piring, beresin kamar, sampe ucrak acrik di dapur. Walaupun yang terakhir ini nggak ngebantu gue untuk jadi bisa masak juga sih, hahaha.

Gue nggak menganggap pekerjaan rumah tangga ini menyenangkan, tapi juga nggak pernah anggap hal ini berat. Makanya kalo ART mudik, ya gue santai-santai aja. Semuanya dibawa santai. Selama di rumah masih bisa makan (baca: selama warteg atau RM Padang buka), gue akan tetap santai kaya di pantai.

Lagi belum kawin, bukan berarti gue rajin ngerjain pekerjaan rumah tangga. Nyokap juga nggak pernah bebanin pekerjaan rumah tangga ke anak-anaknya. Apalagi pas gue dan kakak gue udah pada kerja. Ya nyokap juga santai aja. Kalo nggak ada pembantu, udah otomatis kami nyuci piring masing-masing setelah makan. Its by default aja sih. Terus masalah cuci - setrika, pakaian dalam udah tanggung jawab masing-masing. Dulu belum ada laundry kiloan, ya. Jadi nyokap masih suka nyuci. Cuma di anak-anaknya ini jadi kaya ada rasa sungkan kalo harus nurunin pakaian banyak-banyak. Kalo musim libur, ya kami nyuci sendiri lah! Masalah setrikaan, nyokap masih suka nyetrikain, sih. Tapi untungnya juga kami jadi tau diri, kalo lagi senggang dan cucian numpuk, otomatis aja nyetrika.

Sikap nyokap yang nyantai mungkin nurun ke anak-anaknya. Gue sama kakak gue kayanya biasa aja sama pekerjaan rumah tangga. Kalo ART lagi mudik, ya lebih ke ribet karena gue ibu bekerja, sih. Bawa anak ke kantor, memungkinkan. Tapi kan nggak mungkin setiap hari.

Karena dibiasain sama pekerjaan rumah tangga, di manapun, gue santai aja kalo harus nyuci piring atau lainnya. Misalnya, nginep rumah mertua/ ipar, secara mereka nggak ada pembantu, yah minimal alat makan yang kita pakai lah dicuciin.

Atau di kantor. Gue pernah kerja di kantor di gedung bertingkat yang strukturnya lengkap atau kantor kecil mungil yang 'hangat'. Sebagai perintis di sebuah kantor juga pernah. Jadi jangan ngomong kalo "gue dulu biasanya udah ada OB yang bebersih". Itu mah balik lagi tergantung orangnya.

Gue nggak seresik @ondeymandey. Beneran, deh. Meja gue, sejak zaman gue pertama kerja, ya berantakan apa adanya. Tapi menurut gue nggak ada salahnya untuk cuci piring/ gelas yang abis dipakai. Apalagi kalo nggak ada OB di kantor. Yah, males-malesnya nih, itu sendok/ gelas dikucurin air kran aja, kaga ada yang tau ini. Hahaha. Gue juga nggak selalu nyuci alat makan/ minum gue sendiri, sih. Tapi kalo ada sisa makanan di atas meja dan lo tau nggak akan dimakan lagi, masa mau didiemin? Nggak bakal beranak jadi duit juga sih :D

O, ya, gue juga seneng kalo junior pencinta alamnya Igun pada ke rumah. Abis makan, ya pada nyuci piring sendiri. Haha. Selain nggak nyusahin si empunya rumah, juga bikin gue merasa diingetin terus untuk berbuat hal serupa. Gue pernah ngomong ke salah satu juniornya "Nggak usah dicuciin lah, nggak apa. Cuma segitu doang". Jawabnya, "Wah, jangan kak. Ini ajaran Bang Igun, kita boleh numpang sama siapa aja, tapi jangan sampe ngerepotin orang itu".

Lumayan jleb sih, buat gue. Numpang di sini bisa diartikan macam-macam kan, ya. Numpang tinggal, numpang kerja, numpang mobil, dsb. Sebagai orang yang masih kerja di kantor milik orang, gue menganggapnya numpang. Sebisa mungkin, gue nggak mau ngerepotin. Makanya, siapapun yang pernah tau kerja gue atau pernah kerja sama gue, biasanya gue kalo kerja ya kerja.

Melihat apa-apa yang berkembang di sekitar gue, kadang gue suka ngebatin sendiri. Bukan berarti cara gue atau pendapat gue paling benar. Toh setiap orang punya cara masing-masing. Tapi ada aja hal yang suka bikin geleng-geleng kepala.

Hal ini bikin gue suka ngebatin. Mudah-mudahan cara gue mendidik anak gue bener, supaya besar nanti Langit jadi anak yang 'tau diri' di segala macam hal. At least, untuk urusan pekerjaan rumah tangga ini, minimal dia bisa beresin tempat tidurnya sendiri dan cuci alat makan yang habis dia pakai, deh. Bukan buat apa-apa sih, ya syukur-syukur kalo jadi orang kaya atau minimal berkecukupan untuk sewa pembantu, roda kehidupan manusia kan berputar, ya. Jangan sampe dia jadi anak yang nggak bisa ngapa-ngapain juga nantinya.

*ocehan pagi dipersembahkan oleh hormon nggak keruan*




Monday, September 16, 2013

Today's Outfit: Coincidence!

Di Female Daily, sering banget kami pakai baju yang samaan padahal nggak janjian. It happens all the time! Baik itu motif, baju yang sama (maklum sering belanja bareng) atau nuansanya doang.

Minggu kemarin, gue tiga kali pakai baju samaan dengan Adis, editor Mommies Daily. Pertama pake baju putih, sayang lupa foto bareng. Dan memang belum ngeh kalo bakal samaan sering-sering.

Ke dua, pake baju item-item:


On me: Signature Top | Unbranded Skirt | Melissa Shoes | Longchamp Bag
On Adis: Unbranded Top | Sezalicious Pants | BumikuBatikku Shoes | Unbranded Bag

Di hari yang sama, gue ke event-nya SKII di Plaza Senayan. Nggak sengaja ketemu sama Frima yang rajin kasih deadline :D Eh, nuansa bajunya sama juga!


Nah, ini sama Frima malah mirip sampe garis-garisnya :D

Hari ke tiga samaan dengan Adis adalah pake dress dan outerwear.

On me: Pasar Senen Outerwear | Colorbox Dress (baju gue sejak SMP lho!) | Unbranded Shoes | MBMJ Bag
On Adis: Tailor made Outerwear | Unbranded Dress | Unbranded Bag

Minggu ini bakal kembaran sama siapa ya? Konon kalo udah lama mainnya sama sekelompok orang, ga cuma pakaian atau urusan fashion aja yang bisa sama. Di kantor ini malah urusan tamu bulanan aja sering banget samaan :)

Friday, September 13, 2013

Mobil Murah Buat Siapa?

Belakangan ini lagi rame berita tentang mobil murah yang bahkan udah ada PP-nya segala.

Di satu sisi, memang kepemilikan mobil jangkauannya lebih luas. Orang-orang yang mau punya mobil dan mungkin selama ini akhirnya beli mobil 2nd jadi punya alternatif untuk beli mobil baru.

Di lain sisi, bagi yang tinggal di Jakarta mungkin tau lah macetnya jalanan kaya apa. Di saat Pemprov DKI dituntut untuk 'melenyapkan' kemacetan, kok malah ada PP mobil murah? Menteri Perindustrian bilang di sebuah berita bahwa mobil ini bukan hanya untuk warga Jakarta. Ya betul, sih. Tapi bukannya justru di Jakarta yang udah kebanyakan mobil ya?

Apalagi udah rahasia umum kalo produksi mobil itu sangat tidak berbanding lurus dengan pembangunan jalan di Jakarta? Belum lagi bikin mobil 1 hari bisa sekian unit sementara bikin jalanan sekian bulan.

Tapi ga boleh skeptis ah. Gue harus percaya pemerintah bisa nemu jalan keluar.
Menurut gue ada beberapa hal nih:
- Berlakukan ERP alias electronic road pricing. Nggak tau seberapa efektif sih. Jangan dibandingin sama Singapura, secara mereka populasi penduduk juga ga seperti di Jakarta ya. Malah konon saking persentase warga asing dan asli Singapura yang jauh, pemerintahnya sampe bikin modelan malam perjodohan untuk meningkatkan jumlah warga asli.

- naikin pajak kepemilikan mobil. Ini kayanya udah ya. Tapi nggak ngaruh besar sih.

- berlakukan nomor polisi ganjil genap. Walaupun pada akhirnya bakal ada akal-akalan warga, at least sudah nyoba.

- perbaiki dan perbanyak fasilitas transportasi umum. Yang ada sekarang beberapa da yang bagus tapi masih banyak yang kurang. Banyak kok patas AC yang bagus kondisinya. Bus Trans Jakarta juga sebenernya berpotensi tinggi kalau dirawat dan dibanyakin armadanya.

- perbaiki fasilitas pejalan kaki dan sepeda. Sering nih jarak dekat aja orang males jalan kaki di Jakarta padahal kalo ngiterin Orchard atau sepanjang Kuta betah. Atau kalo jalur sepeda memadai gue rasa bisa tuh kaya di Jepang atau Belanda yang masyarakatnya rajon sepedaan ke mana-mana.

- naikin tarif parkir, bbm setinggi-tingginya lalu persulit lahan parkir :D

- pembatasan usia mobil. Kalo ga salah di negara mana gitu ada peraturan yang melarang mobil usia tertentu untuk beroperasi lagi. Kalo di Arab, dulu gue sering lihat mobil- mobil yang ga kepake keleleran di jalan. Kta pemandunya, di sana mobil yang rusak/ tua ya ga dipake sama pemiliknya. Daripada ke bengkel mending beli baru karena ngebengkel mahal. Nah kalo regulasi ini berlaku, boleh dah mobil murah masup. Ya ga?

Pokoknya bikin males orang bawa mobil deh intinya :D
Yah itu kan pendapat gue aja yang dangkal. Abis gemes bo, mobil udah banyak banget sekarang x_x

Wednesday, September 11, 2013

Today's Outfit: Singapore!

Minggu lalu ke Singapura atas undangan dari Philips Regional. Yah sudah cencu bukan jalan-jalan ya ciiin. Kunjungan kali ini adalah ke innovation and design centre-nya Philips. Cerita perjalanan nanti bakal dipost di Mommies Daily, Fashionesedaily dan Travelersdaily. Banyak ya? Sekali kayuh 2-3 pulau terlampaui dong!

Nah, kalo di sini mah postingan nggak pentingnya aja yatu Today’s Outfit! Haha..

Day 1
Pesawat jam 11.30. Berarti berangkat dari rumah jam nanggung dong-dong-dong? Hahaha. Takut telat, gue berangkat jam 7 kurang. Berhasil sampe bandara jam 9 kurang. Fiuh!

Top: lupa | Black pants: NewLook | Boots: Rubi | Bag: Longchamp | Luggage: Polo

Sampe Singapur, langsung ke hotel, check in hotel lalu jalan ke Garden by the Bay.
ga tahan lihat cermin gede :))
Dress: TypoError | Jacket: from Closet Quickies
Bareng Pak Kornelius dari Kompas dan Mumu dari Cosmopolitan Indonesia
Bareng teman2 media kiri ke kanan: May (Filipina), Me, Salih (Astro Malaysia), Pak Kornelius (Kompas), audioman from Astro Malaysia (sumpah ga tau namanya), Linna (Astro Malaysia), Intan (New Straits Times, Malaysia), Mumu (Cosmopolitan Indonesia), Mr. Paulo (Filipina)


Ini beberapa foto selama di Garden by the Bay. Kesan gue: jalan-jalan di hutan aja lebih asli :)





Abis dari situ langsung makan malam di Mamanda. Ada sayur lodeh! Baliknya, some of us mampir ke House di Dempsey Road. Tadinya mau ke PS tapi penuh. Akhirnya ngupi aja di House. A bit spooky :p

Day 2
Time to work! Seharian bener, dari pagi sampe sekitar jam 5 lewat. Kemudian ke hotel ngedrop yang pada mau istirahat, beberapa ke Orchard. Sampe Orchard udah jam 6, sementara jam 7 kudu dinner. Hiyak!






Top: Forever21 | Pants: unbranded | Boots: Rubi

Makan malam di Grand Hyatt, makanannya enaaaak! #MenurutNgana. Abis makan langsung balik ke hotel, tadinya mau ke PS tapi udah kemalaman dan kayanya pada tepar.

Day 3
Pulaaaang! Tapi nggak langsung pulang, sih. Kami harus ke Batam dulu ke kantor Philips yang di sana. Singapura hujan deraaaas banget! Pantesan di kamar gue agak gelap, kirain karena belum nyalain lampu, ga taunya emang hujan deras. Sampe si gedung-gedung yang di seberang kamar biasanya keliatan jadi nggak keliatan.



Top: Forever21 | Pants: Newlook | Boots: Rubi

Langsung ke Harbour buat boarding ferry nyeberang ke Batam. Walau cuaca buruk, tetap nyeberang, jo!



Sampe Batam langsung ke area industri. Batam hujan deras pun, sampe jalanan yang kita lewatin banjir. Abis dari pabs, makan siang di Kepri Mal terus cus ke airport.

Dengan jadwal yang padat merayap itu, alhasil gue nggak beli apa-apa. Serius! Cuma beli magnet kulkas titipan emak dan aneka cokelat. Canggih lah! *kekepin dompet*


Tuesday, September 10, 2013

Nebengers

Jauh sebelum ada akun Twitter @nebengers, gue udah menyandang status ini. *bangga pada tempat yang salah*.

Kayanya sejak SMA gue udah jadi salah satu penebeng sejati. Kalau ada ultah teman atau acara sekolah, gue nggak sungkan nanya ke teman berangkat naik apa dan sebagainya. Sebenarnya bukan karena nggak tau malu, sih. Tapi gue emang senang aja kalau di perjalanan ada barengan. Kalau gue diantar bokap, maka gue akan sebar info ke teman-teman ada yang mau bareng apa nggak.

Pas anak-anak ICAS udah pada bisa setir mobil, ya udah pasti gue nebeng mereka. Mau atletik kek, acara ulangtahun kek, perpisahan, buka puasa, atau cuma jalan-jalan. Keuntungan tersendiri kalau se-gang cewe sendiri, hahaha!

Nah, kalau pas SMA emang rumahnya sedaerah, makanya yang judulnya nebeng berakhir diantar atau dijemput sampai rumah. Pas kuliah, lain cerita. Gue ketemu teman dari berbagai penjuru. Alhasil nebeng sampai rumah aka minta anter tinggal kenangan. LOL.

gambar dari sini

Sekitar kuliah semester 3, gue mulai kerja di daerah Tebet. Rute gue jadinya Condet- Lenteng Agung- Tebet atau Condet- Tebet- Lenteng Agung. Biasanya gue lalui dengan naik KRL. Tapi kemudian dalam jangka waktu 3 bulan, gue kecopetan 3 kali. Alhasil gue menghentikan naik KRL dan beralih naik bus!

Lama-lama pegel juga nungguin bus, gue mulai lirak lirik teman yang rutenya yah, setidaknya mirip lah. Tebeng menebeng dimulai! Nebeng sampai Pasar Minggu, sampai Pancoran, dan seterusnya gue jalani dengan senang hati. Demikian juga dengan pulang kerja, kebetulan kantor gue dulu letaknya di jalan yang satu arah, alias di Tebet Utara Raya yang sekarang jadi heits Tebet Gawul. Repot lah ya kalo nunggu angkot, kudu jalan ke arah Kasablanka. Akhirnya nodong teman atau siapapun untuk nebeng :D

Kemudian sekitar 2004 gue cukup rajin bawa mobil sendiri ke kantor. Kalo kondisi begini, gue nggak boleh curang dong, ya. Dengan senang hati juga mobil gue jadi tebengan anak-anak yang searah.

Setelah menikah, gue mulai malas bawa mobil sendiri. Selain jalanan udah mulai macet, kan ada Igun yang kebetulan sekantor jadi bisa nebeng sama suami *lah, sama suami bukan nebeng dong ya?*.

Tapi sesekali kalo Igun lagi tugas ke luar kota, gue nebeng sama teman juga dong. Apalagi pas pindah rumah ke Bekasi, pas banget ada temen cowok yang rumahnya deketan, dia deh ketempuan untuk gue tebengin, haha!

Kejadian tebeng menebeng ini masih berlangsung sampai sekarang. @missyita adalah tebengan abadi gue, secara di awal Female Daily, ya kami berdua ini aja yang #AnakTimur. Syita mau lho, ke luar tol Kalimalang dulu demi si penebeng ini. Duh, De, mudah-mudahan Wedding Organizer Amaya-nya sukses yaaaaaaa *bukan promo*.

Mungkin ada beberapa orang yang males atau gengsi nebeng, Kalo gue sih, cuek aja. Bukan berarti nggak tau malu, ya. But in my defense, tebeng menebeng ini menyenangkan. Kalau gue ditebengin, gue seneng. Karena sepanjang perjalanan jadi ada teman ngobrol. Kalo gue nebeng, udah pasti transportasi lebih aman dibanding gue naik angkutan umum, kan.

Gue pernah juga dong, nebeng sama @bheboth dan @citramonica padahal kami baru kenal di sebuah event. Ini malu-maluin ya? Hihi..

Sementara kalau race event, tebengan gue adalah @R33n3e dan suaminya, Dicky. Ini oon banget, gue selalu jadi bajaj di antara mereka berdua. Kadang suka nggak enak, tapi ya race event jam 4 pagi berangkat, #MenurutNgana. Gue nggak ngebayangin aja baliknya abis lari masih harus nyetir *urut betis*.

Eh, sampai nebeng ke OB, driver pak bos atau security kantor dulu juga pernah. Hahaha, malah pernah ada cerita lucunya, nanti akan gue kompilasi ah sebagai Kebodohan Berulang :))

Selain nebeng, gue juga seneng sharing taksi. Tadi pagi nih, baru kejadian. Omprengan yang dinanti tak kunjung datang, akhirnya ber-4 sama 3 ibu kerja lainnya,kami sepakat untuk sharing taksi sampai Semanggi. Lumayan banget lah. Taksi yang argonya 100 ribu, kami bagi ber-4. Not bad, eh? Walaupun kasus gue, masih kudu nyambung taksi atau bus lagi ke Keman. Tapi lumayan lah.

Ini bukan sekali dua kali gue sharing taksi. Udah sering deh. Beberapa kali kalau dari Kuningan ke arah Bekasi nggak ada omprengan, maka sharing taksi deh dengan sesama penumpang. Lumayan banget kan selain untuk penghematan biaya transportasi masing-masing, juga untuk hemat space kendaraan di jalanan kan ya?

Bayangin, kalau ada 10 taksi yang jalan bersamaan padahal harusnya bisa masing-masing bertiga dalam taksi, udah hemat gas buang berapa persen tuh? Belum lagi 10 taksi dijejer berapa meter, kalau cuma 3 taksi juga hemat space kan?

Makanya pas ada akun Twitter @nebengers gue langsung follow, walaupun sampai sekarang gue belum berhasil #CariTebengan atau #BeriTebengan bahkan #ShareTaxi. Mungkin juga karena gue udah biasa nebeng atau share taksi, jadi offline-nya juga udah jalan. Hahaha.

Jadi, kalau ada yang rumahnya di daerah Galaxi dan kantornya di Kemang atau Blok M, aku mau dong, nebeng :D

*kayanya gue bisa diusung sebagai #DutaNebeng2013 deh *

Saturday, September 7, 2013

Gejolak Kawula Muda

Ada yang tau film era 80-an ini?
Intinya film ini adalah tentang keinginan anak muda yang ditentang oleh orangtuanya.

Dari sisi anak muda, atau ketika muda dulu *ngunyah sirih* pasti kita sering merasa bahwa orangtua kita nggak mau dan nggak bisa ngerti apa yang kita inginkan. Nggak asyik!

Setelah jadi orangtua, sedikit banyak gue bisa memahami peran di sisi yang lain.

Sebenernya ini adalah sebuah blogpost duka cita. Tapi gue bingung cara menulisnya.

Beberapa hari yang lalu, status seorang tante isinya duka cita. Ternyata keponakan dari si Om meninggal.

Penyebabnya?
Kecelakaan motor.
Sedih dengarnya. Usianya baru 16tahun. Still long way to go, sebenarnya.

Lebih sedih lagi pas tau bahwa kecelakaan ini saat ia hendak memamerkan motor ninja barunya yang ber-cc besar ke teman-temannya :(

Gue ga berani nanya kenapa orangtuanya akhirnya beliin motor itu. Gue ga nanya kenapa anak baru usia 16tahun, yang berarti belum punya SIM bisa punya motor sebagus itu.

Ini persis banget sama sebuah iklan layanan masyarakat kalo ada yang inget. Si anak lulus SMP minta beliin motor, nggak dikasih si anak ngambek. Akhirnya  dibeliin sama orangtuanya. Si anak pergi merayakan motor baru, kecelakaan yang mengakibatkan ia cacat.

Gue sih sebagai orangtua, pasti pengen kasih anak yang terbaik, terhebat, tercanggih dan ter- lainnya. Tentu ada kebanggaan saat bisa memberikan yang ter- itu.

Salah? Ya nggak dong, naluri orangtua kali ya.

Walau nggak memungkiri ada juga orangtua yang mengorbankan anak demi kebahagiaan mereka sendiri. Eh, tapi kalo dipikir-pikir kasih yang terbaik slash termahal ini kebaikan anak atau ego orangtua ya?

Pada akhirnya, kita saat jadi orangtua hanya bisa menyesali apa yang pernah kita berikan atau apa yang tidak kita berikan.

Setiap orangtua pasti akan melakukan kesalahan. Dan itu manusiawi. Mudah-mudahan sebelum terlalu banyak, gue bisa sadar akan hal tersebut.

Sunday, September 1, 2013

You're Not a Victim

Beberapa waktu lalu ngobrol mengenai perempuan sama @ipongita.

Kami mencapai kesepakatan bahwa perempuan kadang bisa jadi begitu naif, kalau nggak mau dibilang bodoh, dalam membuat keputusan. I know it sounds harsh. Tapi ada beberapa kasus di sekeliling gue yang bikin gue bisa bilang begitu.

Cerita 1
Ada seorang teman, sebut aja Neneng Anjarwati alias NA :p
Dia seorang single mom. Cerai dari suaminya karena sang suami melakukan KDRT. Sampai di sini, ia telah melakukan kteputusan yang tepat, bukan?

Hari demi hari, lalu NA mulai berhubungan romantis dengan seorang pria yang ga lain ga bukan atasannya di kantor. Mereka pun menikah.

Salah di mana?

Pertama, si lelaki udah punya istri.
Kedua, dia bisa masuk kantor itu karena istri si lelaki adalah temannya.

Masih kurang?
Si lelaki mau kawinin dan menyediakan tempat tinggal utk NA di sebuah apartemen mewah dengan catatan: NA nggak boleh bawa anak dari perkawinan dengan suami pertamanya.
Dan, NA setuju.

Yang menyedihkan, waktu proses cerai hak asuh adalah salah satu yang diributkan oleh pihak suami.
Look who's laughing?

Cerita 2
Seorang perempuan sebut saja namanya Siti Tuti Susilawati Sutisna alias STSS (susah ya? Itu nama asli Sania, btw. Haha). Dia janda beranak 3. Suami sudah meninggal, anak sudah besar hanya 1 yang masih sekolah.

Alkisah, STSS kenal dengan seorang pria. Flamboyan, mulut manis dan usia lebih muda. Pria ini gencar PDKT sama STSS yang notabene, janda kaya.

Pria ini, sebut saja PK alias Pria Berkumis, kalau ga mau disebut sebagai Penjahat Kelamin sih. Sudah beberapa orang yang mengaku ditipu oleh PK. Apa STSS percaya? Oh tentu tidak. Cintanya malah makin membara. Akhirnya mereka menikah. STSS jadi istri ke-2.

Apaaaaa?
Ya, PK sudah nikah dan punya anak.
Setelah menikah, lambat laun STSS mulai kehilangan materi yang sebelumnya jelas-jelas dimiliki. Termasuk rumah, mobil, perhiasan dan banyak lagi.

Singkat cerita, mulai banyak orang datang ke rumah STSS untuk nagih hutang. Mulai dari debt collector sampai ibu rumah tangga yang ketipu jual beli rumah. Mereka semua entah gimana caranya bersatu mengadukan PK (dan STSS, karena ada beberapa kasus yang ternyata menggunakan namanya) ke polisi.

Sejak awal semua orang sudah menghalangi hubungan STSS dengan PK. Tapi, atas nama cinta (?) logika tak lagi dirasa.

PK jadi buronan. STSS menghilang. Anak-anaknya? Telantar.

Cerita 3
Seorang teman, sebut namanya Ayu Ting Ting alias ATT.
Waktu remaja, ATT punya anak sama temannya. Kemudian mereka menikah. Tapi karena emang nggak cinta, pernikahan kandas.

Suatu hari, ATT terlibat cinta lokasi sama rekan kerja. Sampai akhirnya ATT hamil (lagi).

Dinikahkan kah ATT?
Tentu tidak. Si lelaki, sebut saja namanya Ali Oncom alias AO, sudah punya anak istri.

Awalnya mereka baik-baik saja. AO tetap supply kebutuhan ATT dan anak-anaknya. Sampai suatu hari, ya namanya nggak ada ikatan tanggungjawab, AO ke laut *ngilang dari peredaran maksudnya*.

ATT coba cari, tapi ketika ketemu pun mentah hasilnya. Alhasil ATT pun banting tulang untuk melanjutkan hidup dengan kedua anaknya.

Masih banyak cerita lain seputar perempuan yang nasibnya kurang bagus di seputar gue. Tapi selain saat ini gue lupa, juga karena gue pening cari nama aliasnya. Hihi.

Menurut gue kadang kita, nggak hanya perempuan ya, semua orang deh sering banget memosisikan diri sebagai korban. Playing victim. Yah kaya dulu SBY tahun 2004 lah *apee*.

Padahal kalo dari cerita-cerita di atas gue yakin masing-masing punya pilihan yang mungkin pilihan itu nggak bikin merela jadi seperti saat ini. Memang, pilihan apapun yang diambil pasti akan ada risikonya. Baik atau buruk, itu konsekuensi yang harus ditanggung.

But hey, im not wearing their shoes. Jadi gue ga berhak untuk nge-judge. All i do is, listen and support them :)

Just remember, you are not a victim. You are actually have privillege to choose what you want :)