Wednesday, June 26, 2013

Manusia Berencana..

..yang menentukan, Tuhan..

"Aquarius starts the day with sleepy head and ends the day with wide awake"

Inget banget waktu itu si akun-akun zodiak ngetweet demikian. Terus gue ngerasa, ih bener banget! Gue bukan morning person. Susah bener bangun pagi. Tidur cepet itu baru setahun belakangan ini deh gue lakuin. Itu pun jatohnya ketiduran, bukan sengaja tidur awal.

Kenapa suka susah tidur, karena begitu badan udah di kasur, tapi pikiran gue ini masih sering jalan ke mana-mana.

Hal yang paling sering gue lakuin adalah merancang besok mau pakai baju apa. Nah, penting banget kan? Hihi.

Biasanya hal ini berkaitan sama besok hari itu ada meeting apa nggak, ada ketemu sama siapa, dan sebagainya. Kalau ke kantor doang, berarti gue bisa santai kaya di pantai bajunya. Kalau ada meeting, ya rapihan dikit lah.

Kadang juga kepala gue ada ide untuk artikel. Ini harus segera dituangkan, kalo enggak, gue bisa lupa. Serius deh. Atau malah kalo udah dibesokin, nggak dapet lagi feel-nya.
Atau gue sibuk bikin to do list. Besok bangun pagi harus ngapain, sarapan apa, sampe kantor apa dulu yang harus dikerjain, dsb dst.

Tapi ya, namanya juga manusia berencana namun Tuhan yang menentukan. Walau udah bikin rencana yang (nampaknya) tersusun baik, ada aja hal-hal kecil yang ganggu.
Misalnya nih, baruuuu aja kemaren terjadi.

Gue dapet sopir taksi yang nyetirnya nggak enak. Dasar suka kampring, gue kalo naksi yang nyetir nggak enak suka neg :( nah, kalo udah gini, rasanya badan ga enak banget. Mana ada 2 buah meeting pula. Karena kebiasaan ini, gue selalu nyiapin permen di tas sebagai penghalau atau pengalih perhatian. Biasanya sih permennya random, tapi emang gue suka yang rasa jahe atau mint. Nah, waktu pertama kali nemu permen Vicks Jahe, kayanya awalnya dikasih (apa ngambil?) dari Putri, gue agak ragu. Rasanya bakal gimana, ya? Secara mint itu mendinginkan dan jahe menghangatkan. Eh, ternyata endes! Nggak tau, ya, menurut gue rasanya pas aja. Jadi lah permen ini selalu ada di dalam tas gue.



O, iya, balik lagi ke meeting kemarin. Pas udah mulai ngeh si pak sopir nyetirnya nggak enak, buru-buru deh gue nenggak (ceile) si permen. Begitu sampe di lokasi meeting, ngadem dulu di toilet, haha. Maksudnya, menenangkan diri gitu. Baru deh meeting.

Kenapa sampe menenangkan diri? Soalnya bagi gue, meeting-nya penting. Soal apa, sih? Gue kasih bocoran, ya. Gue meeting sama salah satu penerbit besar di Indonesia. Hooray! Doakan pembuatan bukunya lancar jaya. Amin!

*tulisan ini dibuat atas kerjasama penulis dengan Vicks Indonesia*

Sunday, June 23, 2013

Pesta Rakyat

Malam minggu kemarin, sama Igun dan Langit, gue ke Jakarta Car Free Night (CFN).
Sehari sebelumnya, gue bilang sama Igun bahwa akan ada Slank di sana. Tanpa dijawab (seperti biasa), gue rasa dia tau bahwa itu #kode gue ngajak ke sana. Sabtu siang, gue lihat tweet-nya @AbdeeNegara bilang bahwa Slank nggak main di CFN. Sore abis mandi, igun udah rapi, gue bilang Slank nggak main. Ya sudah, dia ada rencana mau rapat sama anak-anak pencinta alamnya.
Gue pun bergegas (ceile) lari-larian sore. Pas lewatin pos satpam, eh lagi pada nonton berita tentang keramaian CFN. Gue bbm Igun, kayanya seru juga ke sana. Akhirnya, lari baru dapet 2km, gue puter balik deh siap-siap berangkat ke CFN.
Jam 6 kami berangkat, muacetnya RUAR BIASA. Gue bolak balik bilang, nggak usah ke CFN, macet bener. Akhirnya kami keluar tol Semanggi, ga bisa putbal, lurus lewat MPR/DPR, belok ke arah Permata Hijau terus lewati TVRI. Tadinya mau ke Jakcloth, ga jadi juga, padet bener cyin!
Pas lewati Kuningan, malah belok kiri, teruuuus sampe ke arah Latuharhari, terus malah nembus ke jalan yang ke HI. Kami parkir di sana, yeay, akhirnya jadi ke CFN!
lautan manusia

Komentar gue: terharu!
Orang-orang bener-bener nampak enjoy selama di sana. Puenuhnya jangan ditanya! It is Pesta Rakyat yang sesungguhnya! Orang-orang bisa bersenang-senang tanpa dipungut biaya. Tua-muda, kaya-miskin, tumplek blek!
Banyak yang benar-benar menikmati panggung hiburan yang tersebar di beberapa titik Jl. Thamrin- Sudirman. Gue ga sampe jalan ke Monas, di depan Sarinah penuh banget cuy! Ada juga yang naik sepeda, ngajak anak jalan-jalan sampe bawa stroller, foto-foto, atau ya kaya kami ini, jalan-jalan doang.

Kami kemudian stay di jembatan penyeberangan depan Pullman. Ngeliatin lautan manusia dari atas. Terus sempet mampir depan bunderan HI, banyak anak-anak kecil lari-larian main air, hihi. Foto-foto bentar, terus makan di dekat situ, kemudian nongkrong di jembatan seberangnya gedung OCBC (cmiiw). It was fun!
Pergi bertiga, fotonya gantian, dah :D

Kata nyokap, hal seperti ini hanya terjadi zaman Ali Sadikin, gubernur kesayangan nan legendaris itu. Namanya, Malam Muda Mudi. Gue rasa banyak orang yang terharu dan gembira karena hal ini dihidupkan lagi sama duo Pak Jokowi dan Pak Ahok yang notabene 'bukan Putera Betawi'.
Sebagai #TeamJokowiAhok, gue bangga banget dah sama mereka berdua. Tanpa perlu biaya besar, mereka bisa bikin rakyatnya senang (walaupun mungkin hanya untuk semalam).
Pas banget Jumatnya Jokowi kan ultah, sempat banyak tweet baik yang positif dan negatif tentang beliau. Kalo gue sih mandangnya, pas dapet pemimpin yang baik, kenapa sih nggak didoain supaya tetap baik? Kenapa masih nyinyir? Macetnya Jakarta, yang bikin siapa? Ya penduduknya, kan? Mau seorang Superman pun nggak akan bisa benerin Jakarta/ sebuah kota kalo penduduknya nggak ikut berpartisipasi.
Contoh, pas gue jalan kaki ke arah Imam Bondjol, pas ujung itu kan mobil masih boleh lewat. Banyak banget mobil-mobil bunyiin klakson tanda nggak sabar karena nggak boleh jalan. Padahal polisi menghentikan mereka karena ingin mendahulukan pejalan kaki pengunjung CFN. Heartless bitch!
Btw, di CFN aka Pesta Rakyat kemarin, gue lihat ada pemandangan menarik. Seorang bapak polisi yang dikelilingi anak-anak kecil. Fyi, anak-anaknya ini anak-anak pemulung (kelihatannya)mereka rupanya terkagum-kagum sama aksesori yang dipakai si bapak. Ada yang pengen pake topinya, ikat pinggang, ada yang hanya memandang dengan tatapan kagum. Si bapak polisi ini, tersenyum, kemudian makein salah satu anak topinya. Duh, kalo bukan di Pesta Rakyat, mungkin hal ini nggak akan terjadi, ya :')

Powered by Telkomsel BlackBerry®











Thursday, June 20, 2013

Today's Outfit: 48 Hours at KL

Minggu lalu gue ke KL. Kali ini dalam rangka kunjungan ke Papamy Factory, alias pabrik AC Panasonic. So excited! Kenapa? Karena si AC Panasonic ini hits banget di forum AC di FD. Jadi pengen tau dong apa sih rahasiannya *ceile*

Tapi tentu saja, urusan itu nanti akan gue bahas di Mommies Daily. Di sini mah, posting yang kurang penting aja, haha!

Pergi ke KL harusnya 3 hari, tapi gue minta balik duluan karena Langit pentas seni. Ibu yang baik bukaaaan *ngaku-ngaku*. Soal baju, standar lah, gue selalu bawa 1 ransel sajah. Yang pada akhirnya nyusahin diri sendiri karena nggak bisa belanja apa-apa di Ikea T_____T
Day 1:

Blouse: unbranded
Jeans: Levis
Shoes: unbranded
Backpack: Hellolulu

Btw, malam pertama ini, ya, konon belum sah ke KL kalo belum foto depan Twin Tower. So here we are!


bersama seperempat rombongan :)

 Day 2:
Kunjungan ke pabrik AC. Namapun pabrik AC ya bok, dingdong lah hai...


Tartan coat: unbranded
Jeans and shoes: unbranded

Di hari ke dua ketemuan sama Lucy (Mochaskin) member FD dari jaman jebot. Janjiannya di Ikea. Watsapan, "lo pake baju apa, Lit?" asa blind date, ya? Hahaha! Si Lucy bilang "gue pake rok tutu dan boots". Wow, dari jaman di forum emang udah ngeh bahwa Lucy gayanya super keren. Pas ketemu kemaren, ternyata bukan cuma keren, tapi cantik! Dan chatty,  jadi berasa kenalnya udah lama (eh, emang udah lama ya, secara di forum dari 2007, hahaaha)


Hum, ternyata KL not so bad. Walaupun macetnya mirip-mirip lah sama Jakarta. Perjalanan ke bandara pas balik kemaren itu gue barengan sama jam pulang kantor. Alhasil berangkat dari Ikea (lokasinya di mana gue lupa) jam 5.30, sampe bandara jam 7.30. Mayan yaaaaak, macam tol dalam kota lah :))


Monday, June 17, 2013

Keluarga Pilek



Di keluarga kecil gue, pilek itu rajin banget datang. Iya, gue, Igun sama Langit itu gampang banget pileknya. Tau sendiri lah, pilek itu kan asalnya virus, nah, secara kami bertiga masih threesome alias tidur seranjang bertiga, mau nggak mau itu virus tektokan aja. Haha!

Udah gitu, gue dan Igun ada sinus. Jadilah kami kalau pilek, pasti sesak nafas, eh maksudnya blocked nose alias idung mampet. Asli ini nggak enak banget! Kalau udah mampet, gue kaya orang paling rempong sedunia. Ga bisa tidur, ga bisa mikir, ga bisa ngapa-ngapain, tersiksa abis!

Tapi kebetulan gue nggak suka sama obat (emang ada yang doyan?). Maksudnya, gue bukan tipe yang pilek dikit, nenggak obat, batuk dikit ke dokter, syukurlah bukan yang begitu. Jadi lebih hemat #eh. Sama halnya dengan Igun tuh! Beuh dia lagi, minum obat sakit kepala aja harus digerus dulu!
Nah, kebiasaan kami jarang ngabsen ke dokter atau ngobat ini ya nurun ke Langit. Dia juga anti bener sama obat-obatan yang masuk ke mulut. Makanya kalo lagi pilek atau batuk, palingan hanya ngasih obat-obatan luar aja.
Tampangnya kalo lagi sakit suka bikin nggak tega. Tetap aktif, tapi kuyu :'(

 Biasanya kan kalau anak-anak pilek pake yang sedot ingus, tuh. Gue mah nggak. Alasan yang pertama, ga tega masukin alatnya ke idung Langit. Lagian, gue inget deh kata-kata para dokter di PESAT, kalau mau melakukan sesuatu, lakukan dulu di kita. Nah, gue aja nggak mau nyobain nyedot ingus pake alat sedot itu, masa gue mau lakuin itu ke anak gue? Ogah!

Alasan ke dua, menyedot ingus orang lain menggunakan mulut kita itu agak nggak masuk akal. Coba deh, berapa banyak bakteri yang ada dalam mulut kita yang bisa pindah ke idung anak, dan sebaliknya. Jadi biar kata bapak gue dulu (katanya) melakukan itu ke gue, tapi gue nggak deh.

Jadi, pileknya didiemin aja?

Ya kagaklah. Pastinya hanya pake obat-obatan luar aja. Misalnya, bikin uap di kamar biar udaranya nggak kering. Idealnya memang udara di ruangan dibuat lembap, matiin AC dan cukup pakai kipas angin, soalnya udara kering itu bikin idung malah tambah nggak enak, kan. Tapi ya, kalau matiin AC gue agak nggak sanggup, jujur aja. Secara tidur bertiga ya, bok, udara akan lebih ‘hangat’ bukan? Haha.

Selain uap, ya pake obat gosok kaya Vicks gitu. Nah, Vicks ini bukan hanya buat Langit, lho! Gue dan suami juga pake, haha. Agak sok imut, emang. Tapi, karena mengandung menthol dan eucalyptus oil, efek melegakan si blocked nose lumayan banget! Plus, kalo gue sih suka sama sensasi “anget-anget dingin” (kata Langit) yang terasa setelah badan kita diolesin Vicks. Kalau idung tersumbatnya udah tingkat lanjut, biasanya gue combine sama obat tetes idung (ini spscial gue dan Igun, sih).

Emang ya, kalau dipikir-pikir, pilek ini sungguh penyakit yang ringan tapi cukup ganggu. Nggak kerja kalau cuma karena pilek, rasanya buang-buang waktu banget. Tapi selama di angkutan umum srat srot juga nggak enak.

Gue jadi inget kata-kata dokter Pesat “nggak ada orang yang meninggal gara-gara pilek”, haha. Hal ini juga makanya yang bikin yakin bahwa cara gue mengatasi pilek (mudah-mudahan) udah bener :D

*Isi blog ini dibuat berdasarkan kerjasama penulis dengan Vicks Indonesia

Kita Adalah inspirasi

Tadi pagi dapat email ini. Pas baca, langsung berkaca-kaca. Terharu.. 

Maulita Iqtianty
di tempat

Saya menulis surat ini untuk menegaskan apresiasi kita semua atas kesediaan Anda menjadi sumber inspirasi besok. 
Saat briefing di hari Sabtu yang lalu, Anda bertemu dengan begitu banyak teman baru. Nanti, saat Anda mendatangi sekolah, boleh jadi Anda merasa belum kenal dekat teman-teman yang bertugas bersama di sekolah itu. Tapi saya yakin bahwa sesungguhnya kita semua sudah sangat saling kenal. Anda dan teman-teman semua yang hadir di SD itu adalah anak-anak negeri yang di hatinya mengakar rasa cinta yang luar biasa kepada Indonesia kita. 
Anda menyatakan siap ambil cuti, mau jadi guru sehari. Anda siap untuk repot-repot karena cintanya kepada bangsa ini. 
Profesi bisa lain, sektor boleh beda tapi cinta kita kepada bangsa ini sama-sama dalam, tulus dan sepenuh hati. Itulah kesamaan identitas kita semua. Itulah kesamaan para pengajar Kelas Inspirasi ini. Cinta bangsa itulah yang membawa Anda pilih turun tangan, ikut mewarnai masa depan.
Besok Anda akan mengajar. Anda bersiap menyongsong anak-anak SD itu dan mereka pun menanti kedatangan Anda.
Datangi mereka dengan hati dan sepenuh hati. Peragakan cara Anda meraih keberhasilan, tunjukkan bahwa integritas, kompetensi, kerja keras, ketangguhan dan kemandirian adalah resep yang powerful. Izinkan mereka terpana, ajak mereka bermimpi, lepaskan imajinasi itu melangit, biarkan mata mereka berbinar melihat Anda dan mendengar cerita Anda. 
Ya, secara fisik Anda cuma beberapa jam di sekolah itu, tetapi inspirasi yang Anda tanamkan bisa hidup amat lama, bisa tumbuh amat kuat. Anda datang dengan hati, dan merekapun akan menerima Anda dengan hati. Kehadiran dengan hati itu sungguh dahsyat efeknya. Anda bisa menginspirasi mereka, yang efeknya amat panjang. Biarkan cerita Anda, wajah Anda, ketulusan Anda dan semangat Anda jadi bagian dari narasi mimpi mereka.
Semoga, suatu saat kelak, mereka jadi seseorang dan bercerita bahwa inspirasinya tumbuh saat Anda, kakak sebangsanya, datang ke sekolahnya. Biarkan mereka menyimpan cerita Anda sebagai bagian dari semangat memenangkan masa depannya.
Anak-anak memang perlu dirangsang untuk menerbangkan mimpinya amat tinggi, lalu lewat kerja keras yang cerdas dan doa yang tulus mereka diajak untuk -bukan cuma meraih mimpi- tapi diajak untuk melampaui mimpinya. Ya, ajaklah mereka untuk melampaui mimpinya...  
Anda -dan para guru di SD itu- akan bisa berkata kepada diri sendiri bahwa Anda bukan bagian dari yang menggerogoti bangsa apalagi merusak tatanan masa depan. Anda dan semua guru SD itu adalah bagian dari yang ikut menanamkan bibit masa depan yang lebih baik. Sekecil apapun bibit yang Anda rasa telah ditanamkan, ia bisa tumbuh amat besar dan melampaui dugaan kita.
Selamat bertugas, selamat menanamkan bibit semangat, selamat menumbuhkan mimpi. Pada anak-anak SD itu ada pantulan wajah masa depan Indonesia kita. Besok Anda akan jadi saksi awal dan jadi pewarna atas potret masa depan negeri kita. Di depan ruang kelas itu, setiap menit, setiap gerak dan setiap tutur Anda adalah pewarna masa depan itu. Warnailah masa depan itu dengan kecemerlangan.
Sekali lagi, selamat menginspirasi dan sampai berjumpa lagi.


Salam hangat,
Anies Baswedan


Super deg-degan untuk besok. Doakan saya berhasil! Doakan semoga bisa menginspirasi anak-anak besok:')
Terimakasih atas kepercayaannya :)

Thursday, June 13, 2013

Makhluk Itu Bernama Bajingan

Dia masuk ke rumahku tanpa permisi. Dengan tutur katanya yang manis, membuat semua orang percaya. Dan tentunya, ibuku.

Perlahan tapi pasti, ia mulai rutin berada di sana. Di tempat yang seharusnya ayahku berada. Di ujung meja makan, di atas mobil kesayangan ayah, bahkan di tempat tidurnya. Ya, itu kata kakak-kakakku. Aku tak pernah ingat pada ayah. Ia meninggalkan kami ketika aku masih kecil. Ke surga, katanya.

Sosoknya yang menawan, membuatku merasakan kehangatan perhatian seorang ayah. Ia baik. Sayang sekali sama aku dan ibu.

Tapi aku heran, kenapa kakak-kakakku benci sama dia? Kenapa saudara-saudara ibuku nggak pernah mau menyapanya? Bahkan ada yang menyebutnya dengan 'Si Anjing'.

Apa ini berhubungan dengan orang-orang berkulit hitam yang menggedor pintu rumah kami jam 2 pagi tadi?
Apa berhubungan dengan beberapa ibu-ibu yang suka datang ke sini sambil menangis minta uangnya dikembalikan?
Apa ini berhubungan dengan kami harus keluar dari rumah megah kami ke rumah sederhana?
Oh, atau berhubungan dengan mobil-mobil kami yang sekarang sudah nggak nangkring di garasi, ya?

Ah, aku tak tahu.
Aku punya kebencian tersendiri pada pria itu. Aku nggak tahu harus cerita pada siapa. Ibu pasti akan anggap aku berkhayal. Kakak-kakakku pasti akan semakin membenci ibu yang mengizinkan pria itu masuk dan menguasai keluarga kami.

Aku hanya cerita sama kamu, ya, kenapa aku benci sama pria itu. Hanya satu alasan: ia kerap memintaku tidur bersamanya tapi aku harus melepas celana dalamku.


:'( :'(

*seperti cerita film? Nggak. Ini bisa terjadi di mana saja. Bahkan oleh orang terdekat kita :'( *

Powered by Telkomsel BlackBerry®

Monday, June 10, 2013

In Denial..

Gue: "Iya, aku besok pulang karena Selasa pagi anakku pentas seni"
Lawan Bicara: "Oh, kamu tuh udah punya anak ya? Ya ampun, nggak keliatan.."

Reaksi semua perempuan menikah dan sudah punya buntut pasti wajah tersipu-sipu, dalam hati pengen joged, koprol sekalian #lebay. Yah, reaksi paling standar dan lempeng, sih: "Masa siiih?" Sambil cengar cengir (biasanya ke-GR-an). Eh, apa ini gue doang, ya?

Memutarbalik waktu, dulu zaman kuliah, gue kalo lihat yang pake heels gitu asa keren pisan. Mulai, deh, punya heels buat pake kuliah. Walau pada akhirnya kuliah pake sendal jepit juga, sih. Haha! Lagian, hunting foto pake heels itu berat, Jendral!

Pas kerja, baru bisa gaya pake uang sendiri. Ke kampus kalo dari kantor/ mau ke kantor, keren bener lah, rasanya. Pake heels, dandan, baju rapi dan kelihatan terburu-buru :D -tapi teteub tampilan begini cuma bertahan beberapa saat, haha.

Setelah kerja menjadi bagian hidup, mulai deh males bedandan cantik-cantik ala perempuan. Gue jarang pake rok. Heels kalopun punya, palingan wedges atau yang heel-nya tebal. Bukan stiletto, gitu. Ke kantor ya pake flat shoes, kaos/ kemeja, jeans atau converse. Itu aja, udah. Pake sendal jepit juga pernah, sih, secara kantor itu rumah kedua gue :D

Dandanan macam ini berlanjut sampai sekarang. Tampilan gue, ya, begini aja. Kalopun kemudian mengundang komentar seperti di atas, bukan berarti lagi in denial, lho. Melainkan pemantapan identitas. Halah!

Etapi wajar dong kalo perempuan merasa bangga kalo dikomentarin demikian. Udah rahasia umum bukan, kalo udah emak-emak itu persepsinya badan bohay, dandanan sepatu tinggi, rok, atau malah dasteran *sigh*, makanya kalau ada komentar "kaya belum punya anak" itu biasanya bikin kepercayaan diri meningkat tajam, ya nggak? :D

Kalo omongan gue dari dulu nih, "gue mah nggak cantik, tapi keren". Hahahaa! #teteubnarsis #biarinah #bilangajagaadayangpernahbilangcantik :))

*postingan random menanti flight sendiri*
Powered by Telkomsel BlackBerry®

Friday, June 7, 2013

Zero Tolerance...

Untuk laki-laki yang memukul/ menggunakan kekerasan pada perempuan!

Kemarin ada 2 berita berturut-turut mengenai pemukulan terhadap perempuan yang bekerja di bidang service. Pertama terhadap seorang pramugari, kedua pada penjaga tiket KRL.
Sedih? Banget!
Marah? Sangat!

Kekerasan perempuan bukan barang baru. Dua berita terbaru itu hanya seujung kuku dari kasus-kasus kekerasan atau pelecehan yang terjadi pada perempuan.
Pemukulan, pelecehan, tuduhan, gosip, stigma negatif, bahkan pemikiran yang merugikan perempuan bisa dikategorikan sebagai kekerasan. Apa kita sadar akan hal tersebut?
Kekerasan bukan semata-mata masalah fisik.
Kita yang tau diri kita sendiri. Sejauh mana kita bisa menoleransi apa yang orang lain katakan, lihat, lakukan, pikirkan tentang kita. Kita wajib menghargai diri kita sendiri. Kalau bukan kita siapa lagi?


Yes, we are worth it!

Tuesday, June 4, 2013

Risiko Ibu Bekerja..

..Bukan hanya ga punya banyak waktu sama anaknya, tapi juga tudingan miring dari lingkungan sekitar.

Beberapa waktu lalu seorang (yang dikenal sebagai) ustad nge-tweet kira-kira isinya: "ibu yang bekerja dan hanya menghabiskan waktu lebih banyak di kantor, apa pantas disebut ibu?".

Ya ga persis begitu, tapi kira-kira demikian.
Reaksi yang diterima dari tweet tersebut amat sangat beragam. Yang ibu rumah tangga, merasa teramini dan mengambil jalan yang 'benar'. Sementara ibu bekerja, merasa 'dituduh' tidak menjalankan perannya sebagai ibu dengan benar. Laki-laki ada yang membela, nggak sedikit juga yang ikut nyinyir *blah*.

Kebetulan gue bacanya dari RT salah satu orang yang gue follow. Udah mau marah, sih. Tapi nggak jadi. Kenapa?

Pertama, jadi ibu bekerja adalah pilihan gue. Gue merasa lebih produktif dengan bekerja. Jangan marah dulu para SAHM, bukan berarti gue menganggap kalian ga produktif, ya. But this is about me. KALO gue yang jadi SAHM, mungkin gue akan tidak produktif.

Kedua, tidak mengesampingkan masalah ekonomi. Hari gini, di mana semuanya pake nominal, double income rasanya lebih realistis.

Ketiga, kondisi saat ini memungkinkan gue untuk bekerja. Alhamdulillah suami emang seneng lihat gue kerja (pernah dulu jadi SAHM, suami malah bilang "ga sayang sama kemampuan kamu kalo di rumah aja?), punya support system yang baik dan badan segar bugar untuk terus bekerja.

Banyak, sih, sebenarnya. Tapi menurut gue balik lagi ke nomor pertama, bahwa bekerja adalah pilihan gue. Nggak ada yang maksa. Jadi, berbagai risiko yang mungkin muncul ketika berstatus ibu bekerja, harusnya sudah bisa gue terima. Bahkan ketika ada yang menuding seperti ucapan pak ustad tersebut.

In my defense, ada beberapa orang yang gue kenal, berhenti kerja tapi bukannya menghabiskan waktu sama anak malah punya banyak agenda sendiri. Ya nggak salah juga, sih. Itu kan pilihan mereka :)

Poin gue adalah, apapun yang lo pilih, PASTI ada risikonya. Karena yang kita pilih itu dari hati dan pake otak, jadi pasti bisa lah menghadapi risiko tersebut. Apalagi kalo CUMA tudingan orang lain yang nggak berdasar. Ya nggak? *wink*

Ada 2 pilihan menyikapi tweet/ tudingan pak ustad itu: marah dan membuktikan bahwa ibu bekerja juga ibu lalu akhirnya jadi supermoms wannabe, atau woles karena mereka nggak tau apa yang kita jalani. Mau pilih yang mana?


Powered by Telkomsel BlackBerry®